64 Pelukis Dijadwalkan Pameran The Balance di Candi Borobudur

Oleh : Herry Barus | Minggu, 12 Maret 2017 - 12:15 WIB

Borobudur, Tempat Wisata di Yogyakarta (Balzs Nmeth/Getty Images)
Borobudur, Tempat Wisata di Yogyakarta (Balzs Nmeth/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Magelang - Sebanyak 64 pelukis menyiapkan karya-karya mereka untuk dipamerkan pada "The Balance" di Limanjawi Art House di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, 18 Maret-18 Mei 2017.

"Pameran itu akan dibuka oleh kolektor lukisan terkenal dan pemilik 'OHD Museum' di Kota Magelang, Bapak Oei Hong Djien," kata Koordinator Komunitas Seniman Borobudur Indonesia 15 (KSBI 15) yang juga pemilik Limanjawi Art House Borobudur Umar Chusaeni di Borobudur, Sabtu (11/3/2017)

Selain berbagai lukisan, ujarnya, dalam pameran yang sekaligus peresmian ruang pameran baru rumah seni itu juga memajang sejumlah karya seni rupa, berupa patung. Limanjawi Art House yang lokasinya sekitar 600 meter timur Candi Borobudur itu, sekarang memiliki dua ruang pameran.

Ia menyebutkan mereka yang berpameran itu adalah para perupa lintas generasi, berasal dari sejumlah daerah dan kota besar, serta luar negeri.

"Dari sekitar Borobudur, Kota Magelang, Wonosobo, Temanggung, ada juga dari Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Padang, Afganistan, dan Jepang," ujarnya kepada awak media.

Ia menyebut berbagai macam karya yang dipamerkan menunjukkan karakter setiap senimannya dan pencapaian mereka masing-masing dalam berkesenian.

"Akan tetapi, karya-karya itu tidak lepas dari tema pameran yang ingin menyampaikan pesan tentang pentingnya keseimbangan dalam kehidupan. Merefleksikan tentang keseimbangan," katanya.

Ia menjelaskan tentang tujuan pameran yang untuk melihat perkembangan dunia seni rupa di Indonesia dan ajang pertemuan para seniman melalui karya-karya mereka.

Pameran "The Balance" dengan kurator Rain Rosidi yang juga dosen Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Rain Rodisi dalam catatannya mengenai pameran tersebut mengharapkan karya yang beragam dalam ajang itu memberikan inspirasi bagi pecinta seni maupun para seniman lainnya.

"Pameran mendatang akan membuka perbicangan mengenai berbagai hal dalam seni rupa," ujarnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…

Kepulauan Morotai, Maluku Utara. (Foto: IST)

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:12 WIB

Gubernur Maluku Utara Dorong Pulau Morotai Jadi Lumbung Ikan

Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba mendorong Pulau Morotai menjadi lumbung ikan.