Lintasan Rel Terendam, KRL Jabotabek Tersendat

Oleh : Irvan AF | Selasa, 21 Februari 2017 - 11:15 WIB

Ilustrasi KRL Jabotabek. (Tomohiro Ohsumi/Getty Images)
Ilustrasi KRL Jabotabek. (Tomohiro Ohsumi/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Sejumlah lintasan kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek terendam genangan air akibat hujan yang turun merata di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya sejak Senin (20/2) malam.

Vice President Komunikasi Perusahaan PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Eva Chairunnisa mengatakan berdasarkan pantauan hingga pukul 06.00 WIB terdapat genangan air di sejumlah titik, antara lain Kampung Bandan, Jakarta Kota, Tebet, dan Kalideres-Rawa Buaya.

"Khusus untuk Kampung Bandan, genangan air di antara Stasiun Angke-Kampungbandan dan Stasiun Kampungbandan-Kemayoran saat ini masih di atas permukaan rel sehingga KRL belum dapat melintas," ujar Eva dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Selain itu, katanya, KRL relasi Bekasi- akarta Kota juga mengalami antrean dampak gangguan persinyalan, namun demikian perjalanan KRL dua jalur tetap dapat dilakukan.

"Genangan di Tebet dan Kalideres-Rawa Buaya sejauh ini belum berdampak pada operasional KRL Jabodetabek," katanya.

Genangan di Jakarta Kota sempat mengganggu sistem persinyalan hingga pukul 05.45 WIB, namun saat ini sudah normal kembali.

Saat ini, seluruh KRL dari arah Bogor/Depok maupun Bekasi telah dapat melayani penumpang hingga stasiun Jakarta Kota.

Eva menjelaskan untuk sementara pola operasi perjalanan KRL diatur sebagaimana berikut, yaitu KRL Bogor/Depok tujuan Jatinegara, perjalanannya hanya sampai Stasiun Duri.

KRL Feeder Manggarai-Duri (PP) perjalanannya dibatalkan untuk mengurangi antrean kereta di Stasiun Duri dan kepadatan di lintas Manggarai-Duri.

Untuk melayani pengguna di lintas Jatinegara, Pasar Senen, hingga Kemayoran, PT KCJ menjalankan sementara KRL Feeder (pengumpan) Jatinegara-Kemayoran PP.

Antrean KRL dampak genangan air juga terjadi disekitar jalur rel wilayah Sudimara sehingga untuk keselamatan dan keamanan pada beberapa titik tertentu KRL harus mengurangi kecepatan.

"Kami memohon maaf atas gangguan perjalanan KRL dampak dari curah hujan yang tinggi dan menyebabkan banjir di sejumlah lokasi jalur rel pagi ini," katanya.

Ia mengatakan akan tetap memantau kondisi di lokasi dan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait agar perjalanan KRL dapat kembali normal bilamana ketinggian air sudah memungkinkan.

Seluruh pengguna jasa diimbau tetap memperhatikan keselamatan dan keamanan saat beraktivitas di stasiun dan di KRL.

"Pengguna jasa diimbau untuk tidak memaksakan diri naik apabila KRL telah penuh dan menunggu KRL selanjutnya," katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…