Aset Kripto di Indonesia Alami Lonjakan,Wamendag Ajak Mahasiswa Berinvestasi dengan Aman

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 29 Juni 2022 - 10:28 WIB

Wamendag Jerry Sambuaga
Wamendag Jerry Sambuaga

INDUSTRY.co.id, Tanah  Datar–Wakil  Menteri  Perdagangan  Jerry  Sambuaga  menguraikanmasa depan   aset   kripto   di   Indonesia   yang   sangat   potensial   meningkat   dan   berdampak   pada perekonomian nasionak. Hal ini terlihat tidak hanya dari meningkatnya jumlah investor kripto dan nilai  transaksi  dari  waktu  ke  waktu,  namun  juga  dari  semakin  bertambahnya  platform  untuk investasi aset kripto.

Demikian   dipaparkan   Wakil   Menteri   Perdagangan   Jerry   Sambuaga   dalam   kuliah   umum   di Universitas Islam Nasional (UIN) Mahmud Yunus Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat pada hari ini, Selasa (28/6).

Tema yang diusung pada kuliah umum ini yaitu “Peluang dan Tantangan Investasi Crypto dalam Ekosistem Investasi di Indonesia”.“Aset kripto di Indonesia mengalami lonjakan luar biasa. Per 2020,  nilai  transaksi  aset  kripto sebesar Rp64,9  triliun.  Satu  tahun  kemudian,  per  Desember  2021,  angkanya  melonjak  sangat signifikan   menjadi Rp859,4   triliun.   Oleh   karena   pesatnya   perkembangan   tersebut,   Badan Pengawas  Perdagangan  Berjangka  Komoditi  (Bappebti)  telah  menyiapkan  infrastruktur  yang esensial,  seperti  bursa  kripto,  lembaga  kliring,dan  pengelola  tempat  penyimpanan  aset  kripto (depository)untuk mendukung ekosistem perdagangan fisik aset kripto Indonesia, khususnya yang memberikan kepastian dan kenyamanan bagi konsumen”jelas Wamendag.

Di  samping  itu,  Wamendag  juga  selalu  tegas  mengingatkan  bahwa  kripto  di  Indonesia  adalah sebuah  aset  atau  komoditas,  dan  bukan  alat  pembayaran  yang  sah  secara  peraturan  perundang-undangan.Terkait  tren  investasi  yang  semakin  meluas  di  masyarakat,  Wamendag  juga  mengingatkan  agar masyarakat perlu memperhatikan beberapa hal dalam melakukan investasi secara aman.

Pertama, sebelum  memutuskan  untuk  bertransaksi  aset  kripto,  setiap  orang  harus  memastikan  paham benar apa itu aset kripto dan mekanisme perdagangannya.Kedua, berinvestasi di calon pedagang aset kripto yang memiliki tanda daftar dari Bappebti. Ketiga,  menginvestasikan dana untuk jenis aset kripto yang telah diatur Bappebti.

Di samping itu, calon investor juga perlu memastikan dana yang digunakan adalah dana lebih yang dihasilkan  secara  legal  dan  bukan  dana  yang  digunakan  kebutuhan  sehari-hari.

“Investor harus mempelajari risiko yang mungkin timbul dan perkembangan harga aset kripto yang terjadi, karena harga  yang  fluktuatif.  Selain  itu,  investor  harus  pantang  percaya  dengan  janji-janji  keuntungan tetap/tinggi,”tegas Wamendag.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SoPa akuisisi NusaTrip

Senin, 15 Agustus 2022 - 20:12 WIB

Akuisisi Nusatrip, Society Pass Resmi Masuki Pasar Indonesia

Society Pass Inc. (SoPa), ekosistem e-commerce dan loyalty terkemuka di Asia Tenggara secara resmi mengumumkan akuisisi atas NusaTrip, agensi travel online (OTA) yang bermarkas di Jakarta, dan…

Penandatqnganan MoU Jababeka dan Telkomsel Enterprise

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:53 WIB

Jababeka Gandeng Telkomsel Enterprise, Wujudkan Indonesia 4.0 di Correctio Road to Jababeka Silicon Valley

Setelah menggandeng BRIN, BISA AI, dan Indogen sebagai mitra strategis dalam mewujudkan kawasan Jababeka Silicon Valley yang saat ini dikenal dengan Correctio, PT Jababeka Infrastruktur kembali…

Sarihusada

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:34 WIB

68 Tahun Berdiri, Sarihusada Konsisten Berikan Nutrisi untuk Keluarga Indonesia

Sarihusada sebagai perusahaan penyedia nutrisi untuk ibu, anak dan keluarga Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-68 pada 14 Agustus 2022, dengan menegaskan komitmennya untuk memberikan nutrisi…

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. meraih penghargaan dari organisasi independen internasional atas upaya perseroan dalam penerapan ekonomi hijau untuk memerangi perubahan iklim.

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:07 WIB

Keren! BTN Raih Apresiasi dari Carbon Disclosure Project

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. meraih apresiasi dari Carbon Disclosure Project (CDP) atas partisipasi, inisiatif, dan konsistensi perseroan dalam menerapkan berbagai strategi…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:54 WIB

Strategi Sukses Swasembada Beras Perlu Diadopsi untuk Komoditas Pangan Lain

Jakarta- Indonesia menerima penghargaan dari Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI) karena telah memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan berhasil swasembada beras pada periode…