Apindo Bangun Kemitraan Pengusaha Daerah-Asing

Oleh : Herry Barus | Kamis, 06 Desember 2018 - 15:12 WIB

 Shinta W. Kamdani, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Hubungan Internasional (Foto ist)
Shinta W. Kamdani, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Hubungan Internasional (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan pihaknya tengah berupaya membangun kemitraan pemilik usaha di daerah selain ibukota DKI Jakarta dengan pengusaha asing.

Saat menyampaikan Prospek Ekonomi dan Bisnis di Indonesia pada 2019 di Jakarta, Rabu (5/12/2018) , Shinta menjelaskan bahwa banyak pengusaha daerah dan penggiat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang memiliki kemampuan untuk mendunia, tetapi terhalang masalah pendanaan dan alih-teknologi.

"Yang penting saat ini adalah membangun kemitraan. Kontribusi apa yang dapat diberikan pengusaha-pengusaha di daerah di saat mereka membangun kemitraan dengan pengusaha asing," sebut Shinta kepada Antara.

Oleh karenanya, ia mengaku pihaknya banyak berkeliling untuk mengajak para pengusaha asing skala menengah yang ingin bermitra dengan pebisnis di Indonesia, khususnya di daerah selain kota-kota besar.

"Problemnya saat ini, banyak pengusaha daerah yang harus ditingkatkan kapasitasnya, belum lagi soal 'global value chain'. Itu yang harus didukung (oleh pemerintah bersama asosiasi pengusaha)," jelas Shinta.

Dalam kesempatan itu, Apindo menyoroti prosedur perizinan yang kerap simpang-siur berpotensi menghambat investasi.

Pasalnya, beberapa perizinan seperti izin lokasi, IMB (izin mendirikan bangunan), SIUP (surat izin usaha perdagangan), TDP (tanda daftar perusahaan), dan HO (izin gangguan) yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten/kota menjadi penentu keberlangsungan investasi dan berusaha di daerah.

Alhasil, Apindo menghimbau agar pemerintah harus mengevaluasi penerapan sistem perizinan tunggal (Online Single Submission/OSS), seraya menyelaraskan regulasi usaha baik di tingkat pusat dan daerah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 07:00 WIB

Market Cap Tembus Rp.500 Triliun , BBRI Cetak Rekor Baru Pekan ini

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) untuk kedua kalinya selama sepekan menorehkan prestasi terbaiknya di perdagangan bursa saham.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, (Foto: Fadli/Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 06:00 WIB

Rp5 Miliar Disiapkan Pemprov Papua untuk Korban Banjir

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyiapkan bantuan uang sebesar Rp5 miliar untuk membantu penanganan korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura.

Tersangka Korupsi (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 04:50 WIB

KPK Benarkan Amankan Direktur Krakatau Steel

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengamankan sebanyak empat orang terkait dengan operasi tangkap tangan (OTT) yang diduga berhubungan dengan salah satu Direktur Krakatau Steel.

Kingston Partner Gathering, Kamis (21/3/2019)

Jumat, 22 Maret 2019 - 23:00 WIB

Perkuat Pasar, Kingston Miliki Puluhan Mitra Reseller di Indonesia

Kingston Technology, salah satu pemimpin dunia dalam solusi produk dan teknologi penyimpanan memori, secara bersama-sama dengan para mitra penjualan mengumumkan program mitra resmi di Indonesia.

Suasana diskusi yang bertajuk “Kasus Privatisasi JICT Jilid II (2015-2039), Kemana Pemerintah dan KPK” yang digelar Serikat Pekerja (SP) JICT di Hotel Sunlake, Sunter, Jakarta, Kamis (21/03/2019) petang.

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:49 WIB

Pakar Hukum UGM: Perpanjangan Kontrak Pelindo II dan Hutchison Ports Tetap Sah

Oce Madril, pakar Tindak Pidana Korupsi Universitas Gajah Mada (UGM), menilai perjanjian perpanjangan kontrak PT Jakarta International Container Terminal (JICT) antara PT Pelindo II dan Hutchison…