BJHabibie Tekankan Peneliti Muda Orientasi Kebutuhan Rakyat

Oleh : Herry Barus | Jumat, 10 Agustus 2018 - 14:12 WIB

BJ Habibie (Foto Dok Industry. ci.id)
BJ Habibie (Foto Dok Industry. ci.id)

INDUSTRY.co.id - Pekanbaru- Presiden Ketiga Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie berpesan agar para peneliti muda bersikap konsisten dan berorientasi pada kebutuhan rakyat.

"Kita harus konsolidasi. Kita harus lebih bekerja sama sebagai satu tim dari Sabang sampai Merauke," kata Habibie seusai memberikan pidato kunci pada Pembukaan Kegiatan Ilmiah bertema "Riset, Inovasi Menuju Ekonomi Era Industri 4.0" di Pekanbaru, Riau, Kamis (9/8/2018)

Habibie mengatakan riset harus diarahkan kepada kebutuhan rakyat yang akan bisa berkembang bila inovasi dikembangkan dari dasar-dasar pemikiran ekonomi pasar Pancasila.

"Pasarnya ya orang-orang, yang beli kan ada di Timur, Utara. Kan kita sudah mempunyai satelit sekarang," jelasnya seperti dilansir Antara.

Dalam pidato kuncinya, Habibie mengatakan meskipun teknologi terus berkembang, dan dunia saat ini disebut-sebut memasuki era industri 4.0, tetap ada yang jauh lebih penting daripada teknologi.

"Robot tetap tidak akan bisa menggantikan manusia yang memiliki otak yang diciptakan Tuhan," ujarnya.

Habibie memberikan pidato kunci pada Pembukaan Kegiatan Ilmiah bertema "Riset, Inovasi Menuju Ekonomi Era Industri 4.0" dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional XXIII 2018 .

Acara tersebut dibuka Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir yang sekaligus memberikan arahan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Foto Pembangunan Program Sejuta Unit Rumah

Senin, 10 Desember 2018 - 15:35 WIB

PUPR Klaim Program 1 Juta Rumah Sudah Capai 100 Persen

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengklaim hingga 26 November 2018 program sejuta rumah telah teralisasi 100%. Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul…

 Kepala Bekraf, Triawan Munaf (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 15:26 WIB

Bekraf: 2020 Transaksi E-commerce Capai US$ 130 Milyar

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memproyeksikan nilai transaksi ekonomi digital di Indonesia tahun 2020 akan capai US$ 130 miliar, atau setara dengan Rp 1.924 Triliun. Hal tersebut diungkapkan…

Marketplace Lazada menjajaki kerja sama dengan penyedia jasa logistik JNE memberikan fasilitas pengiriman barang secara cashless bagi para seller Lazada. (Dok:INDUSTRY.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 15:05 WIB

2019, JNE Bidik 1 Juta Pengiriman Per Hari

PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menargetkan bisa menangani 1 juta paket kiriman per hari pada 2019 seiring dengan tren perdagangan digital di Indonesia.

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 15:03 WIB

Kemenhub Kembangkan Konsep Integrasi Tol Laut

Dtjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengembangkan konsep tol laut yang terintregasi dan terkoneksi "end to end" yang menghubungkan antarwilayah di Indonesia serta dapat menjangkau…

Jane Callista, Penyanyi Anak-anak Yang Memilih Jalur Opera Broadway

Senin, 10 Desember 2018 - 14:52 WIB

Jane Callista Penyanyi Cilik Yang Mantap Memilih Jalur Opera Broadway

Di tengah gempuran lagu-lagu dewasa yang liriknya banyak yang tidak cocok dinyanyikan oleh anak-anak, terdengar kabar merdu. Ada seorang anak dengan bakat istimewa mengeluarkan album berjudul…