PT Sri Rejeki Isman (Sritex), Tambah Kapasitas Untuk Pacu Kinerja

Oleh : Arya Mandala | Sabtu, 27 Mei 2017 - 11:23 WIB

Presiden Joko Widodo melakukan peresmian perluasan pabrik PT Sri Rejeki Isman (Sritex) Tbk, di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.
Presiden Joko Widodo melakukan peresmian perluasan pabrik PT Sri Rejeki Isman (Sritex) Tbk, di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

INDUSTRY.co.id - PT Sri Rejeki Isman (Sritex) berkomitmen mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar industri tekstil & garman di Asia Tenggara. Selain menambah kapasitas produksi di dalam negeri, Perseroan siap membangun pabrik di Kamboja.

Kiprah bisnis perusahaan tekstil terintegrasi yang bermarkas di Solo ini tampaknya makin menggeliat di pasar internasional. Saat ini Sritex tercatat telah merambah ke 55 negera tujuan ekspor dan memiliki lebih dari 100 produk tekstil & garmen. Sebanyak 35 negara diantaranya, Sritex dipercaya memasok pakaian dan perlengkapan militer.

Negara-negara tersebut tersebar di kawasan di area Eropa, Amerika, Afrika, Timur Tengah, dan Asia Pasifik.

Pencapaian tadi tampaknya belum membuat puas emiten yang tercatat memiliki kapitalisasi pasar Rp4,76 triliun di Bursa Efek Indonesia tersebut. Manajemen Sritex akan terus memperluas jangkauan pasarnya, baik di negara-negara yang telah dirambah, maupun negara-negara lain yang selama ini belum dijangkau. Upaya ini juga dilakukan untuk mempertahankan posisi Perseroan sebagai produsen tekstil & garmen terbesar di Asia Tenggara.

Untuk mendukung langkah marketing itu, penambahan kapasitas produksi merupakan strategi yang harus dilakukan. Tahun ini perseroan berencana meningkatkan kapasitas produksi pada semua lini bisnis, diantaranya menambah kapasitas spinning hingga 16% dari 566 ribu bales menjadi 654 ribu bales. Sementara untuk divisi finishing, perseroan akan meningkatkan kapasitasnya sebanyak 100% menjadi 240 juta yards per tahun.

Divisi weaning, Sritex akan menambah kapasitas minimal 50% dari 120 juta meter menjadi 180 juta meter. Adapun untuk divisi garmen kapasitas produksi akan ditingkatkan menjadi 114% menjadi 30 juta potong. Manajemen Sritex berharap, penambahan kapasitas produksi tersebut sudah berkontribusi pada angka pendapatan perseroan di tahun buku 2017.

Perseroan telah menganggarkan dana belanja modal US$50 juta US$86 juta untuk merealisasikan rencana kerja tersebut. Tak hanya penambahan kapasitas pada fasilitas produksi di dalam negeri, rupaya Sritex berencana melakukan ekspansi ke luar negeri. Negara yang dituju adalah Kamboja.

Di negeri itu, Sritex akan membangun pabrik tekstil dan garmen pakaian militer dengan membentuk usaha patungan bernama Sritex (Cambodia) Limited. Kerjasama itu dilakukan dengan Kementerian Dalam Negeri Kamboja Jenderal Mao Bunarin.

Perjanjian antara dua pihak tadi merupakan tindak lanjut dari hasil pembicaraan antara Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen saat Konferensi Asia Afrika 2015 lalu. Proyeksi transaksi dengan militer Kamboja mencapai US$50 juta per tahun.

Terkait kinerja di tahun ini, manajemen Sritex pernah mengungkapkan dapat membukukan penjualan sebesar US$680 juta. Angka ini menunjukan peningkatan sebesar 6%-8% dari perolehan penjualan di tahun lalu. Total pendapatan tersebut diperkirakan masih akan dominan dikontribusi dari penjualan ekspor yang mencapai 60%. Sisanya diperoleh dari pasar dalam negeri.

Sementara tahun lalu, Sritex tercatat meraup pertumbuhan laba bersih signifikan, lantaran merosotnya nilai rupiah terhadap dolar Amerika Serikat mencapai Rp14.700 per dolar AS pada tahun lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…