Terkuak! Ini yang Buat Pengusaha Tekstil 'Galau' Jelang Lebaran

Oleh : Ridwan | Minggu, 24 April 2022 - 13:40 WIB

Ilustrasi produk tekstil impor
Ilustrasi produk tekstil impor

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filamen (APSyFI), Redma Gita Wirawasta memperkirakan permintaan produk tekstil menjelang lebaran tahun 2022 melonjak hingga 70% dari bulan sebelumnya.

"Jadi posisi barang saat ini sudah di retail. Kami perkirakan demand di retail naik 60-70% dari bulan sebelumnya," kata Redma kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta, Minggu (24/4).

Dijelaskan Redma, demand tersebut juga turut mendongkrak utilisasi industri tekstil dalam negeri khususnya di sisi hulu.

"Kalau di hulu dari bulan Februari - Maret sudah ada kenaikan utilisasi 20-15%," terangnya.

Namun disisi lain, tambah Redma, kalangan pengusaha tekstil di sisi hulu gerah dengan banyaknya produk impor yang kembali masuk Indonesia melalui marketplace online.

"Saat ini banyak kita lihat baju-baju di toko online tanpa label bahasa Indonesia, dan pakaian anak yang tanpa label SNI. Ini menjadi perhatian kami," tuturnya.

Menurut Redma, sudah seharusnya barang tekstil impor yang masuk Indonesia memakai label Bahasa Indonesia, baik nama produsen, hang tag, hingga panduan cuci dan setrika.

"Ini (ditemukan) Bahasa China, Korea, Thailand. Itu pasti illegal, harus diperiksa supaya ngga bisa masuk," sebut Redma.

Berdasarkan penelusurannya, sudah banyak barang sejenis itu di marketplace, padahal seharusnya ditertibkan.

"Ada kekhawatiran dari industri ketika sudah memproduksi dari hulu hingga ke hilir dan hilir juga sudah jalan untuk berjualan, yang terjadi justru produk local disikat oleh barang-barang impor illegal," kata Redma.

"Ini sudah berkali-kali, dan ngga pernah ada tindakan, hanya diomongin nanti kita minta ditindak. Kita minta yang punya lapak ditindak, yang punya platform onlineshop juga ditindak, karena dia juga kan jual barang illegal. Ini ngga cuma sesekali, jadi tiap Menteri ngomel baru penertiban, setelah itu seminggu dua minggu gitu lagi (longgar)," tambah Redma.

Oleh karena itu, pihaknya telah mengirimkan surat kepada Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita agar mau memperhatikan hal tersebut.

"Minggu lalu kita sudah bersurat ke Kemendag dan Kemenperin untuk ditertibkan dan ditindak tegas, baik pelapaknya maupun platform online yang memfasilitasi penjualan barang ilegal," tutup Redma.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:29 WIB

Presiden Jokowi Bertolak ke Moskow Adakan Pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin

Setelah menempuh perjalanan dengan Kereta Luar Biasa (KLB) selama 11 jam, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, Kamis, 30 Juni 2022…

Vaksinasi terhadap Sapi

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:24 WIB

Terima Vaksin PMK, Gubernur Kalsel Apresiasi Keseriusan Kementan

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor mengapresiasi dan berterimakasih kepada Menteri Pertanian atas alokasi vaksin PMK kepada Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya. foto: Tribratanews.polri.go.id

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:13 WIB

Bareskrim Polri Komitmen Tuntaskan Kasus Penipuan Investasi KSP Indosurya

Jakarta-Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya.

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.