Pertamina Marine Solutions Tingkatkan Kompetensi Kru Kapal Berstandar Internasional

Oleh : Hariyanto | Rabu, 07 Februari 2024 - 17:33 WIB

Pertamina Marine Solutions
Pertamina Marine Solutions

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Pertamina Marine Solutions (PMSol), anak usaha PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) sepakat menjalin kolaborasi strategis dalam penyediaan dan pengelolaan kru kapal berstandar internasional untuk berkompetisi di market global. 

PMSol menandatangani Letter of Appointment (LoA) dan Manning Agency Agreement (MAA) dengan Bernhard Schulte Management - Crew Service Centre (BSM-CSC) Indonesia, pada Senin (5/2/2024).

Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur PMSol Eka Candra Dinata, dan Direktur BSM-CSC Indonesia Capt. Akhmad Subaidi , serta disaksikan oleh Dewi Susanti, VP Fleet Performance & Crewing Management PT Pertamina International Shipping (PIS).

Kerja sama PMSol dan BSM-CSC ini mencakup kerjasama strategis dalam menyediakan kebutuhan kru kapal untuk armada yang dikelola oleh PMSol dan BSM-CSC Indonesia, termasuk pengembangan kompetensi para kru kapal untuk penempatan kru kapal Indonesia di kapal-kapal rute internasional.

Direktur PMSol Eka Candra Dinata menyampaikan optimisme atas kolaborasi yang terjalin. PMSol yakin dengan kebutuhan pasar dunia maritim atas suplai kru kapal yang semakin meningkat, maka menjadi peluang besar bagi PMSol melakukan ekspansi dan meningkatkan portofolio bisnis, serta menjalin bekerjasama dengan pelaku-pelaku bisnis kru kapal di luar negeri.

“Kerjasama ini tentunya menguatkan komitmen PMSol dalam melakukan penyediaan kru kapal yang handal, mendukung terpakainya energi-energi perwira Kru kapal Indonesia yang profesional, berintegritas, kompeten dan berAKHLAK di dunia kepelautan nasional dan internasional. Juga harapanna bahwa kesepakatan ini akan menciptakan mutual effect bagi kedua belah pihak,” ujar Eka.

Kerjasama antara dua perusahaan ini tentunya diharapkan membawa dampak positif terutama untuk PMSol, yang merupakan bagian dari Sub Holding Integrated Marine Logistics (SH IML) PIS yang memiliki visi untuk menjadi perusahaan perkapalan dan maritim logistik terdepan di dunia. 

Termasuk untuk BSM - CSC yang merupakan member dari Bernhard Schulte Management Group sekaligus salah satu perusahaan penyuplai kru kapal ternama di dunia maritim internasional.

Direktur BSM-CSC Indonesia Capt. Akhmad Subaidi menyampaikan dalam sambutannya bahwa “Dalam segala hal, human element tetap memegang peranan terpenting, bukan hanya equipment. Dan kru kapal Indonesia, tidak kalah kualitasnya dengan kru-kru kapal Filipina, Eropa, dan lainnya. Hanya perlu diberi kesempatan, untuk menunjukkan kualitasnya dan melalui perjanjian ini kita bawa kru Indonesia ke kancah internasional,” ujar Capt. Akhmad Subaidi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 14 April 2024 - 11:33 WIB

Ketua MPR RI Dukung Panglima TNI Tetapkan Penyebutan OPM dan Tegaskan Keselamatan Bangsa di Atas Segalanya

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung langkah Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menetapkan penyebutan kelompok bersenjata yang menuntut Papua merdeka…

Donny Alamsyah Surprise Disambangi Tim LAKONE di Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta

Minggu, 14 April 2024 - 09:36 WIB

Donny Alamsyah Surprise Disambangi Tim LAKONE di Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta

Laporan Aktor Aktris On Location Atau LAKONE yang dipandu wartawan kawakan Sutrisno Buyil terus Melaju dengan mewawancarai bintang beken yang saat ini sibuk berkarier di industri hiburan. Pada…

Sambut Idul Fitri, MR.DIY Bagikan Inspirasi Pengalaman Mudik Nyaman dan Sehat #LebaranJadiMudah

Minggu, 14 April 2024 - 09:23 WIB

Sambut Idul Fitri, MR.DIY Bagikan Inspirasi Pengalaman Mudik Nyaman dan Sehat #LebaranJadiMudah

Setelah berpuasa 30 hari, saatnya merayakan kemenangan di Hari Raya Idul Fitri. Lebaran memang selalu menjadi momen yang dinantikan oleh umat muslim dan saat tepat untuk berkumpul bersama keluarga.…

Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Minggu, 14 April 2024 - 06:54 WIB

Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang ditargetkan tersambung dari Banten hingga Jawa Timur (Jatim). Jalan…

Babinsa Koramil 1710-05/Jila Bersama Satgas Yonif 116 Laksanakan Pendampingan Pelayanan Kesehatan

Minggu, 14 April 2024 - 06:42 WIB

Babinsa Koramil 1710-05/Jila Bersama Satgas Yonif 116 Laksanakan Pendampingan Pelayanan Kesehatan

Para Bintara pembina desa dari jajaran Kodim 1710/Mimika di tingkat Koramil kian intens melakukan komunikasi sosial dengan masyarakat di wilayah tugasnya. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa…