Jababeka Targetkan 50 Perusahaan Berinvestasi di Kawasan Industri Kendal

Oleh : Hariyanto | Senin, 17 April 2017 - 17:43 WIB

Kawasan Industri Kendal
Kawasan Industri Kendal

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) menargetkan 50 perusahaan bisa masuk serta berinvestasi pada Kawasan Industri Kendal (KIK) di Jawa Tengah.

"Kami memiliki beberapa proyek, pertama di Cikarang, Jawa Barat, yang dikembangkan sebagai kawasan industri manufaktur elektronik dan otomotif. Kedua di Tanjung Lesung, Banten, yang dikembangkan untuk industri pariwisata dengan lahan resor 1.500 hektare," kata Direktur Pengembangan Bisnis PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA), Hyanto Wihadhi di Jakarta, Senin (17/4/2017).

Menurut Hyanto, pada tahun ini pihaknya akan kembangkan KIK. Dari target 50 perusahaan, sampai saat ini telah masuk 30 perusahaan yang mayoritas bekerja di sektor padat karya seperti sektor tekstil, suku cadang, dan model pabrik sepeda.

"Harapan kami, tentu bisa mengundang lebih banyak investor untuk berinvestasi di Kendal," tutur Hyanto.

KIK merupakan kawasan industri milik PT Kawasan Industri Kendal, anak perusahaan dari PT Kawasan Industri Jababeka Tbk dengan joint venture sebesar 51% bersama perusahaan Singapura Sembawang Corporation sebesar 49%.

Kawasan yang berfokus pada industri padat karya tersebut memiliki luas total sekitar 2.700 hektare. Namun, untuk tahap pertama, perseroan baru akan mengembangkan 1.000 hektare terlebih dahulu.

Perusahaan menargetkan prapenjualan untuk proyek KIK mencapai Rp500 miliar di tahun ini. Adapun dari prapenjualan kawasan industri Cikarang, perseroan menargetkan sebesar Rp1,4 triliun.

Pada tahun ini belanja modal perusahaan direncanakan Rp600 miliar, yang dipenuhi dari kas perseroan. Sepanjang tahun lalu pendapatan perseroan turun dari Rp3,13 triliun menjadi Rp2,93 triliun.

Meskipun demikian, laba bersih perseroan naik 29% menjadi Rp436,62 miliar. Perseroan membidik peningkatan pendapatan 10% hingga 20% tahun ini.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.

Peluncuran PRUWell Medical dan Medical Syariah dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:08 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan dengan Konsep “Fairness”

PRUWell dan PRUWell Medical Syariah menawarkan premi atau kontribusi yang terjangkau dan adil (fair pricing) secara berkala sebagai apresiasi terhadap para pemegang polis yang terus menjaga…

Hadir dalam peluncuran diantaranya Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono, Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:06 WIB

KADIN Luncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meluncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI) untuk membantu penyelesaian sengketa bisnis baik untuk anggota dan umum. Lembaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.