Dihadiri 250 Peneliti Global, Konferensi International VOICE 2018 Resmi di Gelar

Oleh : Hariyanto | Kamis, 13 Desember 2018 - 11:19 WIB

Konferensi International VOICE 2018 Resmi di Gelar
Konferensi International VOICE 2018 Resmi di Gelar

INDUSTRY.co.id - Nusa Dua - Pusat Kajian dan Advokasi Perlindungan dan Kualitas Hidup Anak Universitas Indonesia (PUSKAPA) bekerjasama dengan Care and Protection of Children (CPC) Learning Network Columbia University menyelenggarakan konferensi internasional tiga hari Viable and Operable Ideas for Child Equality (VOICE) dengan tema “Finding Scientific Answer to the 21st Century Challenges for Families, Communities, and Public Policy”.

VOICE 2018 adalah konferensi internasional tentang perlindungan dan kesejahteraan anak yang pertama kalinya diselenggarakan oleh pusat penelitian Indonesia dan diadakan di Indonesia. 

Santi Kusumaningrum, Direktur PUSKAPA, menjelaskan, dalam konferensi ini hadir sekitar 250 peneliti global, praktisi pembangunan dan kemanusiaan, pembuat kebijakan, dan pemimpin muda yang berbagi dan berbicara tentang bukti ilmiah di bidang perlindungan anak dan mendiskusikan cara-cara untuk mewujudkannya menjadi tindakan yang berarti. 

"Perlindungan anak adalah masalah yang bermuatan emosional, namun kita harus memastikan bahwa kebijakan tidak dibuat berdasarkan emosi dan yang bersifat populis, tetapi pada data yang diteliti dengan baik" kata Santi melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Kamis (13/12/2018).

Mark Canavera, Co-Director of CPC Learning Network at Columbia University mengatakan, Konferensi VOICE menunjukkan bahwa kepemimpinan Indonesia dalam perlindungan anak dan kesejahteraan keluarga semakin menguat. Merupakan misi dari CPC Learning Network untuk menghubungkan akademisi, pembuat kebijakan, dan para praktisi dalam menemukan solusi berbasis bukti untuk perlindungan anak yang lebih baik dan kami bangga menjadi bagian dari proses ini dan bekerja sama dengan PUSKAPA. 

"Konferensi VOICE berfungsi sebagai platform yang sangat bagus di mana pembelajaran yang dihasilkan di Indonesia akan berkontribusi terhadap dialog dan kemajuan global,” demikian tutur Mark Canavera, Co-Director of CPC Learning Network at Columbia University.

Ada tiga tantangan utama abad ke-21 berkaitan dengan perlindungan dan kesejahteraan anak yang dibahas dalam konferensi ini: migrasi terutama yang disebabkan oleh perubahan iklim yang juga mempengaruhi kesejahteraan anak-anak; norma-norma sosial yang menjadi bahaya bagi anak-anak; serta mengubah teknologi dari ancaman menjadi bermanfaat bagi anak-anak.  

Dalam konferensi ini peserta dari negara-negara termasuk Amerika Serikat, Inggris, Ghana, India, Zambia, Uganda, Pakistan, Nigeria, Liberia, Bangladesh, dan Indonesia akan saling mendorong kerjasama dan membentuk jaringan internasional di bidang perlindungan dan kesejahteraan anak.

 "Acara seperti VOICE mutlak diperlukan karena menyatukan orang-orang yang tertarik pada masalah perlindungan anak. Kami percaya bahwa perlindungan anak adalah masalah kompleks yang patut mendapat perhatian dari banyak pemangku kepentingan, baik lembaga pemerintah, akademisi, aktivis masyarakat, atau pelaksana program. Konferensi VOICE menyatukan para peneliti global dan adalah selaras dengan misi Universitas Indonesia untuk menjadi salah satu universitas riset terkemuka di dunia.” kata Arie Setiabudi Soesilo - Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia.

Konferensi ini memfasilitasi para pembuat kebijakan dan peneliti untuk saling berbagi tentang faktor-faktor yang berdampak pada keberhasilan tujuan pembangunan nasional Indonesia dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. 

Pungky Sumadi, Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Kementerian PPN/Bappenas menjelaskan lebih lanjut, Pemerintah mengakui bahwa anak-anak adalah lebih dari sekadar kelompok usia d Mereka adalah warga negara Indonesia dan berhak mendapatkan perlindungan penuh dari pemerintah. 

"Pemerintah Indonesia menyadari sepenuhnya bahwa perlindungan anak dan kesejahteraan sangat bersinggungan, dan berkomitmen untuk memprioritaskannya dalam sasaran pembangunan nasional. "  katanya.

Konferensi ini terselenggara atas dukungan UNICEF Indonesia, Learning Initiatives on Norms, Exploitation, and Explanation (LINEA), Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK), The Asia Foundation, Institute for Reproductive Health at Georgetown University, dan Australia Indonesia Partnership for Justice 2.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…