Pertama Kali di Indonesia, IESPL-Tokopedia Gelar Turnamen Esport Dengan Konsep Liga

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 11 Agustus 2018 - 12:37 WIB

Turnamen Tokopedia Battle of Friday (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Turnamen Tokopedia Battle of Friday (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Organisasi dan penyelenggara turnamen game, Indonesia Esports Premier League (IESPL) bekerjasama dengan platform e-commerce Tokopedia, resmi menggelar musim perdana liga esports multicabang profesional pertama di Indonesia bertajuk Tokopedia Battle of Friday (TBoF).

Berbeda dengan turnamen game pada umumnya, untuk pertama kalinya di Indonesia kompetisi game mengusung konsep liga dan dipertandingkan setiap pekannya. Liga tersebut mempertandingkan empat divisi gim, yaitu Counter Strike Global Offensive, Dota 2, Point Blank, dan Mobile Legends. 

Musim perdana kompetisi itu berlangsung sejak 10 Agustus 2018 sampai 25 Januari 2019. Seluruh pertandingan digelar setiap hari Jumat dan dapat disaksikan secara langsung melalui aplikasi live streaming CubeTV.

Sebanyak 12 tim esports profesional berpartisipasi dalam gelaran liga utama IESPL tersebut. Diantara ke-12 tim tersebut antara lain  EVOS, RRQ, NXL, BOOM ID, XCN, Recca, Alter Ego, Capcorn, The Prime, Bigetron, Juggernaut, dan PG Barracx. 

Seluruh tim yang berpartisipasi di dalam kompetisi tersebut berkesempatan memperoleh hadiah senilai Rp1,9 miliar.

Presiden IESPL Giring Ganesha mengatakan, gelaran ini dimaksudkan untuk mengusung misi mempercepat perkembangan ekosistem esports di dalam negeri. 

"IESPL memiliki misi untuk menjadikan esports sebagai industri yang bergengsi. Dengan adanya TBOF, iklim kompetisi esports semakin berkualitas dan dapat memotivasi lahirnya talenta-talenta profesional baru di bidang ini," ujarnya di Jakarta, Jumat (10/8/2018)

Vice President of Engineering Tokopedia Herman Widjaja menyatakan perusahaannya sangat bangga dapat berpartisipasi mendukung IESPL untuk menyelenggarakan liga esports multicabang profesional pertama di Indonesia.

"Tokopedia melihat potensi yang luar biasa dari ekosistem esports. Dengan adanya kompetisi ini, kami berharap dapat membantu talenta lokal esports Indonesia terus melangkah ke kancah internasional," ujarnya.

Turnamen dengan total hadiah Rp 1,9 miliar ini bakal menghadirkan 660 pertandingan selama enam bulan, dengan pertandingan perdana dimulai pada 10 Agustus 2018 dan berakhir pada 25 Januari 2019. Pertandingannya sendiri digelar di Highgrounds iCafe, Pantai Indah Kapuk, Jakarta, setiap hari Jumat.

Formatnya, setiap divisi game punya klasemennya masing-masing. Seperti liga sepak bola, pemenang akan diberikan tiga poin, seri mendapat satu poin, dan kalah tidak mendapatkan poin.

Tim dengan poin terbanyak di akhir musim ditunjuk sebagai pemenang. Namun, jika ada dua tim meraih poin tertinggi, maka akan diadakan babak tambahan semacam play-off untuk menentukan pemenang TBoF.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…