Dukung Program Gubernur, Pasar Jaya Siap Ambil Bagian dalam Program DP 0 Rupiah

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 16 Februari 2019 - 09:00 WIB

Rikrik Rizkiyana Ketua Dewan Pengawas Perumda Pasar Jaya (Foto Dok Tribunnews)
Rikrik Rizkiyana Ketua Dewan Pengawas Perumda Pasar Jaya (Foto Dok Tribunnews)

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Perumda Pasar Jaya siap mendukung program Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam mewujudkan program hunian dengan DP 0 rupiah. Dari 153 pasar yang dimiliki, terdapat 147 pasar aktif yang dikelola. Dari jumlah tersebut, 21 di antaranya akan direvitalisasi mulai tahun ini. Program revitalisasi ini merupakan salah satu dukungan Pasar Jaya mewujudkan hunian murah bagi masyarakat tidak mampu.

Ketua Dewan Pengawas Perumda Pasar Jaya, Rikrik Rizkiyana, mengatakan, program DP 0% yang dicanangkan gubernur sangat berkaitan dengan rencana revitalisasi pasar. Karena akan muncul rusun-rusun murah yang bermanfaat untuk para pedagang pasar dan memudahkan mobilitas mereka dalam bekerja.

“Bayangkan mereka (pedagang) tinggal di atasnya (hunian bertingkat tinggi). Mereka bisa tinggal di sana, bekerja di sana, dan berkegiatan di sana karena di bawahnya pasar. Utamanya juga memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM agar usaha mereka mudah, termasuk memeroleh tempat tinggal,” jelas Rikrik.

Menurut Rikrik, revitalisasi paling banyak dilakukan di Jakarta Utara. Sisanya juga ada di Pasar Minggu, Pasar Karet Pedurenan, Pasar Mampang Prapatan, dan Pasar Rawamangun. Untuk pasar yang lebih banyak komersialnya akan diintegrasikan dengan permukiman, rusunawa, rusunami, hotel, perkantoran, dan sebagainya.

Revitalisasi pasar ini mendorong Pasar Jaya untuk terus berbenah. Artinya, dengan rencana pembangunan hunian DP nol rupiah di area pasar, kondisi pasar yang bersih dan sehat juga harus diwujudkan. Hal ini sesuai dengan tema kampanye #2019PasarBersihSehat yang dicanangkan bulan lalu.

“Ke depan artinya gedung-gedung tinggi ada dibangun di area pasar. Sementara di beberapa lokasi pasar, misalnya, ada eskalator yang tidak berfungsi karena kotor. Kotor membuat properti rusak dan daerah menjadi kumuh. Ini tidak boleh terjadi. Kondisi ini yang harus dibenahi agar semuanya nyaman,” kata Rikrik.

Untuk mencegah hal tersebut, Dewan Pengawas Perumda Pasar Jaya akan melakukan tugas pengawasan lebih intensif, termasuk mengawasi pekerjaan kepala pasar dan vendor-vendor di pasar, melakukan penilaian terkait kebersihan pasar, termasuk pemasangan CCTV di pasar-pasar.

Konsep revitalisasi 21 pasar tersebut salah satunya dilakukan dengan cara mengoptimalisasi ruang dan lahan yang ada. Misalnya pasar modern dari sisi fasilitasnya, sementara basisnya tradisional karena bisa menampung banyak UMKM.

Terkait kerja sama pembiayaan revitalisasi, dan termasuk pembangunan hunian, Perumda Pasar Jaya membuka peluang bekerjasama dengan swasta supaya tidak memberi banyak beban ke APBD.

“(Kerja sama pembiayaan) bisa dilakukan kerja sama dengan pihak swasta. Kerja sama ini  dibutuhkan tidak hanya terkait dengan kebutuhan pendanaan saja. Artinya pihak swasta bisa ikut membangun, karena jika hanya mengandalkan APBD ini akan menjadi beban. Berapa biayanya, itu tentu tergantung dari hasil studi kelayakan yang akan dimulai tahun ini,” tutup Rikrik.

Program #2019PasarBersihSehat

Berbelanja di pasar tradisional selalu identik dengan rasa tidak nyaman dan kotor. Seiring dengan berjalannya waktu, pola berbelanja masyarakat mulai berubah dari pasar tradisional ke pasar swalayan atau supermarket. Masyarakat menginginkan berbelanja di tempat yang modern, nyaman, bersih, dan sehat. Namun bagaimana dengan masyarakat menengah ke bawah? Tentunya mereka tidak selalu bisa mengikuti perubahan yang terjadi saat ini, mengingat tingkatan ekonomi mereka yang kurang mampu beradaptasi. Apalagi, situasi ekonomi yang tidak menentu saat ini telah menggerus tingkat daya beli masyarakat menengah ke bawah.

Melihat hal tersebut Perumda Pasar Jaya, yang dikenal sebagai operator pasar tradisional di Jakarta, akan bertransformasi menghadirkan pasar yang bersih dan sehat serta tertib untuk masyarakat konsumen dan pedagang. Melalui program #2019PasarBersihSehat, Pasar Jaya bertekad untuk mengembalikan kejayaan pasar tradisional yang senantiasa menjadi motor penggerak ekonomi rakyat ke track awal sesuai visi misi perusahaan.

“Program #2019PasarBersihSehat adalah milestone bagi Perumda Pasar Jaya untuk berbenah diri menyediakan ruang yang bersih dan sehat bagi pedagang UMKM dan masyarakat yang berbelanja. Kami ingin hadir di tengah masyarakat yang saat ini daya belinya sedang turun. Kami ingin masyarakat kembali berbelanja ke Pasar Jaya, dengan harga yang terjangkau dan  kondisi pasar bersih dan sehat, bukan ke supermarket,” jelas Ketua Dewan Pengawas Perumda Pasar Jaya, Rikrik Rizkiyana, di Jakarta, belum lama ini.

Program #2019PasarBersihSehat yang dicanangkan Direksi Pasar Jaya pada Selasa (29/1/2019) dinilainya sebagai titik balik untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat yang mengalami penurunan daya beli dalam mengakses barang-barang kebutuhan pokok karena peningkatan harga-harga.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…