Berkurangnya Okupnasi, Garuda Sesuaikan Tarif Jakarta-Banyuwangi

Oleh : Herry Barus | Jumat, 15 Februari 2019 - 17:00 WIB

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)
Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Banyuwangi- Keputusan Garuda Indonesia Group menurunkan harga tiket pesawat rute penerbangan domestik sebesar 20 persen per Kamis (14/2/2019) dan diikuti seluruh maskapai yang berada dibawah bendera perseroan transportasi udara, termasuk masakapai NAM Air dan Citilink yang melayani rute Jakarta-Banyuwangi dan sebaliknya.

Manajer NAM Air Banyuwangi, I Gde Chrisna mengatakan harga tiket NAM Air rute Banyuwangi-Jakarta sudah turun di kisaran Rp800.000 dari sebelumnya di atas Rp1.000.000.

"Penurunan tarif kami lakukan secara bertahap dengan mengacu pada 'cost' operasionalnya, untuk rute Banyuwangi-Jakarta sendiri per hari ini sudah kami turunkan menjadi sekitar Rp863.000 dari sebelumnya sekitar Rp1.100.000," kata Chrisna lewat keterangan tertulis Pemkab Banyuwangi, Kamis (14/2/2019)

Chrisna mengemukakan, pemangkasan harga tiket ini akan berdampak pada peningkatan okupansi penumpang dari dan menuju Banyuwangi.

"Dengan tarif baru yang  terjangkau, kami yakin bisa menarik minat orang untuk ke Banyuwangi, dengan pertimbangan biaya yang hampir sama, masyarakat akan setia memilih pesawat daripada moda transportasi darat yang memakan waktu lebih lama," paparnya.

Tak hanya NAM Air, maskapai Citilink juga melakukan penyesuaian tarif tiket. Hal inj diungkapkan District Sales Manager Citilink Banyuwangi Dadang Teguh Setiawan.

"Yang jelas kami turut mematuhi. Mulai hari ini (14/2) kami juga berlakukan harga tiket baru yang tidak terlalu jauh dari tarif batas bawah," kata Dadang.

Ia mencontohkan, untuk sektor Banyuwangi-Jakarta sudah turun pada kisaran Rp800.000 dari semula di atas Rp1.000.000.

"Kami turunkan menjadi sekitar Rp800.000 dari semula Rp1.000.000, harga terendah yang kami tawarkan saat ini dan bukan merupakan harga promo," katanya.

Ia menambahkan, kalau untuk rute Kuala Luampur-Banyuwangi tarifnya tetap, tiket yang diturunkan hanya rute dosmetik. 

Sementara Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas seperti dilansir Antara  menyambut positif keputusan sejumlah maskapai yang mulai menurunkan harga tiketnya.

Karena bagi Anas, harga tiket juga menjadi salah satu pertimbangan bagi penumpang, khususnya bagi wisatawan yang akan mengunjungi suatu daerah.

"Semoga keputusan ini bisa menggerek kunjungan orang ke Banyuwangi, baik untuk keperluan bisnis maupun berwisata," ujar Anas.

Informasi diperoleh, penurunan tarif tiket pesawat oleh Garuda Indonesia Group ini merupakan tindak lanjut dari inisiasi awal Indonesia National Air Carrier Association (INACA) yang sebelumnya hanya berlaku pada beberapa rute penerbangan.

Selain maskapai NAM Air dan Citilink, keputusan ini juga diikuti oleh maskapai Garuda dan Sriwijaya Air yang operasionalnya berada di bawah Garuda Indonesia Group.

Bandara Internasional Banyuwangi saat ini melayani penerbangan internasional dan domestik, yaitu rute Kuala Lumpur-Banyuwangi, Jakarta-Banyuwangi dan Surabaya-Banyuwangi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…