Green Pramuka City Umumkan Pemecahan Sertifikat Pajak Serta Sosialisasi Pentingnya PBB Bagi Penghuninya

Oleh : Ridwan | Rabu, 14 November 2018 - 10:30 WIB

Green Pramuka City gelar acara Sosialisasi mengenai PBB kepada warga huniannya (Foto: Tim Green Pramuka City)
Green Pramuka City gelar acara Sosialisasi mengenai PBB kepada warga huniannya (Foto: Tim Green Pramuka City)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sebagai kawasan hunian vertikal yang menaati aturan mengenai perpajakan, Apartemen Green Pramuka City melakukan sosialisasi mengenai Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) kepada warga huniannya. Sosialisasi tersebut diadakan di Tower Chrysant, kompleks Green Pramuka City.

Adapun sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Unit Pelayanan Pajak dan retribusi Daerah Cempaka Putih Tati Saleha, Digdo Prakoso dan Bambang Waskito sebagai perwakilan dari Unit Penyuluhan dan Layanan Informasi (UPLI). 

Selain menyosialisasikan segala sesuatu mengenai PBB, pihak pengelola juga memberikan informasi  mengenai pemecahan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) PBB untuk beberapa Tower Green Pramuka City.  

Pajak Bumi dan Bangunan adalah pajak yang bersifat kebendaan, dalam artian besarnya pajak terutang ditentukan oleh keadaan objek yaitu bumi dan bangunan.

“Merujuk pada Undang-undang No.12 tahun 1994 tentang Pajak Bumi dan Bangunan, Setiap subjek yang menikmati dan menggunakan dari objek pajak wajib untuk membayar PBB,” kata Tati Saleha di Jakarta (13/11).

Adapun kompleks yang dihuni lebih dari 20 ribu orang ini telah dibangun 9 tower, dan saat ini sudah ada pemecahan SPPT untuk 2 tower, Faggio dan Pino sementara ke 7 tower lainnya sedang dalam proses.

Maria Bunga Hati E. Purba Selaku Direktur PT. Mitra Investama P (MIP) mengungkapkan, pada tangal 8 Agustus 2017 lalu, Green Pramuka City telah mengajukan permohonan pemecahan SPPT untuk 8 tower dengan syarat-syarat yang tertera pada Pergub 77 Tahun 2014, dan hal tersebut telah disambut baik oleh Pemerintah dengan mengeluarkan SPPT untuk 2 Tower. Dalam sosialisasi ini, juga dijelaskan secara detil mengenai alasan pemecahan hingga cara pembayaran.

“Saya berharap kedepannya proses pemecahan ini dapat diselesaikan dengan lebih cepat agar maanfaatnya dapat segera dirasakan oleh para penghuni,” Kata Bunga.

Green Pramuka City mengajak segenap masyarakat luas, khususnya penghuni apartemen untuk sadar akan masalah perpajakan. Pajak yang dibayarkan langsung masuk ke kas Negara dan nantinya akan dipergunakan Negara untuk kepentingan umum, pembangunan dan biaya penyelenggaraan Negara.

Selain itu masyarakat juga perlu mengawasi pajak yang telah dibayarkan, apakah telah disalurkan dengan benar atau tidak.

Green Pramuka City berkomitmen memberikan pelayanan maksimal di segala bidang demi kenyamanan warganya. Green Pramuka City juga bersedia untuk melayani warga apartemen jika mengalami kesulitan atau pertanyaan terkait masalah PBB ini. 

“Dengan diadakannya sosialisasi ini, harapan kami adalah penghuni Green Pramuka mengetahui kewajiban mereka sebagai wajib pajak serta menaikkan angka penerimaan pajak kepada Pemerintah,” Tutup Bunga. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:42 WIB

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di OCBC Tower, Jakarta. Dalam rapat tersebut, Bank memperoleh persetujuan atas seluruh mata acara…

Petugas Bank Mandiri mengecek keuangan yang akan ditukarkan ke masyarakat

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:39 WIB

Antisipasi Kebutuhan Nasabah pada Ramadhan & Idul Fitri, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Secara Net sebesar Rp 31,3 Triliun

Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sekitar Rp 31,3 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat selama 30 hari ke depan, yaitu pada 18 Maret –…

Gelar Safari Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Tarakan

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:27 WIB

Gelar Safari Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Tarakan

Dalam rangka Ramadan, sekaligus sebagai rangkaian peringatan HUT ke-54 pada tanggal 1 Juli 2024 mendatang, PT Jamkrindo melakukan kegiatan Safari Ramadan di beberapa daerah. Dalam kegiatan Safari…

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Sebagai bagian dari komitmen untuk mengembangkan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menjadi grup keuangan terkemuka, dengan profitabilitas yang berkelanjutan, Danamon terus melakukan berbagai…

Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema 'Biaya Kuliah Tinggi, Pinjaman Pendidikan Jadi Solusi?', Senin (18/3).

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Wow! Kabar Baik bagi Mahasiswa yang tidak mendapatkan KIP, Pemerintah Bakal Siapkan Pinjaman Lunak Tanpa Bunga

Jakarta, FMB9 - Pemerintah tengah mengkaji pinjaman sangat lunak untuk mahasiswa sebagai solusi pendanaan pendidikan di perguruan tinggi. Masih belum terjangkaunya biaya pendidikan tinggi bagi…