Terkuak! Ini yang Buat Pengusaha Tekstil 'Galau' Jelang Lebaran

Oleh : Ridwan | Minggu, 24 April 2022 - 13:40 WIB

Ilustrasi produk tekstil impor
Ilustrasi produk tekstil impor

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filamen (APSyFI), Redma Gita Wirawasta memperkirakan permintaan produk tekstil menjelang lebaran tahun 2022 melonjak hingga 70% dari bulan sebelumnya.

"Jadi posisi barang saat ini sudah di retail. Kami perkirakan demand di retail naik 60-70% dari bulan sebelumnya," kata Redma kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta, Minggu (24/4).

Dijelaskan Redma, demand tersebut juga turut mendongkrak utilisasi industri tekstil dalam negeri khususnya di sisi hulu.

"Kalau di hulu dari bulan Februari - Maret sudah ada kenaikan utilisasi 20-15%," terangnya.

Namun disisi lain, tambah Redma, kalangan pengusaha tekstil di sisi hulu gerah dengan banyaknya produk impor yang kembali masuk Indonesia melalui marketplace online.

"Saat ini banyak kita lihat baju-baju di toko online tanpa label bahasa Indonesia, dan pakaian anak yang tanpa label SNI. Ini menjadi perhatian kami," tuturnya.

Menurut Redma, sudah seharusnya barang tekstil impor yang masuk Indonesia memakai label Bahasa Indonesia, baik nama produsen, hang tag, hingga panduan cuci dan setrika.

"Ini (ditemukan) Bahasa China, Korea, Thailand. Itu pasti illegal, harus diperiksa supaya ngga bisa masuk," sebut Redma.

Berdasarkan penelusurannya, sudah banyak barang sejenis itu di marketplace, padahal seharusnya ditertibkan.

"Ada kekhawatiran dari industri ketika sudah memproduksi dari hulu hingga ke hilir dan hilir juga sudah jalan untuk berjualan, yang terjadi justru produk local disikat oleh barang-barang impor illegal," kata Redma.

"Ini sudah berkali-kali, dan ngga pernah ada tindakan, hanya diomongin nanti kita minta ditindak. Kita minta yang punya lapak ditindak, yang punya platform onlineshop juga ditindak, karena dia juga kan jual barang illegal. Ini ngga cuma sesekali, jadi tiap Menteri ngomel baru penertiban, setelah itu seminggu dua minggu gitu lagi (longgar)," tambah Redma.

Oleh karena itu, pihaknya telah mengirimkan surat kepada Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita agar mau memperhatikan hal tersebut.

"Minggu lalu kita sudah bersurat ke Kemendag dan Kemenperin untuk ditertibkan dan ditindak tegas, baik pelapaknya maupun platform online yang memfasilitasi penjualan barang ilegal," tutup Redma.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dankormar Ikuti dan Laksanakan Penyerahan Paket Lebaran

Rabu, 17 April 2024 - 05:09 WIB

Dankormar Ikuti dan Laksanakan Penyerahan Paket Lebaran

Dalam rangka merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H/2024 M Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. mengikuti sekaligus menyerahkan…

Drone Mendukung Tugas Operasi Prajurit Marinir

Rabu, 17 April 2024 - 04:59 WIB

Drone Mendukung Tugas Operasi Prajurit Marinir

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., dan Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muda Yayan Sofiyan, S.T., M.Si.,…

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.