Branding Atau Long Therm

Oleh : Desy Rosalina | Jumat, 19 Agustus 2022 - 14:31 WIB

Desy Rosalina
Desy Rosalina

INDUSTRY.co.id - Yang mana yang lebih penting ‘Ketika Brand itu dibangun untuk menjadi terkenal’ atau ‘Membangun brand untuk long therm atau jangka panjang’ tetapi tidak terkenal. Konsepnya bagaimana kita memberikan yang terbaik kepada customer dan market kita, itu yang paling penting. Branding itu harus di bangun dan itu membutuhkan waktu yang cukup panjang. 

Jadi tidak hanya dengan excellent membuat sesuatu dan kemudian langsung terkenal. Contohnya bisa membuat sesuatu yang viral kemudian langsung kenal. Tetapi lebih ke membangun ‘Reputasi’ membangun ‘Kepuasan’ dan ‘Kebahagiaan customer’. Sehingga brand itu berbeda sekali dengan branding. 
Brand itu adalah sesuatu yang menjanjikan Ketika customer melihatnya. Brand gives the promises, contoh iklan KFC jagonya ayam, iklan molto wanginya tahan lama, iklan kopi wanginya menggoda. Bagaimana dengan membangun ‘Personal Branding’ ?
Branding adalah sesuatu hal yang menjanjikan, tapi branding, adalah bagaimana anda membangun brand anda, Brand is one thing, Branding is another strategy 
4 fokus untuk membuat bisnis anda semakin berkembang long therm :
1. Fokus ke pada operation excellent 
Focus kepada product yang memang sangat layak dijual, produknya sangat enak dan apabila meyangkut rasa, sangat cepat jika yang dijanjikan adalah service, dan bisa saja menjadi satu-satunya, sehingga membuat pelanggan berniat melakukan pembelian ulang, atau balik lagi.
2. Spesifik tentang siapa target pelanggan anda
Misalnya siapa target marketing anda? berapa umurnya? dan apa kebiasaanya? mereka tinggal dimana? dan harus di cari tau ‘Apa motivasi mereka untuk membeli product anda?’
Tentukan juga apakah customer anda adalah user atau decision maker (membeli untuk dijual lagi/ dibeli untuk diberikan ke orang lain contoh : (membeli untuk kebuthan orang tua).
3. Konsisten dengan improvement quality product/service yang di tawarkan selalu  membuat customer tetap happy dengan mempertimbangankan trand marketnya.
4. Bagaimana membuat stategy marketing dengna cara mendesign marketing strategy sehingga branding marketingnya bisa diterima oleh target market anda, contohnya membuat video communication, persuasive skill  bagaimana cara mempengaruhi orang secara positive.
Sehingga customer tidak hanya melihat dari harga, tatapi juga dari value nya. Ketika brand tersebut bisa di percaya maka customerpun akan memihak kepada anda, lets try !
Oleh: Desy Rosalina, Mahasiswa President University 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…