Pemprov Maluku Segera Tingkatkan Listrik Geothermal

Oleh : Herry Barus | Kamis, 23 Februari 2017 - 10:01 WIB

Geo Dipa Energi. (Foto: Ist)
Geo Dipa Energi. (Foto: Ist)

INDUSTRY.co.id - Ambon- Pemerintah melalui Presiden Joko Widodo mendorong untuk membangun listrik potensi panas bumi atau geothermal di Pulau Ambon karena provinsi ini memiliki potensinya di perbatasan Desa Suli dan Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu.

"Kepala Negara saat meninjau proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Waai pada 9 Feuari 2017 mengarahkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, agar memanfaatkan potensi geothermal di Desa Suli dan Tulehu sebagai terobosan energi listrik terbarukan," kata Gubernur Maluku, Said Assagaff, di Ambon, Rabu (22/2/2017)

Pertimbangannya PLTU Waai yang dirancang berkapasitas 2 X 15 Mega Watt (MW) itu termasuk proyek PT PLN mangkrak.

"Saat itu ditanya Presiden soal PLTU mau dilanjutkan atau tidak . Saya jawab tidak karena mempertimbangkan bahan baku PLTU yakni batu bara harus dipasok dari Kalimantan dan itu tidak efisien," ujar Gubernur.

Selanjutnya diinformasikan bahwa Desa Tulehu dan Suli memiliki potesi geothermal yang strategis.

Bahkan, Menteri ESDM, Iganasius Jonan menjelaskan, di bawah tanah saat Presiden Jokowi dan rombongan sedang menginjaknya juga memiliki potensi geothermal berkapasitas 100 MW.

"Presiden langsung menginstruksikan PLTU dihentikan pembangunannya dan dialihkan untuk memngembangkan pembangkit listrik tenaga geothermal," tandas Gubernur.

Karena itu, proses pembebasan lahan untuk pembangkit listrik tenaga geothermal itu difasilitasi sehingga pembangunan sesegera mungkin direalisasi.

"Minimal pada 2017 pembangkit listrik tersebut sudah bisa dibangun agar terpenuhi kebutuhan listrik masyarakat," kata Gubernur.

Disinggung kapal pembangkit listrik Marine Vessel Power Plant (MVPP) Aradeniz Powership Zeynep Sultan berkapasitas 60 megawatt (MW), dia menjelaskan, diinformasikan bahwa saat ini dalam pelayaran dari Turki.

"Mudah-mudahan kapalnya sudah tiba pada akhir Maret 2017 sehingga sesuai jadwal April 2017 bisa dioperasikan karena jaringannya sudah terpasang," tandas Gubernur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup Astra Agro Kembali Raih ISPO (Foto Herlambang)

Selasa, 18 September 2018 - 19:50 WIB

Grup Astra Agro Kembali Raih ISPO

Anak-anak perusahaan perkebunan kelapa sawit Grup Astra Agro kembali menerima sertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO).

Dirut BRI Suprajarto dan CEO Lippo Group James T Riady, (Foto Rizki Meirino)

Selasa, 18 September 2018 - 19:45 WIB

Bank BRI-Siloam Hospitals Perkuat Layanan Perbankan dan Layanan Kesehatan

Upaya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk untuk meningkatkan layanan jasa perbankan kepada para nasabahnya terus dilakukan. Kali ini Bank BRI menggandeng PT. Siloam International Hospitals,…

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 18 September 2018 - 18:30 WIB

Rupiah Selasa Sore Menguat Menjadi Rp14.867

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa sore bergerak menguat sebesar 13 poin menjadi Rp14.867 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.880 per dolar AS.

Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (Foto:Ist)

Selasa, 18 September 2018 - 18:00 WIB

Pengembangan Industri Pariwisata, Qatar Investasi 100 Juta Dolar di Indonesia

Pemerintah Qatar telah melakukan investasi 100 juta dolar AS untuk pengembangan industri pariwisata di Indonesia.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono hadiri 1st ASEAN - Republic of Korea Infrastructure Ministers' Meeting

Selasa, 18 September 2018 - 18:00 WIB

Hadiri Pertemuan Menteri Infrastruktur ASEAN dan Korea, Menteri Basuki Sampaikan Perkembangan Ekonomi Indonesia

Dalam pertemuan bilateral antara Menteri Basuki dengan Menteri MOLIT Korea Kim Hyun Mee dibahas kerjasama di bidang infrastruktur PUPR yakni progres Bendungan Karian, proyek saluran pembawa…