300 Perusahaan dari 23 Negara Hadir dalam Pameran Teknologi Pertukangan

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 26 September 2018 - 22:55 WIB

300 Perusahaan dari 23 Negara Hadir dalam Pameran Teknologi Pertukangan (Foto Kormen)
300 Perusahaan dari 23 Negara Hadir dalam Pameran Teknologi Pertukangan (Foto Kormen)

INDUSTRY.co.id - Jakarta–Pameran International Furniture Manufacturing Components Exhibition (IFMAC) dan pameran Woodworking Machinery (WOODMAC) mempersiapkan industri untuk meciptakan hasil produksi dan kinerja manufaktur yang lebih baik dengan menerapkan teknologi dan solusi baru yang dihadirkan pada pameran tahun ini.

Sebagai pameran dagang terpenting di Indonesia untuk pengadaan komponen manufaktur furnitur dan teknologi pertukangan, IFMAC dan WOOMAC pada tahun 2018 ini akan menghadirkan teknologi-teknologi dengan kualitas terbaik untuk industri furniture Indonesia yang sedang berkembang' melalui produk-produk siap pakai, mesin, peralatan, dan sistem yang akan lebih memperkuat industri furnitur Indonesia.

Tahun ini, pameran diikuti lebih dari 300 perusahaan dari 23 negara, area pameran meningkat 25% dibandingkan tahun lalu. Selain diikuti peserta-peserta baru dari Finlandia, Denmark, Latvia, Gabon, dan lainnya. IFMAC dan WOODMAC untuk pertama kalinya menerima partisipasi dari 12 perusahaan di bawah Paviliun Jerman.

Perusahaan Jerman yang merupakan pemimpin di industrinya seperti Anthon GmbH Maschinen- und Anlagenbau, Elektronic Wood System GmbH, Fagus-Grecon Greten GmbH & Co Kg, Haberlein GmbH, Hans Weber Maschinenfabrik GmbH, Homag Asia Pte Ltd, Michael Weinig Asia Pte Ltd, Wilhelm Altendorf GmbH & Co. KG dan banyak lagi. Kehadiran grup perusahaan yang memamerkan berbagai keunggulan Jerman akan berdampak positif bagi pengetahuan para pelaku industri Indonesia tentang keunggulan dan kontribusi Jerman di pasar produksi furnitur dunia.

Keikutsertaan kelompok-kelompok negara lain seperti Cina, Taiwan dan Perancis juga bersiap untuk menarik lebih dari 13.000 pengunjung dari 40 negara. Masing-masing perusahaan ini membawa kemampuan multi-aplikasi mereka di seluruh rangkaian produk yang dipamerkan.

Dengan kehadiran berbagai perusahaan internasional, para pelaku industri yang berkunjung baik kelas UKM maupun produsen furnitur berskala besar dapat mempelajari solusi terkait furnitur berkualitas tinggi dari masing-masing negara dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang keunggulan daya saing perusahaan asing di pasaran.

Pertukaran pengetahuan ini akan memperkuat industri furnitur dalam negeri menjadi lebih dinamis dan selaras dengan perkembangan pasar dunia serta lebih aktif dalam mengukir kemajuannya sendiri guna bersaing secara lebih baik dengan perusahaan-perusahaan internasional.

Menurut Sofianto Widjaja, General Manager PT Wahana Kemalaniaga Makmur selaku penyelenggara pameran, “Seiring dengan persaingan ketat yang dihadapi oleh industry furnitur dan kerajinan kayu Indonesia, peningkatan partisipasi perusahaan internasional dan pemain-pemain besar dalam negeri memungkinkan pertukaran pengetahuan dan adopsi teknologi yang lebih baik dan menguntungkan bagi bisnis furnitur yang sedang berkembang di seluruh Indonesia.” Selain pameran diatur sedemikian rupa untuk memperlihatkan kekuatan warisan Indonesia dalam memproduksi mebel dan kerajinan kayu, pameran juga menghadirkan keramahtamahan dan keterbukaan bisnis Indonesia dalam menemukan kemitraan perdagangan yang saling menguntungkan dengan para pemain furnitur internasional.

Fitur baru di IFMAC dan WOODMAC tahun ini adalah Teknologi Komputer, di mana perusahaan seperti Alphacam Southeast Asia, CAD + T Southeast Asia, Pytha Asia / Furnisoft Pte Ltd, Cabinet Vision southeast Asia dan lainnya akan menunjukkan bagaimana industri furnitur dapat memiliki kinerja lebih baik dengan sistem yang dibantu komputer, dan akan mendorong perusahaan untuk melakukan transformasi digital untuk operasi yang lebih sistematis, lebih cepat dan hemat sumber daya.

Para pengunjung dapat merasakan transformasi digital yang banyak dibicarakan melalui penerapan sistem berbasis komputer yang akan meningkatkan sistem produksi di pabrik furnitur dan pengerjaan kayu.

Selama pameran juga akan digelar seminar antara lain oleh Furnisoft Pte Ltd (Pytha CadCam) yang akan berbagi mengenai 'PYTHA 3D-CAD Digital Manufacturing: Desain untuk Produksi' sementara Cabinet Vision Asia akan menyampaikan kemampuan mereka dalam 'Mengotomasi Proses Manufaktur dari Proyek Desain ke Manufaktur '.

Untuk mempromosikan teknologi berbasis komputer di antara para desainer furnitur dan profesional industri, CAD + TA akan melakukan penandatanganan kerjasama dengan PIKA dan Universitas Podomoro untuk bersama-sama mengembangkan bakat-bakat muda untuk industri.

IMAC dan WOODMAC 2018 juga akan diperkaya dengan rangkaian program menarik antara lain seminar kerjasama HIMKI (Himpunan Industri Mebel dan Kayu Indonesia) dan Top 100 Selected Machinery (peserta pameran dari China) yang berjudul 'Solusi Teknologi Canggih untuk Memperluas Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia'. Juga seminar dan presentasi teknis lainnya yang disampaikan oleh perusahaan peserta pameran serta asosiasi pendukung lainnya.

Mengingat IFMAC dan WOODMAC menyatukan dari hulu hingga hilir spektrum produksi furnitur yang menyeluruh dalam satu atap, makai dengan bangga pameran menjadi penghubung bagi seluruh rantai nilai industri yang mempertemuukan kebutuhan perkakas, fastener dan perangkat keras yang diperlukan dari keseluruhan produksi furnitur dan proses produksi.

Peningkatan ini dimungkinkan dengan pameran yang digelar berbarengan antara IFMAC dan WOODMAC, memberikan manfaat berupa one-stop sourcing bagi buyers dan juga pengunjung. INDOFASTENER dan INDOTOOLS & HARDWARE akan menambah pengetahuan dalam hal kebutuhan fastening, tooling dan perangkat keras yang juga diperlukan selama proses pembuatan furnitur atau dapat mendukung aplikasi furnitur dan fitur estetika.

Selama pameran empat hari, pengunjung akan menikmati pameran yang menguntungkan yang memberikan akses langsung ke perusahaan-perusahaan tepercaya dengan produk yang tepat dan dapat mengajukan penawaran khusus untuk memenuhi kebutuhan pengadaan mereka tanpa memandang skala produksinya.

IFMAC & WOODMAC 2018 menyambut baik pengunjung dari kalangan industri maupun perusahaan yang bisnisnya beragam mulai dari komponen furnitur dan manufaktur kayu, produksi furniture, kontraktor, arsitek, perancang bangunan komersial dan pengembang perumahan serta para profesional industri terkait lainnya yang mungkin memerlukan mesin atau alat dengan tingkat kinerja lebih baik dan biaya yang lebih rendah. (Kormen}

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…