Pemprov Maluku Segera Tingkatkan Listrik Geothermal

Oleh : Herry Barus | Kamis, 23 Februari 2017 - 10:01 WIB

Geo Dipa Energi. (Foto: Ist)
Geo Dipa Energi. (Foto: Ist)

INDUSTRY.co.id - Ambon- Pemerintah melalui Presiden Joko Widodo mendorong untuk membangun listrik potensi panas bumi atau geothermal di Pulau Ambon karena provinsi ini memiliki potensinya di perbatasan Desa Suli dan Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu.

"Kepala Negara saat meninjau proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Waai pada 9 Februari 2017 mengarahkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, agar memanfaatkan potensi geothermal di Desa Suli dan Tulehu sebagai terobosan energi listrik terbarukan," kata Gubernur Maluku, Said Assagaff, di Ambon, Rabu (22/2/2017)

Pertimbangannya PLTU Waai yang dirancang berkapasitas 2 X 15 Mega Watt (MW) itu termasuk proyek PT PLN mangkrak.

"Saat itu ditanya Presiden soal PLTU mau dilanjutkan atau tidak . Saya jawab tidak karena mempertimbangkan bahan baku PLTU yakni batu bara harus dipasok dari Kalimantan dan itu tidak efisien," ujar Gubernur.

Selanjutnya diinformasikan bahwa Desa Tulehu dan Suli memiliki potesi geothermal yang strategis.

Bahkan, Menteri ESDM, Iganasius Jonan menjelaskan, di bawah tanah saat Presiden Jokowi dan rombongan sedang menginjaknya juga memiliki potensi geothermal berkapasitas 100 MW.

"Presiden langsung menginstruksikan PLTU dihentikan pembangunannya dan dialihkan untuk memngembangkan pembangkit listrik tenaga geothermal," tandas Gubernur.

Karena itu, proses pembebasan lahan untuk pembangkit listrik tenaga geothermal itu difasilitasi sehingga pembangunan sesegera mungkin direalisasi.

"Minimal pada 2017 pembangkit listrik tersebut sudah bisa dibangun agar terpenuhi kebutuhan listrik masyarakat," kata Gubernur.

Disinggung kapal pembangkit listrik Marine Vessel Power Plant (MVPP) Aradeniz Powership Zeynep Sultan berkapasitas 60 megawatt (MW), dia menjelaskan, diinformasikan bahwa saat ini dalam pelayaran dari Turki.

"Mudah-mudahan kapalnya sudah tiba pada akhir Maret 2017 sehingga sesuai jadwal April 2017 bisa dioperasikan karena jaringannya sudah terpasang," tandas Gubernur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka dok

Sabtu, 23 Juni 2018 - 20:57 WIB

Setelah Morotai dan Tanjung Lesung, Jababeka Incar KEK di Bangka Belitung

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. (kode saham KIJA) memberi sinyal hendak mengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) di Provinsi Bangka Belitung.

Penyanyi Ed Sheeran. (Foto: NME)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 19:30 WIB

Ed Sheeran Akui Tak Gunakan Layanan Streaming Musik

Ed Sheeran rupanya tidak pernah menggunakan jasa layanan streaming musik untuk mempromosikan lagu-lagunya. Seperti yang diketahui, Shape of You milik Ed Sheeran menjadi salah satu lagu yang…

Kementerian Perindustrian. (Fofo: kemenperin.go.id)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:52 WIB

Kemenperin Tengah Godok Insentif Penerapan Industri Hijau

Kementerian Perindustrian mewacanakan insentif fiskal dan nonfiskal sebagai upaya untuk menerapkan industri hijau yang bersifat wajib.

Ribuan UMKM memadati acara sosialisasi PPh Final UMKM 0,5% yang dilakukan Presiden Jokowi di Sanur, Bali, Sabtu (23/6). (Dok: Kemenkop)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:44 WIB

UMKM Bali Antusias Sambut Penurunan PPh Final 0,5 Persen

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di provinsi Bali menyambut baik kebijakan pemerintah menurunkan pajak penghasilan (PPh) final UMKM yang semula 1% menjadi 0,5% mulai 1 Juli 2018…

Aktris Scarlett Johansson, menjadi Black Widow. (Foto: Independent)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 17:35 WIB

Marvel Kantongi Tiga Sutradara Wanita untuk Garap Black Widow

Marvel Studios semakin menseleksi daftar sutradara wanita untuk menggarap proyek film Black Widow. Marvel sendiri sudah mengantongi tiga nama kandidat, yakni Cate Shortland, Amme Asante dan…