Tingkat Hunian Hotel di Bali Naik 5% Saat Hari Raya Nyepi

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 30 Maret 2017 - 11:03 WIB

Turis Asal Amerika Saat Berlibue di Bali (Keren Su/Getty Images)
Turis Asal Amerika Saat Berlibue di Bali (Keren Su/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Denpasar - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali mengatakan tingkat okupansi hotel di Pulau Dewata selama masa libur Nyepi melonjak rata-rata 5 persen di tengah musim sepi liburan.

Ketua PHRI Bali Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati di Denpasar, Kamis (30/3/2017)  menjelaskan rata-rata hunian hotel saat liburan tahun baru saka itu menjadi sekitar 50 persen atau naik 5 persen jika dibandingkan tahun lalu.

Selain dihuni wisatawan domestik dan mancanegara, wisatawan lokal atau penduduk Bali juga turut mengisi hunian hotel selama liburan Nyepi dengan turut mendongkrak sekitar 2 persen.

Senada dengan PHRI, Ketua Bali Hotel Association (BHA) Ricky Putra mengatakan bahwa tingkat okupansi hotel di Pulau Dewata saat liburan Hari Raya Nyepi rata-rata mengalami peningkatan hingga 5 persen dibandingkan tahun periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Tingkat okupansi hotel pada liburan tersebut rata-rata mencapai 45 hingga 50 dengan dominan bintang tiga dan empat yang mencapai sekitar 70 s.d. 80 persennya.

"Dengan peningkatan okupansi hotel ini, dapat dikatakan, wisatawan yang ingin menikmati suasana Nyepi di Bali makin tinggi," katanya awak media di Bali.

Untuk itu, lanjut Ricky, perlu adanya pengemasan yang lebih inovatif lagi sehingga wisatawan yang menginap di Bali saat Hari Raya Nyepi lebih meningkat.

Ricky menegaskan bahwa paket inovatif tersebut bukan berarti hura-hura, melainkan ikut serta menikmati dan menghayati perayaan Nyepi.

Sebagian besar, lanjut dia, wisatawan yang berkunjung menikmati suasana Nyepi di Bali dari Australia, Cina, Amerika Serikat, dan beberapa negara di kawasan Eropa.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:00 WIB

GI Maskapai Global dengan Capaian OTP Terbaik di Dunia Periode Desember 2018-Februari 2019

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berhasil mencatatkan capaian tertinggi On Time Performance (OTP) terbaik untuk kategori maskapai penerbangan global dengan jumlah penerbangan di…

Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong Industri Tenun dan Batik Gunakan Benang Bemberg

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) terus mendorong penyediaan bahan baku untuk industri tenun dan batik nasional.

Titiek Soeharto (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:00 WIB

Titiek Soeharto: Capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Pasti Menang

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Titiek Soeharto, optimistis pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 itu akan menang dalam…