Teater Tanah Air kembali meraih yang terbaik di "15th World Festival of Children's Theatre"

Oleh : Amazon Dalimunthe | Senin, 02 Juli 2018 - 16:39 WIB

Penampilan Teater Tanah Air yang meraih Gelar Terbaik di 15th World Festival of Children's Theatre
Penampilan Teater Tanah Air yang meraih Gelar Terbaik di 15th World Festival of Children's Theatre

INDUSTRY.co.id - JAKARTA,-- Di tengah gempita piala sepakbola di Rusia dan Pilkada serentak di tanah air, diam-diman Teater Tanah Air  kembali meraih gelar sebagai teater anak terbaik di “15th World Festival of Children's Theatre” yang berlangsung pekan lalu di Lingen (Ems) Jerman. TTA yang membawakan lakon berjudl Help memukau semua dewan juri  dan penonton.

Bahkan koran setempat menuliskan berita seperti ini terjemahannya “Cerita ttg org baik dan org jahat. Pertunjukannya colorful, penuh dgn tawa, bulan melambangkan kedamaian, well-practiced, yang baik happy dan yang jahat sebaliknya. Anak –anak  menang dari orang jahat berkat bantuan penonton yg melempar pesawat kertas. Mereka membawa bendera Jerman dan menyanyikan lagu nasional Jerman. Orang-orang mengerti cerita mereka tentang perdamaian dan kebahagiaan dengan color Spectacle HELP! A Visual Theatre Performance,”

Teater Tanah Air menampilkan cerita yang seua dengan tema festival: Children Move The World.

Bagi Teater tanah Air , Pimpinan Jose Riza Manua, meraih gelar yang terbaik dalam festival ini menunjukkan bahwa teater jika ditekuni dengan serius talenta-talenta berbakat ternyata bisa mendunia.

“Bagi teater tanah air, menjadi yang terbaik, bukanlah menjadi tujuan utama. Tapi menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki bakat-bakat besar dalam bidang teater itu yang paling penting. Selain menumbuhkan rasa percaya diri bagi anak-anak yang jadi pemain. Kita mungkin kalah dalam olah tehnologi tapi unggul dalam olah rasa” kata Jose kepada Industry.co.id

Menjadi yang terbaik dalam festival teater tingkat dunia, bukanlah yang pertama bagi Teater Tanah Air.

Beberapa Festival Teater yang pernah diikuti  antaranya, “10Th World Festival of Children’s Theatre di Moscow- Russia, yang berlangsung tanggal 17 – 25 Juli 2008. Lalu  “9Th World Festival of Children’s Theatre” di Lingen (Ems)- Germany, tahun 2006. Juga pernah mengikuti Festival Teater Anak-anak se- Asia-Pacific ("The Asia Pacific Of Children Theatre", Tayamaken takaoka Bunka Hall - Tayama Japan, 5 August 2004) di Jepang.

Dari berbagai festival teater anak-anak se- dunia yang diikuti, Teater Tanah Air melalui repertoar-repertoarnya dianggap telah membuka cakrawala baru dalam perkembangan teater anak-anak. Masyarakat Teater Anak-anak di Dunia menganggap bahwa Teater Anak-anak di Indonesia telah berkembang sedemikian rupa baiknya, dengan segala inovasi-inovasinya yang segar.

Tapi kenyataannya, kata Jose, tidak seperti yang mereka bayangkan. “Jumlah teater anak-anak di Indonesia masih bisa dihitung dengan jari. Dan kiprahnya hampir tidak ada yang mencuat kepermukaan. Keberadaan teater anak-anak di Indonesia, khususnya di Jakarta masih dianggap sebagai media hiburan semata. Bukan sebagai media pendidikan untuk menempa kepribadian dan aktualitas diri. Itu sebabnya banyak orang tua yang mendaftarkan anak-anaknya ke grup-grup (sanggar-sanggar) teater agar anaknya menjadi bintang sinetron atau bintang iklan,” kata Jose prihatin. (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:38 WIB

Bank Mandiri Kucurkan Rp440 Miliar Kembangkan Layanan Pelabuhan

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyepakati pinjaman korporasi sebesar Rp440 miliar untuk belanja modal PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) guna mengembangkan fasilitas dan layanan non-tunai di…