MICE Jadi Ungguan Zona Wisata Kabupaten Bantul DIY

Oleh : Herry Barus | Minggu, 26 Februari 2017 - 15:38 WIB

Yogyakarta. (John Eik III/Getty Images)
Yogyakarta. (John Eik III/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Bantul- Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah memetakan lima zona unggulan sektor pariwisata daerah dengan mengoptimalkan potensi wisata yang ada di masing-masing kawasan.

"Semua zona diupayakan bisa memiliki daya tarik bagi wisatawan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata," kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Supriyanto di Bantul, Jumat (24/2/2017)

Menurut dia, lima zona unggulan pariwisata di Bantul sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (Ripparda) yaitu zona selatan objek yang diunggulkan yakni sepanjang pantai selatan, zona timur wisata perbukitan.

Kemudian zona barat pariwisata alam dan sejarah, sementara zona timur untuk aktivitas pertemuan dan pameran yakni Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE), sedangkan zona tengah untuk sektor industri kerajinan.

Supri mengatakan, dengan pemetaan zona tersebut harapannya mampu mendapatkan prioritas dana pembangunan pariwisata daerah mengingat sektor pariwisata merupakan salah satu dari prioritas pembangunan nasional.

Sementara itu, anggota DPRD Bantul Setiya kepada awak media mengatakan, bersama instansi terkait yakni Dinas Pariwisata, dan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) telah melakukan konsultasi terkait pengembangan potensi pariwisata Bantul.

"Salah satu potensi pengembangan pariwisata adalah dukungan pendanaan dari pemerintah pusat. Bantul belum pernah mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pariwisata, padahal daerah lain pernah diberi," katanya.

Menurut dia, belum adanya DAK untuk pariwisata Bantul karena Pemkab melalui instansi terkait selama ini belum pernah mengajukan ke pemerintah pusat. Padahal jika dilihat dari sektor pariwisata, Bantul punya potensi besar.

"Apalagi Bantul punya organisasi perangkat daerah (OPD) yang khusus mengurusi urusan pariwisata, yakni Dinas Pariwisata. Ini potensi besar yang diharapkan mampu diraih Bantul melalui Dinas Pariwisata," katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo

Kamis, 21 September 2017 - 21:00 WIB

Groundbreaking Tol Layang Makassar Dimulai 12 Oktober

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan "groundbreaking" atau peletakan batu pertama pembangunan proyek tol layang Pettarani Makassar sesuai rencana dimulai 12 Oktober…

 Calon Bupati Jaya Pura Nomor 3 Godlief Ohee

Kamis, 21 September 2017 - 20:25 WIB

Pilkada Kabupaten Jayapura, Calon Petahana Mathius Awitauw Didiskualifikasi Bawaslu

Jakarta- Bawaslu RI merekomendasikan pembatalan Mathius Awitauw Sebagai Calon Bupati Jayapura. Hal itu disampaikan Calon Bupati Nomor Urut Nomor 3 Godlief Ohee.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan dan Direktur Utama PT Inti Darman Mappangara berjabat tangan.

Kamis, 21 September 2017 - 20:16 WIB

Telkom dan PT INTI Bersinergi Garap Layanan Internet of Things Devices

Jakarta-PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI) menandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan sinergi kedua BUMN, serta untuk mendukung…

Direktur Wholesale & Internasional Service Telkom Abdus Somad Arief (kedua dari kanan) bersama Staf Khusus Kementerian BUMN bidang Rumah Kreatif BUMN (RKB) Asmawi Syam (tengah).

Kamis, 21 September 2017 - 20:07 WIB

TelkomGroup Latih E-Commerce dan Pemasaran Online UMKM Indonesia Go Global

Jakarta-Dalam rangka mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia menembus pasar global di era digital, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus optimalkan keberadaan…

PT Paramount Land

Kamis, 21 September 2017 - 19:30 WIB

Paramount Land Raih Penghargaan Dot Property Indonesia

Paramount Land meraih 3 penghargaan sekaligus atas komitmennya dalam menciptakan produk-produk properti terbaik dalam ajang Dot Property Indonesia Awards 2017.