Teater Tanah Air kembali meraih yang terbaik di "15th World Festival of Children's Theatre"

Oleh : Amazon Dalimunthe | Senin, 02 Juli 2018 - 16:39 WIB

Penampilan Teater Tanah Air yang meraih Gelar Terbaik di 15th World Festival of Children's Theatre
Penampilan Teater Tanah Air yang meraih Gelar Terbaik di 15th World Festival of Children's Theatre

INDUSTRY.co.id - JAKARTA,-- Di tengah gempita piala sepakbola di Rusia dan Pilkada serentak di tanah air, diam-diman Teater Tanah Air  kembali meraih gelar sebagai teater anak terbaik di “15th World Festival of Children's Theatre” yang berlangsung pekan lalu di Lingen (Ems) Jerman. TTA yang membawakan lakon berjudl Help memukau semua dewan juri  dan penonton.

Bahkan koran setempat menuliskan berita seperti ini terjemahannya “Cerita ttg org baik dan org jahat. Pertunjukannya colorful, penuh dgn tawa, bulan melambangkan kedamaian, well-practiced, yang baik happy dan yang jahat sebaliknya. Anak –anak  menang dari orang jahat berkat bantuan penonton yg melempar pesawat kertas. Mereka membawa bendera Jerman dan menyanyikan lagu nasional Jerman. Orang-orang mengerti cerita mereka tentang perdamaian dan kebahagiaan dengan color Spectacle HELP! A Visual Theatre Performance,”

Teater Tanah Air menampilkan cerita yang seua dengan tema festival: Children Move The World.

Bagi Teater tanah Air , Pimpinan Jose Riza Manua, meraih gelar yang terbaik dalam festival ini menunjukkan bahwa teater jika ditekuni dengan serius talenta-talenta berbakat ternyata bisa mendunia.

“Bagi teater tanah air, menjadi yang terbaik, bukanlah menjadi tujuan utama. Tapi menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki bakat-bakat besar dalam bidang teater itu yang paling penting. Selain menumbuhkan rasa percaya diri bagi anak-anak yang jadi pemain. Kita mungkin kalah dalam olah tehnologi tapi unggul dalam olah rasa” kata Jose kepada Industry.co.id

Menjadi yang terbaik dalam festival teater tingkat dunia, bukanlah yang pertama bagi Teater Tanah Air.

Beberapa Festival Teater yang pernah diikuti  antaranya, “10Th World Festival of Children’s Theatre di Moscow- Russia, yang berlangsung tanggal 17 – 25 Juli 2008. Lalu  “9Th World Festival of Children’s Theatre” di Lingen (Ems)- Germany, tahun 2006. Juga pernah mengikuti Festival Teater Anak-anak se- Asia-Pacific ("The Asia Pacific Of Children Theatre", Tayamaken takaoka Bunka Hall - Tayama Japan, 5 August 2004) di Jepang.

Dari berbagai festival teater anak-anak se- dunia yang diikuti, Teater Tanah Air melalui repertoar-repertoarnya dianggap telah membuka cakrawala baru dalam perkembangan teater anak-anak. Masyarakat Teater Anak-anak di Dunia menganggap bahwa Teater Anak-anak di Indonesia telah berkembang sedemikian rupa baiknya, dengan segala inovasi-inovasinya yang segar.

Tapi kenyataannya, kata Jose, tidak seperti yang mereka bayangkan. “Jumlah teater anak-anak di Indonesia masih bisa dihitung dengan jari. Dan kiprahnya hampir tidak ada yang mencuat kepermukaan. Keberadaan teater anak-anak di Indonesia, khususnya di Jakarta masih dianggap sebagai media hiburan semata. Bukan sebagai media pendidikan untuk menempa kepribadian dan aktualitas diri. Itu sebabnya banyak orang tua yang mendaftarkan anak-anaknya ke grup-grup (sanggar-sanggar) teater agar anaknya menjadi bintang sinetron atau bintang iklan,” kata Jose prihatin. (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vivo V15 Pro

Rabu, 20 Maret 2019 - 18:10 WIB

Sebelum Beli Smartphone, Ini Keunggulan Vivo V15 Pro yang Harus Kamu Tau

Vivo V15 Pro bukan hanya mengintegrasikan fitur kamera terbaru untuk selfie atau portrait saja, namun juga semakin eksploratif untuk berbagai kebutuhan mobile photography lainnya dengan fitur-fitur…

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…