Green Pramuka City Umumkan Pemecahan Sertifikat Pajak Serta Sosialisasi Pentingnya PBB Bagi Penghuninya

Oleh : Ridwan | Rabu, 14 November 2018 - 10:30 WIB

Green Pramuka City gelar acara Sosialisasi mengenai PBB kepada warga huniannya (Foto: Tim Green Pramuka City)
Green Pramuka City gelar acara Sosialisasi mengenai PBB kepada warga huniannya (Foto: Tim Green Pramuka City)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sebagai kawasan hunian vertikal yang menaati aturan mengenai perpajakan, Apartemen Green Pramuka City melakukan sosialisasi mengenai Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) kepada warga huniannya. Sosialisasi tersebut diadakan di Tower Chrysant, kompleks Green Pramuka City.

Adapun sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Unit Pelayanan Pajak dan retribusi Daerah Cempaka Putih Tati Saleha, Digdo Prakoso dan Bambang Waskito sebagai perwakilan dari Unit Penyuluhan dan Layanan Informasi (UPLI). 

Selain menyosialisasikan segala sesuatu mengenai PBB, pihak pengelola juga memberikan informasi  mengenai pemecahan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) PBB untuk beberapa Tower Green Pramuka City.  

Pajak Bumi dan Bangunan adalah pajak yang bersifat kebendaan, dalam artian besarnya pajak terutang ditentukan oleh keadaan objek yaitu bumi dan bangunan.

“Merujuk pada Undang-undang No.12 tahun 1994 tentang Pajak Bumi dan Bangunan, Setiap subjek yang menikmati dan menggunakan dari objek pajak wajib untuk membayar PBB,” kata Tati Saleha di Jakarta (13/11).

Adapun kompleks yang dihuni lebih dari 20 ribu orang ini telah dibangun 9 tower, dan saat ini sudah ada pemecahan SPPT untuk 2 tower, Faggio dan Pino sementara ke 7 tower lainnya sedang dalam proses.

Maria Bunga Hati E. Purba Selaku Direktur PT. Mitra Investama P (MIP) mengungkapkan, pada tangal 8 Agustus 2017 lalu, Green Pramuka City telah mengajukan permohonan pemecahan SPPT untuk 8 tower dengan syarat-syarat yang tertera pada Pergub 77 Tahun 2014, dan hal tersebut telah disambut baik oleh Pemerintah dengan mengeluarkan SPPT untuk 2 Tower. Dalam sosialisasi ini, juga dijelaskan secara detil mengenai alasan pemecahan hingga cara pembayaran.

“Saya berharap kedepannya proses pemecahan ini dapat diselesaikan dengan lebih cepat agar maanfaatnya dapat segera dirasakan oleh para penghuni,” Kata Bunga.

Green Pramuka City mengajak segenap masyarakat luas, khususnya penghuni apartemen untuk sadar akan masalah perpajakan. Pajak yang dibayarkan langsung masuk ke kas Negara dan nantinya akan dipergunakan Negara untuk kepentingan umum, pembangunan dan biaya penyelenggaraan Negara.

Selain itu masyarakat juga perlu mengawasi pajak yang telah dibayarkan, apakah telah disalurkan dengan benar atau tidak.

Green Pramuka City berkomitmen memberikan pelayanan maksimal di segala bidang demi kenyamanan warganya. Green Pramuka City juga bersedia untuk melayani warga apartemen jika mengalami kesulitan atau pertanyaan terkait masalah PBB ini. 

“Dengan diadakannya sosialisasi ini, harapan kami adalah penghuni Green Pramuka mengetahui kewajiban mereka sebagai wajib pajak serta menaikkan angka penerimaan pajak kepada Pemerintah,” Tutup Bunga. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Kemenperin: Indonesia Raih 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…