Alex Noerdin: Asian Games 2018 Zero Conflict

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 07 Juli 2018 - 17:30 WIB

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (Foto Dok Industry.co.id)
Gubernur Sumsel Alex Noerdin (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Palembang- Jakabaring mulai dibangun pada 2010, di lahan rawa-rawa di tengah kota Palembang, Sumatra Selatan. Kini, Kompleks Jakabaring dan segala sarana pendukungnya telah siap digunakan untuk perhelatan akbar olahraga Asian Games, pada Agustus 2018. 

Demikian laporan pembuka yang disampaikan langsung Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema "Progress dan Kesiapan Asian Games 2018", bertempat di Wisma Atlet Jakabaring Sports City, Palembang, Sumatra Selatan, Sabtu (7/7/2018).

"Saya memulai laporan ke Pak Menteri. Jakabaring dibangun 2010 dari awalnya rawa-rawa di tengah K Palembang, di tengah cuaca ekstrem, dan dana yang tidak jelas. Ketika itu, semua orang tidak percaya. Tapi alhamdulillah dengan ridha Allah, pada November 2011 jadi seperti ini,” tuturnya.

Kemudian, Alex membeberkan, ada athlete village, ada tiga tower lama, lima tower baru, ada satu tower 10 lantai, dan ada dining hall yang mampu tampung 2.000 atlet.

"Bahkan, kalau mau bertanding, sambung dia, tinggal jalan kaki 10 menit ke venue, atau bisa juga menggunakan golf car, jika memang harus membawa barang-barang,” katanya. 

Alex juga mengungkapkan, dengan adanya Asian Games, kawasan Palembang dapat memperluas jalan tol. “Kami juga dapat membangun Jembatan Musi 2, flyover, underpass, dan rumah sakit  milik pemerintah. Bandara kita dua lantai, dengan penumpang per tahun menjadi empat juta per tahun. Ada juga LRT pertama di Indonesia,” katanya.

Lebih jauh Alex mengatakan, di kompleks olahraga itu ada juga enam rumah ibadah bagi enam agama berbeda yang diakui di Indonesia. Keenam rumah ibadah itu, papar dia, dibangun bersebelahan tanpa pagar. 

Insya-Allah minggu depan sudah selesai. Itu sekaligus menjadi bukti bahwa di Sumsel zero conflict,” tuturnya. 

Terakhir Alex mengingatkan, semua progres positif terkait persiapan pelaksanaan Asian Games 2018 di Palembang bukanlah terjadi tanpa alasan. Namun, kata dia, ada sejumlah pengalaman yang mendasari kemampuan tersebut. 

“Jadi Pak Menteri, kami di Sumatra Selatan bukanlah karbitan. Kita memang berpengalaman. Di antaranya pada 2004 untuk PON, kemudian SEA Games pada 2011, dan juga pada Asian University Games 2014. Insya-Allah masyarakat kita siap dan juga pemerintah insya-Allah siap. Tidak usah khawatir,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sekretaris Utama Perpusnas (jas hitam, dua kanan) paparkan rencana Rakornas yang akan digelar Perpusnas.

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:10 WIB

Gelar Rakornas, Perpusnas Akan Bahas Tiga Program Besar di 2024

Di Rakornas 2024 yang akna digelar tanggal 14-15 Mei 2024, Perpusnas akan membahas tiga program besar yang menjadi fokus utama Perpusnas pada 2024.

(Ki-Ka) Jonathan Walbridge, Komisaris Utama Indonet; Donauly Situmorang, Direktur Indonet; Andy Rigoli, Direktur Utama Indonet pada acara Public Expose PT Indointernet Tbk (Indonet) 2024 yang digelar hari ini, Rabu, 8 Mei 2024

Rabu, 08 Mei 2024 - 18:21 WIB

Top! 3 Dekade Beroperasi, Indointernet (Indonet), Konsisten Mengembangkan Infrastruktur Digital dan Sukses Raih Laba Bersih Tertinggi

Jakarta- PT Indointernet Tbk (Indonet), penyedia infrastruktur digital terkemuka dan terpercaya di Indonesia, berhasil meraih laba bersih sebesar Rp253,26 miliar di tahun 2023, lebih tinggi…

Karyawan Gunarso diangkat sebagai Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda)

Rabu, 08 Mei 2024 - 18:03 WIB

Food Station Siapkan Strategi Dukung Ketahanan Pangan di Jakarta

Jakarta-Karyawan Gunarso diangkat sebagai Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) menggantikan Pamrihadi Wiraryo. Keputusan itu disampaikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham…

BTN MENGAJAK NASABAH TEMPUH JALUR HUKUM

Rabu, 08 Mei 2024 - 17:54 WIB

BTN Mengajak Nasabah Tempuh Jalur Hukum

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. membuka ruang bagi para nasabahnya untuk menempuh jalur hukum sehingga seluruh keputusan yang diambil berlandaskan hukum yang berlaku.

Suasana Konferensi Pers Acara Puncak HUT Dekranas ke-44 di Press Room Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo),

Rabu, 08 Mei 2024 - 17:51 WIB

Dewan Kerajinan Nasional Indonesia Gelar HUT ke 44 di Solo

Jelang Acara Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-44, Dewan Kerajinan Nasional Indonesia (Dekranas) tengah melakukan berbagai persiapan.