Ke Tanjung Lesung, Wisatawan Disuguhi Pemandangan Hutan Mangrove

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 19 Juni 2018 - 10:15 WIB

KEK Tanjung Lesung Pandeglang Banten
KEK Tanjung Lesung Pandeglang Banten

INDUSTRY.co.id - Banten -Libur Lebaran, dimanfaatkan oleh berbagai masyarakat di Indonesia terutama para wisatawan nusantara yang mengunjungi kawasan wisata bahari Tanjung Lesung, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Salah satu destinasi wisata di Tanjung Lesung yakni daerah kehijauan hutan bakau yang tumbuh subur di lahan rawa dan perairan payau yang ada di kiri dan kanan bahu jalan raya sekitar sembilan kilometer menjelang tiba di jalan masuk area destinasi wisata pantai itu.

Hutan bakau (mangrove) yang terbentang ratusan meter di sisi jalan raya sejak sebelum jembatan kedua Desa Ciseket hingga Jembatan Citeureup I, Desa Citeureup, Kecamatan Panimbang itu, menambah pesona sepanjang perjalanan menuju Tanjung Lesung.

Menjelang tiba di jembatan sepanjang 24,9 meter yang menjadi tanggung jawab Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional VI Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat itu, Pemkab Pandeglang memasang papan peringatan agar warga ikut melestarikan bakau.

Papan peringatan yang dipasang instansi terkait di sisi kiri bahu jalan yang telah dilengkapi dinding beton untuk melindungi jalan dari ancaman aasi itu bertuliskan: "Jagalah! Kelestarian mangrove kita untuk generasi sekarang dan yang akan datang".

Menurut literatur, hutan bakau memiliki banyak manfaat. Selain melindungi daratan dari ancaman aasi air laut dan tsunami, hutan bakau juga menjaga mutu air, menjadi habitat berbagai makhluk hidup, dan membantu upaya pengembangan tempat wisata.

Melakukan perjalanan ke Tanjung Lesung dari kawasan wisata pantai Anyer-Karang Bolong-Carita, para wisatawan yang umumnya datang dengan mobil pribadi, bus, dan sepeda motor itu tak hanya disuguhi hutan bakau tetapi juga hamparan sawah yang menghijau.

Hamparan sawah menghijau selain pemandangan pantai, rumah-rumah penduduk, hotel dan aneka penginapan, dan restoran itu mudah dijumpai setelah melintasi gerbang "Selamat Datang di Kabupaten Pandeglang" dengan ikon patung badak jawa bercula satu di bagian atasnya.

Memasuki hari ketiga Lebaran, Minggu, kemacetan panjang menghadang para wisatawan Nusantara yang memadati puluhan destinasi pantai di sepanjang jalur wisata Tanjung Lesung-Carita-Karang Bolong-Anyer, Provinsi Banten.

Kepadatan pengunjung yang umumnya datang dengan mobil pribadi, bus pariwisata dan bus umum antarkota-antarprovinsi, serta sepada motor itu menyebabkan kemacetan hingga belasan kilometer di jalan nasional sepanjang 105 kilometer tersebut.

Akibatnya, waktu tempuh antara Cilegon-Tanjung Lesung mencapai delapan jam. Dalam kondisi lalu lintas normal, jarak tempuh Cilegon-Tanjung Lesung adalah sekitar 2,5 jam. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelatihan tekhnisi AC

Rabu, 19 September 2018 - 21:41 WIB

GMT Institute Dukung Yoofix Sediakan Tenaga Kerja Terampil dan Professional

Kegiatan assessment ini untuk mengetahui kapasitas fixer yang selanjutnya dilakukan pengembangan dan optimalisasi yang akhirnya mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi…

Kementerian Koperasi Gelar Bimtek Pengawsan Koperasi yang dilaksanakan di Gorontalo 19-20 September 2018 ini diikuti Satgas Pengawas Koperasi dan Satgas Pengawas Usaha Simpan Pinjam se Provinsi Gorontalo.

Rabu, 19 September 2018 - 21:34 WIB

Perkuat Pengawasan Koperasi Melalui Peningkatan IT

Kementerian Koperasi dan UKM terus memberikan pembekalan terhadap satuan tugas pengawasan koperasi di daerah terkait pemahaman regulasi. Pembekalan ini sekaligus memberikan dukungan kepada satgas…

Ruben Onsu Selaku Pemilik Geprek Bensu saat menyerahkan secara simbolis hadiah Umroh dan Holy Trip kepada pemenang (Foto: Dok. Geprek Bensu)

Rabu, 19 September 2018 - 21:05 WIB

Geprek Bensu Umumkan Undian Hadiah Umroh dan Holy Trip Kepada Empat Pemenang Beruntung

Outlet Geprek Bensu yang memiliki khas ayam geprek sangat di minati oleh masyarakat luas, BrandGeprek bensu yang berdiri sejak 17 April 2017 ini menargetkan mampu membuka 100outlet di seluruh…

Press conference CDE Product information di JIExpo Kemayoran

Rabu, 19 September 2018 - 20:55 WIB

Terus Berinovasi, Produk CDE Sand Washing Plant PT. Adi Satya Sentosa Jadi Solusi Hindari Illegal Mining

Perusahaan yang bergerak dibidang perusahaan umum hingga ke industri berskala besar, PT. Adi Satya Sentosa terus berinovasi dan mengembangkan diri sebagai instansi penyedia jasa terbaik dibidang…

Citi Indonesia Dukung Penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games

Rabu, 19 September 2018 - 19:00 WIB

Citi Indonesia Dukung Penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games

Citi Indonesia (Citibank) hari ini mengumumkan dukungannya terhadap penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games sebagai Official Sponsor, yang akan berlangsung di Jakarta pada tanggal 6…