Bekraf Fasilitasi Pengembangan Startup Kuliner

Oleh : Herry Barus | Rabu, 03 Mei 2017 - 13:54 WIB

Ilustrasi kuliner Indonesia. (Lynn Gail/Getty Images)
Ilustrasi kuliner Indonesia. (Lynn Gail/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memfasilitasi pengembangan pengusaha rintisan (startup) subsektor kuliner dengan mempertemukan mereka dan para investor dalam Demoday Food Startup Indonesia (FSI) 2017 yang akan digelar di Bali dan Bandung.

"Kami mendukung pengembangan ekosistem dan meningkatkan kapasitas 'startup' ekonomi kreatif subsektor kuliner melalui FSI 2017," kata Deputi Akses Permodalan Fadjar Hutomo dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (2/5/2017)

Dalam kegiatan yang digelar di Bali pada 22-24 Mei dan di Bandung pada 17-19 Juli mendatang itu, startup kuliner dapat bertemu dengan startup kuliner lainnya juga investor dan mentor berpengalaman yang dapat membantu meningkatkan usaha mereka.

Bekraf sendiri telah menggelar "roadshow" di lima kota untuk mendorong pengusaha rintisan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

"Roadshow" di lima kota, yaitu Surabaya (26/4), Makassar (21/4), Lombok (17/4), Medan (11/4), dan Jakarta (2/5) dihadiri sekitar 500 orang dan tercatat lebih dari 100 startup kuliner mendaftar dalam FSI 2017.

"Para startup akan mempresentasikan model bisnis mereka yang dikenal dengan 'pitching' di hadapan para mentor yang berasal dari investor dan ahli kuliner nusantara," lanjutnya.

Pendaftaran Demoday FSI Bali dibuka hingga 7 Mei 2017, sedangkan Demoday FSI Bandung dibuka hingga awal Juli 2017 melalui portal foodstartupindonesia.com.

Masing-masing 50 startup kuliner lolos seleksi yang berhak bergabung pada Demoday di kedua kota tersebut harus sudah berjalan satu hingga lima tahun, memiliki ide kreatif, mempunyai transaksi dan produksi, berinovasi pada produk, model bisnis unggul, memiliki "traction" dan segmen pasar, berpotensi meningkatkan skalabilitas, serta mampu menarik investor untuk berinvestasi.

"10 startup kuliner pilihan dari masing-masing Demoday yaitu dari Bali dan Bandung, akan dipertemukan dengan 10 startup pilihan dari FSI 2016 di Jakarta Agustus nanti," pungkas Fadjar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Kemenperin)

Rabu, 20 Februari 2019 - 20:10 WIB

Insentif Super Deductible Tax Segera Dapat Dinikmati

Pemerintah segera merealisasikan skema pemberian insentif fiskal berupa keringanan pajak untuk industri yang berinvestasi untuk kegiatan vokasi serta kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D).

Ilustrasi Ekspor (Ist)

Rabu, 20 Februari 2019 - 19:45 WIB

Ekspor dan Investasi Manufaktur Terus Dikebut

Pemerintah sedang memprioritaskan peningkatan investasi dan ekspor guna memperbaiki struktur perekonomian nasional. Dua faktor tersebut, juga menjadi kunci untuk memacu daya saing Indonesia…

Sekjen Kemenperin Haris Munandar saat pengambilan sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru di lingkungan Kementerian Perindustrian

Rabu, 20 Februari 2019 - 19:15 WIB

Songsong Industri Keempat, Kemenperin Lantik Sejumlah ASN Milenial

Kementerian Perindustrian fokus membangun Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menyongsong era revolusi industri 4.0, termasuk menyiapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) generasi milenial yang kompeten…

PT Elnusa Tbk (Elnusa), (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Februari 2019 - 19:00 WIB

Tahun Buku 2018, Elnusa Pecahkan Rekor Pendapatan Usaha

PT Elnusa Tbk (Elnusa), perusahaan terkemuka penyedia jasa energi, menutup tahun buku 2018 dengan kinerja yang menggembirakan. Elnusa berhasil mendongkrak kinerja dengan membukukan pendapatan…

Pelabuhan Tanjungbalai Asahan Sumut (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Februari 2019 - 18:00 WIB

Pelindo 1 Rampungkan Modernisasi Pelabuhan Tanjung Balai Asahan

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 terus berupaya meningkatkan kinerja dan pelayanan jasa kepelabuhanan dengan melakukan penataan dan pengembangan pelabuhan, salah satunya dengan…