Ke Tanjung Lesung, Wisatawan Disuguhi Pemandangan Hutan Mangrove

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 19 Juni 2018 - 10:15 WIB

KEK Tanjung Lesung Pandeglang Banten
KEK Tanjung Lesung Pandeglang Banten

INDUSTRY.co.id - Banten -Libur Lebaran, dimanfaatkan oleh berbagai masyarakat di Indonesia terutama para wisatawan nusantara yang mengunjungi kawasan wisata bahari Tanjung Lesung, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Salah satu destinasi wisata di Tanjung Lesung yakni daerah kehijauan hutan bakau yang tumbuh subur di lahan rawa dan perairan payau yang ada di kiri dan kanan bahu jalan raya sekitar sembilan kilometer menjelang tiba di jalan masuk area destinasi wisata pantai itu.

Hutan bakau (mangrove) yang terbentang ratusan meter di sisi jalan raya sejak sebelum jembatan kedua Desa Ciseket hingga Jembatan Citeureup I, Desa Citeureup, Kecamatan Panimbang itu, menambah pesona sepanjang perjalanan menuju Tanjung Lesung.

Menjelang tiba di jembatan sepanjang 24,9 meter yang menjadi tanggung jawab Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional VI Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat itu, Pemkab Pandeglang memasang papan peringatan agar warga ikut melestarikan bakau.

Papan peringatan yang dipasang instansi terkait di sisi kiri bahu jalan yang telah dilengkapi dinding beton untuk melindungi jalan dari ancaman abrasi itu bertuliskan: "Jagalah! Kelestarian mangrove kita untuk generasi sekarang dan yang akan datang".

Menurut literatur, hutan bakau memiliki banyak manfaat. Selain melindungi daratan dari ancaman abrasi air laut dan tsunami, hutan bakau juga menjaga mutu air, menjadi habitat berbagai makhluk hidup, dan membantu upaya pengembangan tempat wisata.

Melakukan perjalanan ke Tanjung Lesung dari kawasan wisata pantai Anyer-Karang Bolong-Carita, para wisatawan yang umumnya datang dengan mobil pribadi, bus, dan sepeda motor itu tak hanya disuguhi hutan bakau tetapi juga hamparan sawah yang menghijau.

Hamparan sawah menghijau selain pemandangan pantai, rumah-rumah penduduk, hotel dan aneka penginapan, dan restoran itu mudah dijumpai setelah melintasi gerbang "Selamat Datang di Kabupaten Pandeglang" dengan ikon patung badak jawa bercula satu di bagian atasnya.

Memasuki hari ketiga Lebaran, Minggu, kemacetan panjang menghadang para wisatawan Nusantara yang memadati puluhan destinasi pantai di sepanjang jalur wisata Tanjung Lesung-Carita-Karang Bolong-Anyer, Provinsi Banten.

Kepadatan pengunjung yang umumnya datang dengan mobil pribadi, bus pariwisata dan bus umum antarkota-antarprovinsi, serta sepada motor itu menyebabkan kemacetan hingga belasan kilometer di jalan nasional sepanjang 105 kilometer tersebut.

Akibatnya, waktu tempuh antara Cilegon-Tanjung Lesung mencapai delapan jam. Dalam kondisi lalu lintas normal, jarak tempuh Cilegon-Tanjung Lesung adalah sekitar 2,5 jam. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Februari 2019 - 19:35 WIB

Lewat INDI 4.0, Kemenperin Pantau Kesiapan Perusahaan Manufaktur Menuju Industri Keempat

Kementerian Perindustrian gencar melakukan sosialiasi kepada para pelaku industri manufaktur di Indonesia mengenai indikator penilaian penerapan teknologi industri 4.0atau Indonesia Industry…

Vivo V15

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:38 WIB

Segera Hadir di Indonesia, Ini Kelebihan Vivo V15

Vivo mulai memperkenalkan V15 sebagai V-Series terbaru dengantaglineGo Up yang segera hadir di pasar Indonesia dalam waktu dekat.

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu lakukan aksi demo terkait harga avtur

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:27 WIB

Serikat Pekerja Pertamina: Ada Enam Hal Dibalik Gejolak Harga Avtur

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) yang membawahi 19 Serikat Pekerja di lingkungan PT Pertamina (Persero) hari ini menggelar unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Assistant Vice President Marketing Podomoro Golf View, Alvin Andronicus

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:24 WIB

Usung Konsep Eco Living, PGV Sediakan Kawasan Untuk Lahan Terbuka dan Nursery

Gaya hidup ramah lingkungan (eco living) bukan hanya menjadi tren baru di dunia. Akan tetapi, gaya hidup ini sudah menjadi kebutuhan, lantaran diyakini mampu meningkatkan kualitas hidup. Bagi…

MenPAN RB Syarifuddin .memberikan keterangan Pers Usai memberikan SAKIP di Makasar Hari ini

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:11 WIB

Menpan RB, SAKIP Wilayah III Berhasil Hemat Rp 6,9 Triliun

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Drs. Syafruddin M.S.i mengatakan, penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di 186 pemda Wilayah…