Relaksasi Loan to Value Tingkatkan Pertumbuhan Sektor Properti

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 26 November 2018 - 10:06 WIB

Pada gelaran REI Mandiri Property Expo 2018, Bank Mandiri melalui program KPR Milenial bahkan memberikan kelonggaran berupa uang muka 0 persen bagi nasabah Mandiri.
Pada gelaran REI Mandiri Property Expo 2018, Bank Mandiri melalui program KPR Milenial bahkan memberikan kelonggaran berupa uang muka 0 persen bagi nasabah Mandiri.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Wakil Ketua Umum Bidang Perundang-undangan dan Regulasi Properti DPP REI Ignesjz Kemalawarta mengatakan relaksasi LTV bisa mendorong pertumbuhan sektor properti karena memungkinkan perbankan untuk lebih fleksibel dalam menentukan kebijakan terkait LTV.

"Semakin longgar rasio LTV yang diberikan, semakin kecil uang muka yang harus disediakan konsumen dan ini diharapkan akan mendorong daya beli masyarakat di sektor properti," ujarnya dalam keterangan resminya, Senin (26/11/2018).
 
Pada gelaran REI Mandiri Property Expo 2018, Bank Mandiri melalui program KPR Milenial bahkan memberikan kelonggaran berupa uang muka 0 persen bagi nasabah Mandiri. Melalui KPR Milenial Bank Mandiri berusaha memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi generasi milenial untuk memiliki rumah. Generasi milenial menjadi target pasar yang cukup potensial karena diperkirakan pada tahun 2020 mendatang, akan muncul sekitar 1 miliar konsumen baru yang terdiri dari kaum muda atau generasi milenial di seluruh dunia termasuk Indonesia.
 
Kebijakan LTV yang dikeluarkan Bank Indonesia diharapkan juga memberi angin segar bagi para pengembang dan perbankan. Terkait LTV dan kaitannya dengan generasi milenial, Ignesjz menyarankan perbankan untuk mempertahankan tingkat suku bunga yang menarik bagi kaum milenial. Selain itu, industri juga perlu menghadirkan produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kaum milenial. Terkait sektor properti, ia menyatakan ada pergeseran kebutuhan misalnya dari ruang kantor yang cenderung kotak dan kaku menjadi co-working space atau ruang kantor yang lebih fleksibel. Generasi milenial dikenal menginginkan hal yang lebih praktis dan mudah. Hal ini perlu diperhatikan oleh para pengembang yang menargetkan generasi milenial sebagai pasar prospektif mereka.
 
Pada Sabtu (24/11) kemarin, area pameran REI Mandiri Property Expo 2018 juga dihadiri oleh para mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Jakarta. Mereka hadir sebagai bagian dari generasi milenial yang menjadi target pasar sektor properti. Kehadiran mereka memberikan kesempatan kepada para peserta pameran untuk menjelaskan produk properti yang ditawarkan. Saat mengikuti talkshow yang digelar pada pameran kali ini, mereka terlihat cukup antusias mengikuti penjelasan yang diberikan oleh narasumber. Mereka terlihat tertarik mengetahui jenis properti apa yang sesuai dengan kemampuan mereka, apakah properti vertikal atau landed house.
 
Gelaran REI Mandiri Property Expo 2018 diharapkan dapat mendorong semangat pasar agar kembali bergairah. Sesi talkshow yang digelar sepanjang pameran diharapkan bisa memberikan pengetahuan positif bagi para calon pemilik rumah dalam menentukan rumah idaman sesuai dengan kemampuan keuangan mereka. Pertumbuhan di sektor properti yang memiliki efek pengganda pada gilirannya akan ikut pula mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.