BKPM Augerahi 40 PTSP Terbaik 2018

Oleh : Herry Barus | Kamis, 12 Juli 2018 - 13:56 WIB

Thomas Lembong
Thomas Lembong

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memberikan anugerah kepada 40 penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) terbaik berupa "Investment Award 2018".

Empat puluh 40 PTSP itu meraih penghargaan berdasarkan kualifikasi penilaian terhadap 565 PTSP di 34 Provinsi, 416 Kabupaten, 98 Kota, 12 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), lima Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB).

Kepala BKPM Thomas Lembong dalam acara Investment Award 2018 di Jakarta, Kamis, mengatakan acara yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali itu menekankan peran penting investasi dalam pertumbuhan ekonomi.

"Dalam empat kuartal terakhir yang menyelamatkan pertumbuhan ekonomi itu investasi. Ini kerja keras kalian, selamat atas keberhasilan ini," katanya di hadapan para kepala daerah dan penyelenggara PTSP.

Tom, sapaan akrab Thomas, mengatakan karena perannya yang penting, investasi saat ini mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat.

Hal itu lantaran Presiden Jokowi menegaskan bahwa laju konsumsi harus bergeser ke sektor produktif dan investasi. Oleh karena itu, peran penting layanan investasi yang mendukung menjadi yang utama dalam menggenjot penanaman modal.

"Yang penting dalam menggenjot investasi adalah layanan. Investor yang sudah kita bujuk dengan insentif, rayuan, akhirnya bisa datang. Kalau pelayanannya tidak baik dia akan kecewa dan pulang," ujarnya.

"Investment Award 2018" diberikan kepada 20 PTSP Terbaik untuk tingkat kabupaten, 10 PTSP terbaik tingkat kota/KEK/KPBPB dan 10 PTSP Terbaik tingkat provinsi.

Dari 40 nominasi penyelenggara PTSP terbaik itu, disaring lagi berdasarkan penilaian tertinggi, di mana penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu kategori Provinsi Terbaik tahun 2018 adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dari Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, serta yang ketiga Provinsi DKI Jakarta.

Untuk kategori kota adalah Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Pekanbaru, Kota Surakarta, serta Kota Semarang. Sedangkan kategori Kabupaten adalah Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Siak, Kabupaten Sragen, serta Kabupaten Pinrang.

Untuk penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu wilayah timur terbaik yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang, Kota Ternate dan Kabupaten Jayapura.

"Bagi yang belum berhasil meraih 'top award', masih ada ruang perbaikan karena dari 565 PTSP daerah yang dievaluasi, baru enam persen yang meraih bintang tiga. Separuhnya bahkan belum masuk kualifikasi. Jadi masih banyak ruang berebut 'top awards'. Kami siap membantu dan mendukung," kata Tom. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…