Kementerian PUPR Gandeng IAPMO Group Lakukan Inspeksi Aspek Kesehatan Bangunan Rumah

Oleh : Hariyanto | Kamis, 12 Juli 2018 - 12:27 WIB

Kementerian PUPR Gandeng IAPMO Group Lakukan Inspeksi Aspek Kesehatan Bangunan Rumah
Kementerian PUPR Gandeng IAPMO Group Lakukan Inspeksi Aspek Kesehatan Bangunan Rumah

INDUSTRY.co.id - Jakarta - IAPMO Group Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) terkait Inspeksi Aspek Kesehatan Bangunan Rumah dan Gedung mengenai Sertifikasi Laik fungsi Bangunan. 

Peresmian kerjasama ini dilaksanakan pada tanggal 5 Juli 2018 di Hotel Grand Mercure Kemayoran pada acara The 5th Annual Education Conference World Plumbing Day. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Ken Wijaya selaku Executive Vice President IAPMO Group Indonesia dan Prof. Ir. Arief Sabarrudin, CES - Kepala Puslitbang Perumahan dan Permukiman.

Kerjasama ini dilakukan berdasarkan peraturan menteri PUPR, menjalankan turunan dari UU bangunan gedung no 2008 tahun 2002 bahwa dalam setiap bangunan/gedung di Indonesia harus memiliki syarat layak fungsi termasuk untuk rumah sederhana, yang artinya bahwa bangunan yang dibangun harus sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Menurut Prof. Ir. Arief Sabarrudin, CES ada empat kriteria bangunan laik fungsi yaitu menjamin keselamatan bangunan, baik terhadap gempa, kebakaran maupun petir. yang kedua adalah aspek kesehatan yang terdiri dari sanitasi, udara maupun air bersih, yang ketiga adalah  kenyamanan serta yang terakhir adalah kemudahan. 

"Kami melihat bahwa IAPMO laboratoriumnya sudah terakreditasi oleh KAN. dan kami juga menginginkan kerjasama ini diperluas. dengan kondisi Indonesia yang sangat luas, begitu banyak bangunan yang harus disusuri dan dipastikan laik fungsi. Dengan jumlah SDM dan laboratorium terbatas, kami perlu bekerjasama dengan laboratorium yang lain.  Bersama IAPMO kami bisa bersinergi untuk melangkah bersama, dan kami juga melihat IAPMO memiliki komitmen sosial yang tinggi sehingga diharapkan dapat membantu pemerintah." Ujar Prof. Ir. Arief Sabarrudin, CES - Kepala Puslitbang Perumahan dan Permukiman.

Saat ini IAPMO Group Indonesia secara konsisten membangun kesadaran akan pentingnya sistem plambing yang baik. “IAPMO Group Indonesia ingin masyarakat Indonesia semakin paham mengenai pentingnya sistem plambing yang baik, untuk konsumsi personal maupun kepentingan umum. Sistem plambing juga berdampak pada kesehatan dan juga keamanan masyarakat. Inilah mengapa IAPMO bekerja sama dengan pemerintahan, pelaku industri serta institusi pendidikan untuk terus mensosialisasikan mengenai pentingnya standarisasi plambing. ” ujar Ken Wijaya – Executive Vice President IAPMO Group Indonesia.
 
Ini merupakan tahun kelima bagi IAPMO untuk melakukan sosialisasi tersebut. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini, IAPMO bersama Asosiasi Plambing, APPIN, mengadakan beberapa kegiatan yang dikemas dalam seminar sehari dengan pameran dan diselenggarakan pada Kamis, 5 Juli 2018 di Hotel Grand Mercure.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.

Peluncuran PRUWell Medical dan Medical Syariah dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:08 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan dengan Konsep “Fairness”

PRUWell dan PRUWell Medical Syariah menawarkan premi atau kontribusi yang terjangkau dan adil (fair pricing) secara berkala sebagai apresiasi terhadap para pemegang polis yang terus menjaga…

Hadir dalam peluncuran diantaranya Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono, Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:06 WIB

KADIN Luncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meluncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI) untuk membantu penyelesaian sengketa bisnis baik untuk anggota dan umum. Lembaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.