MICE Jadi Ungguan Zona Wisata Kabupaten Bantul DIY

Oleh : Herry Barus | Minggu, 26 Februari 2017 - 15:38 WIB

Yogyakarta. (John Eik III/Getty Images)
Yogyakarta. (John Eik III/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Bantul- Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah memetakan lima zona unggulan sektor pariwisata daerah dengan mengoptimalkan potensi wisata yang ada di masing-masing kawasan.

"Semua zona diupayakan bisa memiliki daya tarik bagi wisatawan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata," kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Supriyanto di Bantul, Jumat (24/2/2017)

Menurut dia, lima zona unggulan pariwisata di Bantul sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (Ripparda) yaitu zona selatan objek yang diunggulkan yakni sepanjang pantai selatan, zona timur wisata perbukitan.

Kemudian zona barat pariwisata alam dan sejarah, sementara zona timur untuk aktivitas pertemuan dan pameran yakni Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE), sedangkan zona tengah untuk sektor industri kerajinan.

Supri mengatakan, dengan pemetaan zona tersebut harapannya mampu mendapatkan prioritas dana pembangunan pariwisata daerah mengingat sektor pariwisata merupakan salah satu dari prioritas pembangunan nasional.

Sementara itu, anggota DPRD Bantul Setiya kepada awak media mengatakan, bersama instansi terkait yakni Dinas Pariwisata, dan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) telah melakukan konsultasi terkait pengembangan potensi pariwisata Bantul.

"Salah satu potensi pengembangan pariwisata adalah dukungan pendanaan dari pemerintah pusat. Bantul belum pernah mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pariwisata, padahal daerah lain pernah diberi," katanya.

Menurut dia, belum adanya DAK untuk pariwisata Bantul karena Pemkab melalui instansi terkait selama ini belum pernah mengajukan ke pemerintah pusat. Padahal jika dilihat dari sektor pariwisata, Bantul punya potensi besar.

"Apalagi Bantul punya organisasi perangkat daerah (OPD) yang khusus mengurusi urusan pariwisata, yakni Dinas Pariwisata. Ini potensi besar yang diharapkan mampu diraih Bantul melalui Dinas Pariwisata," katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Taspen. (Foto: IST)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 15:01 WIB

TASPEN Gandeng TelkomGroup Layani Pensiun

PT TASPEN (PERSERO) bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma) serta Mitra Bayar Pensiun melakukan launching Digitalisasi…

Artport di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan (Foto:Park Hyun-koo/The Korea Herald)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 15:00 WIB

Terminal Dua Bandara Incheon Korsel Dihiasi dengan "Artport"

Salah satu hal yang menarik wisatawan selain destinasi wisata yang ada di daerah tersebut adalah bandaranya yang ada di daerah tersebut. Salah satunya yakni Bandara Internasional Incheon, Korea…

Walikota Bandung Ridwan Kamil (Foto Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:59 WIB

Jelang Jabar 1, Kang Emil Tinggalkan Rumah Dinas

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, meninggalkan rumah dinasnya di Pendopo seiring dengan keikutsertaan dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:37 WIB

1.126 Calon Kepala Daerah Lapor Harta Kekayaan

Beberapa jam sebelum batas akhir pendaftaran Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) hari Minggu (20/1/2018) baru 1.126 bakal calon kepala daerah yang melapor ke KPK.

Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:00 WIB

Sriwijaya Air Tahun Ini, Fasilitasi Wisatawan ke Indonesia Kawasan Timur

Permudah akses ke Kawasan Indonesia Timur, maskapai penerbangan Sriwijaya Air Group memfasilitasi wisatawan terbang ke destinasi wisata di Timur Indonesia pada tahun 2018 ini.