Ini Tiga Tantangan Perekonomian Capres Cawapres Mendatang

Oleh : Herry Barus | Senin, 13 Agustus 2018 - 10:45 WIB

Presiden Jokowi-Ketua MUI Maruf Amin (foto Dok Industry.coid)
Presiden Jokowi-Ketua MUI Maruf Amin (foto Dok Industry.coid)

INDUSTRY.co.id - Surabaya - Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur, Mufti Anam mengatakan ada tiga tantangan utama di bidang perekonomian yang harus mampu dijawab para kandidat jika terpilih menjadi presiden dan wakil presiden.

"Pertama, tantangan ekonomi global. Saat ini, perekonomian dunia belum sepenuhnya pulih. Situasi makin diperburuk dengan adanya trade war alias perang dagang antara sejumlah negara besar yang bisa berimbas ke Indonesia," kata Mufti di Surabaya, belum lama ini

Kedua, kata dia, adalah pengembangan sumber daya manusia dan daya saing bangsa yang harus ditingkatkan di tengah kompetisi global yang semakin ketat.

Kemudian, tantangan ketiga adalah pemerataan ekonomi dari sisi kewilayahan maupun antarpenduduk yang perlu terus diturunkan.

 "Apa yang dilakukan pemerintah selama ini dengan penguatan dana desa dan pembangunan kawasan timur Indonesia sudah tepat, tinggal pembenahan aspek-aspek lainnya," kata Mufti yang juga berprofesi sebagai dokter muda ini.

Mufti bersama kalangan pengusaha muda yang tergabung dalam HIPMI Jatim menyambut baik dua pasangan kandidat calon presiden-calon wakil presiden yang akan berkompetisi dalam Pilpres 2019.

"Kedua pasang semuanya adalah putra terbaik bangsa yang bisa meningkatkan perekonomian secara berkelanjutan pada masa mendatang. HIPMI Jatim secara keorganisasian tidak mendukung salah satunya, namun kami serahkan ke pilihan masing-masing anggota," katanya.

Mufti mengatakan, perhelatan Pilpres dan pemilihan legislatif merupakan momentum yang akan mengatrol pertumbuhan ekonomi Indonesia setidaknya sampai kuartal II/2019.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II/2018 sebesar 5,27 persen, ini cukup bagus di tengah ekonomi global yang masih melambat. InsyaAllah sampai akhir tahun tetap bagus," harapnya seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan, ke depan ekonomi Indonesia diprediksi akan tetap terjaga karena ada Asian Games dan pemilu presiden serta legislatif, sebab ada perputaran uang cukup besar, dan bisa mengompensasi potensi perlambatan sektor ekonomi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…