Gelar Mudik Gratis, ID FOOD Berangkatkan Ratusan Pemudik Ke 4 Kota Tujuan Utama

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 05 April 2024 - 22:54 WIB

Direktur Utama ID FOOD Frans Marganda Tambunan mengatakan, tahun ini ID FOOD kembali menyediakan fasilitas mudik gratis bagi masyarakat.
Direktur Utama ID FOOD Frans Marganda Tambunan mengatakan, tahun ini ID FOOD kembali menyediakan fasilitas mudik gratis bagi masyarakat.

INDUSTRY.co.id, Jakarta – Holding BUMN Pangan ID FOOD mendukung program pemerintah dalam mewujudkan mudik 2024 yang aman dan nyaman. Hal ini dilakukan melalui partisipasi ID FOOD dalam program Mudik Asyik bersama BUMN 2024 yang dilaksanakan Kementerian BUMN dengan memberangkatkan 300 pemudik ke 4 kota tujuan.

Direktur Utama ID FOOD Frans Marganda Tambunan mengatakan, tahun ini ID FOOD kembali menyediakan fasilitas mudik gratis bagi masyarakat. “Kita kembali melaksanakan mudik gratis dari Jakarta ke sejumlah kota yang menjadi tujuan mayoritas pemudik. Ini komitmen kita memberikan pelayanan bagi masyarakat dan pelanggan yang menjadi bagian dari ekosistem ID FOOD,” ujarnya usai pelepasan Mudik Asyik bersama BUMN 2024, Jumat, 5/4/2024, di Jakarta.

Menurut Frans, untuk tahun ini ID FOOD menyediakan sekitar 300 kursi mudik gratis menggunakan moda transportasi bus dengan tujuan Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya. “Hari ini kita sudah lepas dan berangkatkan sekitar 300 pemudik ke 4 kota tujuan. Ini bersamaan dengan pelepasan Mudik Asyik bersama BUMN 2024 secara serentak di Silang Monas oleh Menteri BUMN,” ujarnya.

Ia menuturkan, seluruh peserta Mudik Gratis ID FOOD diberangkatkan dengan 8 armada bus eksekutif yang sudah lolos uji KIR dan dipastikan kelayakannya. “Hal ini untuk memastikan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan selama perjalanan, karena itu menjadi yang utama,” ungkapnya.

Frans mengatakan, ratusan peserta mudik bersama ID FOOD yang diberangkatkan merupakan hasil dari penjaringan peserta melalui pendaftaran yang telah dibuka sejak seminggu sebelum Ramadan. “Kita jaga dan pastikan peserta yang diberangkatkan benar-benar masyarakat yang membutuhkan sesuai arahan Menteri BUMN. Kita juga sediakan obat-obatan untuk menjaga kesehatan peserta selama perjalanan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Frans mengatakan, pelaksanaan mudik gratis ini telah menjadi program rutin perusahaan. Di mana pelaksanaannya dari tahun ke tahun terus ditingkatkan baik dari sisi pelayanan maupun kuantitas peserta. “ID FOOD telah melaksanakan mudik gratis sejak tahun 2018 dan hingga saat ini menjadi program rutin yang digelar setiap tahun. Peserta Mudik Gratis ID FOOD juga terus meningkat dalam 3 tahun ini,” sambungnya.

Dalam 3 pelaksanaan terakhir peserta Mudik Gratis ID FOOD terus bertambah, tahun ini ID FOOD memberangkatkan 300 pemudik atau meningkat 20% dari tahun 2023 yang memberangkatkan 250 pemudik. Sedangkan, di tahun 2023 jumlah pemudik yang diberangkatkan lebih tinggi 115% dibanding tahun 2022 yang memberangkatkan 116 pemudik. Secara total, sejak 2018 ID FOOD telah memberangkatkan lebih dari 3.000 pemudik.

Seperti pelaksanaan tahun sebelumnya, pada pelaksanaan mudik gratis tahun ini juga melibatkan Anak Perusahaan member of ID FOOD seperti, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), PT Perikanan Indonesia, PT Berdikari, PT Sang Hyang Seri, PT Garam, dan PT Rajawali Nusindo.

“Ini merupakan bentuk penghargaan kami kepada masyarakat dengan memberikan rasa aman dan nyaman saat mudik ke kampung halaman menjelang Idul Fitri. Selain itu juga bentuk kontribusi perusahaan menyukseskan program Mudik Lebaran 2024,” ungkapnya.

Sementara itu, Dedi (35) salah satu peserta Mudik Gratis bersama ID FOOD mengapresiasi kembali terlaksananya program mudik gratis ini. Ia mengaku terbantu karena bisa pulang kampung dengan sarana transportasi yang nyaman tanpa mengeluarkan ongkos.

“Saya merasa terbantu dengan program karena biaya yang sebelumnya digunakan untuk ongkos perjalanan bisa disimpan untuk kebutuhan lainnya selama di kampung halaman. Semoga program ini dapat terus berjalan di tahun depan karena sangat nyata dirasakan manfaatnya,” ungkap pemudik tujuan Semarang tersebut.

.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UOB Lady’s Card

Senin, 20 Mei 2024 - 15:42 WIB

UOB Indonesia Meluncurkan Desain dan Tagline Terbaru Lady’s Card

UOB Indonesia mengumumkan pembaruan UOB Lady’s Card yang merupakan kartu kredit pertama di Asia Tenggara dengan fokus pada kaum perempuan. UOB Lady’s Card dirancang untuk menawarkan keuntungan,…

SPKLU

Senin, 20 Mei 2024 - 14:33 WIB

Tren Mobil Listrik dan Renewable Energy Daya Pikat Investasi Kawasan Industri Kendal

Pemerintah Indonesia saat ini tengah giat mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan (renewable energy) guna menurunkan emisi gas rumah kaca. Berbagai upaya dilakukan pemerintah, seperti…

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP)

Senin, 20 Mei 2024 - 14:31 WIB

Mengusung Produk Baja Ramah Lingkungan, GRP Siap Bersaing di Pasar Baja Dunia

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP) terus menggenjot penjualan baja ke pasar ekspor. Perseroan optimistis prospek dan permintaan ekspor baja pada tahun 2024 masih ada ruang untuk terus bertumbuh.…

TikTok

Senin, 20 Mei 2024 - 12:55 WIB

Analyzing TikTok's Marketing Model

In the digital age, social media platforms have revolutionized marketing strategies, offering innovative ways for brands to connect with their audiences. Among these platforms, TikTok has emerged…

Menhan Prabowo Subiato Hadiri The 10th World Water Forum Yang Dibuka Resmi Presiden Jokowi di Bali

Senin, 20 Mei 2024 - 12:42 WIB

Menhan Prabowo Subiato Hadiri The 10th World Water Forum Yang Dibuka Resmi Presiden Jokowi di Bali

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto menghadiri acara forum air terbesar sedunia, “The 10th World Water Forum (WWF) yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI…