Semangat Kartini dan Komitmen PGE Menjamin Kesempatan yang Setara bagi Perempuan

Oleh : Herry Barus | Senin, 22 April 2024 - 12:08 WIB

Semangat Kartini dan Komitmen PGE Menjamin Kesempatan yang Setara bagi Perempuan
Semangat Kartini dan Komitmen PGE Menjamin Kesempatan yang Setara bagi Perempuan

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Perempuan semakin mengambil peran kunci di sector energi hijau, termasuk industri panas bumi. PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) juga memberikan kesempatan yang luas bagi penerus R. A Kartini untuk menjadi penggerak dalam pengembangan energi panas bumi di Indonesia, bahkan di tingkat global.

“Industri panas bumi sebagai tulang punggung masa depan energi Indonesia memerlukan talenta-talenta terbaik bangsa, termasuk para perempuan tangguh untuk mengembangkannya. Sudah menjadi komitmen PGE untuk menjadi perusahan yang inklusif yang memberikan kesempatan dan hak yang setara bagi perempuan untuk berkarya di posisi dan peran apa pun,” kata Direktur Utama PGE Julfi Hadi menyambut peringatan Hari Kartini.  Demikiajnh keterangan dihimpun oleh Dessy, tim Redaksi

Komitmen PGE pada kesetaraan gender ini tecermin dari peningkatan jumlah karyawan (Perwira) perempuan yang tersebar pada beragam posisi yang signifikan.

Pada tahun 2022, porsi karyawan perempuan di PGE mencapai 11,91%, menunjukkan peningkatan dari 11,33% di tahun 2020. Sementara, jumlah perempuan pada manajemen top level mencapai 13% di tahun 2022, meningkat hingga 3 kali lipat dibanding 2020.

Selain itu, pendekatan Diversity, Equity, and Inclusion ini sesuai komitmen PGE menerapkan Environmental, Social, and Governance (ESG) Framework dengan mendorong asas kesetaraan dan keadilan. PGE membuka jalan bagi pemudapemudi dari berbagai daerah untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam memberikan kontribusi ke industri panas bumi.

Di tingkat global, jumlah perempuan yang bekerja di sektor energi panas bumi juga terus bertambah, mencapai 20% pada 2020 dibandingkan 10% di 1980 menurut Women in Geothermal (WING), sebuah lembaga non-profit yang mempromosikan pengembangan profesional perempuan di komunitas panas bumi global.

Tidak hanya menjadi bagian dari Perusahaan, perempuan berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja, capaian, dan perkembangan Perusahaan. Selain itu, semakin banyak perempuan yang menduduki posisi kunci, termasuk engineering dan riset.

PGE secara aktif meningkatkan kapasitas karyawan perempuan melalui berbagai program pengembangan baik secara manajerial untuk pengembangan peran kepemimpinan, hingga pengembangan fungsional yang menambah keterampilan dan keahlian untuk berkiprah dan menorehkan prestasi dalam pekerjaannya. PGE pun mendukung keterlibatan aktif seluruh karyawan perempuan dalam organisasi profesi panas bumi, termasuk WING.

Kristina Emeralda Cici merupakan satu dari karyawan perempuan dengan perjalanan karier yang cemerlang di PGE. Berkiprah selama lebih dari 10 tahun di PGE, Cici kini memegang tanggung jawab sebagai Senior Reservoir Engineer dan merupakan anggota aktif WING.

Kartini merupakan figur penting dalam sejarah emansipasi perempuan di Indonesia. Kegigihannya dalam memerjuangkan hak-hak perempuan menjadi titik awal dari partisipasi perempuan di ruang publik. Komitmen Cici dalam berkontribusi secara positif bagi PGE merefleksikan semangat Kartini masa kini.

“Kartini menjadi inspirasi bagi saya dan perempuan-perempuan lain di Indonesia. Saya bangga mampu menikmati buah dari perjuangan Kartini hingga mampu mencapai di titik karier saya pada saat ini. PGE juga memberikan ruang yang setara bagi saya dan Perwira perempuan lainnya untuk memberikan makna bagi industri geotermal di Indonesia,” ucap Cici, Kartini PGE dari Indonesia timur yang lahir dan besar di Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur, salah satu daerah yang memiliki potensi panas bumi.

Kehadiran karyawan perempuan di PGE tidak hanya menciptakan lingkungan industri yang lebih inklusif, tetapi juga berperan dalam menorehkan prestasi dan inovasi bagi perkembangan industri geotermal Indonesia. Dengan penuh komitmen, mereka terus berupaya dalam mengelola proyek-proyek panas bumi yang memberi dampak besar dan mencerminkan semangat Kartini dalam mengadvokasi peran perempuan yang lebih besar di berbagai bidang, termasuk dalam menciptakan dunia yang lebih baik melalui pemanfaatan energi hijau.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK)

Senin, 20 Mei 2024 - 16:08 WIB

Kapal PTK Resmi Beroperasi di Perairan Internasional

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) agresif melakukan ekspansi bisnis di pasar global. Ekspansi bisnis global ditandai dengan dimulainya operasional Transko Moloko di perairan Malaysia.

UOB Lady’s Card

Senin, 20 Mei 2024 - 15:42 WIB

UOB Indonesia Meluncurkan Desain dan Tagline Terbaru Lady’s Card

UOB Indonesia mengumumkan pembaruan UOB Lady’s Card yang merupakan kartu kredit pertama di Asia Tenggara dengan fokus pada kaum perempuan. UOB Lady’s Card dirancang untuk menawarkan keuntungan,…

SPKLU

Senin, 20 Mei 2024 - 14:33 WIB

Tren Mobil Listrik dan Renewable Energy Daya Pikat Investasi Kawasan Industri Kendal

Pemerintah Indonesia saat ini tengah giat mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan (renewable energy) guna menurunkan emisi gas rumah kaca. Berbagai upaya dilakukan pemerintah, seperti…

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP)

Senin, 20 Mei 2024 - 14:31 WIB

Mengusung Produk Baja Ramah Lingkungan, GRP Siap Bersaing di Pasar Baja Dunia

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP) terus menggenjot penjualan baja ke pasar ekspor. Perseroan optimistis prospek dan permintaan ekspor baja pada tahun 2024 masih ada ruang untuk terus bertumbuh.…

TikTok

Senin, 20 Mei 2024 - 12:55 WIB

Analyzing TikTok's Marketing Model

In the digital age, social media platforms have revolutionized marketing strategies, offering innovative ways for brands to connect with their audiences. Among these platforms, TikTok has emerged…