Bekraf Fasilitasi Pengembangan Startup Kuliner

Oleh : Herry Barus | Rabu, 03 Mei 2017 - 13:54 WIB

Ilustrasi kuliner Indonesia. (Lynn Gail/Getty Images)
Ilustrasi kuliner Indonesia. (Lynn Gail/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memfasilitasi pengembangan pengusaha rintisan (startup) subsektor kuliner dengan mempertemukan mereka dan para investor dalam Demoday Food Startup Indonesia (FSI) 2017 yang akan digelar di Bali dan Bandung.

"Kami mendukung pengembangan ekosistem dan meningkatkan kapasitas 'startup' ekonomi kreatif subsektor kuliner melalui FSI 2017," kata Deputi Akses Permodalan Fadjar Hutomo dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (2/5/2017)

Dalam kegiatan yang digelar di Bali pada 22-24 Mei dan di Bandung pada 17-19 Juli mendatang itu, startup kuliner dapat bertemu dengan startup kuliner lainnya juga investor dan mentor berpengalaman yang dapat membantu meningkatkan usaha mereka.

Bekraf sendiri telah menggelar "roadshow" di lima kota untuk mendorong pengusaha rintisan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

"Roadshow" di lima kota, yaitu Surabaya (26/4), Makassar (21/4), Lombok (17/4), Medan (11/4), dan Jakarta (2/5) dihadiri sekitar 500 orang dan tercatat lebih dari 100 startup kuliner mendaftar dalam FSI 2017.

"Para startup akan mempresentasikan model bisnis mereka yang dikenal dengan 'pitching' di hadapan para mentor yang berasal dari investor dan ahli kuliner nusantara," lanjutnya.

Pendaftaran Demoday FSI Bali dibuka hingga 7 Mei 2017, sedangkan Demoday FSI Bandung dibuka hingga awal Juli 2017 melalui portal foodstartupindonesia.com.

Masing-masing 50 startup kuliner lolos seleksi yang berhak bergabung pada Demoday di kedua kota tersebut harus sudah berjalan satu hingga lima tahun, memiliki ide kreatif, mempunyai transaksi dan produksi, berinovasi pada produk, model bisnis unggul, memiliki "traction" dan segmen pasar, berpotensi meningkatkan skalabilitas, serta mampu menarik investor untuk berinvestasi.

"10 startup kuliner pilihan dari masing-masing Demoday yaitu dari Bali dan Bandung, akan dipertemukan dengan 10 startup pilihan dari FSI 2016 di Jakarta Agustus nanti," pungkas Fadjar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Board Member of Sinar Mas Franky O. Widjaja (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:52 WIB

TNI Bantu Bangun 3.000 Rumah Korban Gempa

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan TNI akan membangun 3.000 unit rumah bagi warga yang menjadi korban bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat serta gempa bumi dan…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:37 WIB

Telkom Paparkan Strategi Indonesia Menuju Global Digital Hub di Indonesia Pavilion

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memiliki peran penting dalam memastikan pemerataan jaringan dan akses telekomunikasi sekaligus percepatan pertumbuhan ekonomi digital. Kehadiran Telkom secara…

Kepala BPOM Penny K. Lukito (Foto Ist)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:33 WIB

BPOM Komitmen Pembangunan Kesehatan Palestina

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Penny Lukito mengatakan Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk membangun kapasitas Palestina salah satunya pada sektor kesehatan.

- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj (Foto Ist)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:24 WIB

PBNU Luncurkan NU Channel Tayangan Program Dakwah

Ormas Islam terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama (NU) meluncurkan "NU Channel" yang menayangkan sejumlah program seperti dakwah, doa, kebudayaan, seni dan diskusi.

Manchester United (MU)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:20 WIB

Siapkan Dana Capai Rp 60 Triliun, Pangeran Saudi Ini Siap Beli Manchester United

Pangeran Muhammad bin Salman dikabarkan akan mengambil alih Manchester United dari keluarga Glazer senilai 4 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp60 triliun.