Inalum Akan Melakukan Ekspansi ke Kalimantan Utara

Oleh : Hariyanto | Jumat, 30 Juni 2017 - 13:01 WIB

Inalum (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Inalum (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - PT Indonesia Asahan Aluminium Persero (Inalum) akan membangun klaster aluminium di Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional Tanah Kuning, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara).

"Inalum telah menandatangani nota kesepahaman bersama dengan Pemprov Kaltara pada 6 Juni 2017, untuk rencana pembangunan klaster aluminium di Kaltara," kata Direktur Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri di Kementerian Perindustrian RI Imam Haryono di Jakarta.

Imam mengatakan, menurut data yang diterima kapasitas fasilitas pengolahan hasil tambang yang berfungsi meningkatkan kandungan logam hingga layak sebagai bahan baku produk akhir (smelter) yang akan ada di pabrik tersebut mencapai 500.000 hingga 1.000.000 ton per tahun, dengan produk turunan baja gulung (wire rod) 100.000 ton per tahun dan logam paduan (alloy) 300.000 ton per tahun.

Perusahaan milik negara tersebut kini sedang menunggu pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA), karena pada tahap awal Inalum memerlukan energi listrik hingga 800 Mega Watt untuk smelter aluminium dan produk turunannya.

Nota kesepahaman ditandatangani oleh PT Inalum (Persero) diwakili Direktur Utama (Dirut) PT Inalum Winardi Sunoto dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara diwakili Gubernur Kaltara H. Irianto Lambrie.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:30 WIB

Venesia Tunda Pajak Turis untuk Wisatawan Hingga 2023

Sesuai perkembangan terbaru, Venesia telah menunda rencananya untuk membebankan pengunjung 'pajak turis' untuk mengelola overtourism.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:25 WIB

Tinjau Penanganan Banjir Rob Semarang, Menteri Basuki Instruksikan Penanganan Cepat

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau langsung ke lokasi penanganan banjir rob dan tanggul laut yang jebol di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang,…

Menperin Agus, Menko Perekonomian Airlangga dan Sejumlah Menteri Gelar Indonesia Night di Davos

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:05 WIB

Pacu Investasi, Menperin Agus, Menko Airlangga Dkk Gelar Indonesia Night di WEF 2022 Davos

Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa keikutsertaan Indonesia dalam pertemuan tahunan World Economic Forum 2022 di Davos Swiss akan dimanfaatkan oleh…

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono saat memaparkan proyek IKN di ajang Paviliun Indonesia

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:00 WIB

Gelar Dialog di Paviliun Indonesia Davos, Kepala Otorita IKN Beberkan Dampak Pemindahan Ibu Kota Negara

Indonesia Pavilion kembali menyelenggarakan sesi diskusi dengan tema “Nusantara: Indonesia New Capital City and Opportunities for The Future” pada Rabu siang waktu setempat (25/2). Sesi…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 27 Mei 2022 - 08:53 WIB

Menteri Basuki Ajak Kementerian/Lembaga dan Swasta Kolaborasi Penuhi Kebutuhan Air Bersih dan Sanitasi Layak

Air bersih merupakan sumber kehidupan. Ketersediaan air bersih diyakini mampu meningkatkan kesehatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi. Hal disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan…