Kemanparekraf: 76 Mitra Siap Berkolaborasi dalam Wonderful Indonesia Co-Branding Forum (WICF) 2024

Oleh : Candra Mata | Selasa, 23 April 2024 - 11:11 WIB

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini
Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini

INDUSTRY.co.id - Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) Republik Indonesia melalui Deputi Bidang Pemasaran menyelenggarakan untuk kesekian kalinya Wonderful Indonesia Co-Branding Forum (WICF). Kegiatan yang secara konsisten diadakan setiap tahun sejak 2017 ini bertujuan untuk menyelaraskan rencana kerja dan program baik dari Kemenparekraf maupun seluruh mitra co-branding dalam ranah pemasaran dengan mengusung brand Wonderful Indonesia.

WICF merupakan wadah diskusi interaktif antara Pemerintah dan pelaku usaha di industri pariwisata dan ekonomi kreatif, sebagai wujud komitmen Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI dalam membangun ekosistem pemasaran yang lebih matang dan kokoh, mempertajam program-program promosi dan pemasaran, serta meningkatkan aktivasi kolaborasi yang sinergis. Tahun ini, kemitraan co-branding Wonderful Indonesia akan banyak mengusung tema, konsep, serta program yang terkait pariwisata hijau dan berkelanjutan.

Tujuan utama dari forum ini antara lain (1) Meningkatkan Keterlibatan Mitra: Membangun hubungan yang lebih erat dengan mitra co-branding untuk menciptakan sinergi yang lebih kuat dalam menghadirkan pengalaman pariwisata dan ekonomi kreatif yang unik dan inovatif kepada wisatawan. (2) Memperkuat Program Pemasaran: Mempertajam program-program pemasaran dan promosi yang akan memberikan dampak positif bagi industri pariwisata dan ekonomi kreatif, serta mendorong pertumbuhan ekonomi hijau yang berkelanjutan. (3) Mengidentifikasi Peluang Kolaborasi Baru: Menciptakan ruang untuk berdiskusi dan berbagi ide guna mengidentifikasi peluang kolaborasi baru yang dapat memberikan manfaat maksimal bagi semua pihak terlibat.

Bertempat di Hotel Ashley Jakarta, hadir dalam acara ini antara lain Deputi Bidang Pemasaran, Ibu Ni Made Ayu Marthini, Direktur Komunikasi Pemasaran, Bapak Yohanes De Brito Titus Haridjati, beserta seluruh jajaran Kemenparekraf RI dan juga sebagian besar perwakilan mitra co-branding Wonderful Indonesia. Saat ini, total seluruh mita co-branding Wonderful Indonesia berjumlah 129 yang terdiri atas berbagai variasi latar belakang industri bisnis.

"Tentunya kami berharap selain kerjasama yang berkesinambungan, green economy juga akan termanifestasikan melalui kolaborasi kami dengan para mitra co-branding Wonderful Indonesia, sehingga selaras dengan kebijakan kami", ujar Deputi Bidang Pemasaran, Ibu Ni Made Ayu Marthini. Pariwisata hijau dan berkelanjutan diharapkan mampu diterima dan diimplementasikan oleh seluruh pihak di dalam ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif. Ide tersebut dapat diterjemahkan dalam beberapa poin, yaitu (1) tanggung jawab terhadap lingkungan dan alam, (2) kekuatan ekonomi lokal melalui UMKM, (3) keragaman dan kelestarian budaya yang dimiliki oleh Indonesia, (4) menghadirkan pengalaman berwisata yang berharga dengan keterlibatan seluruh pihak dalam semangat Indonesia Incorporated.

Harapannya di tahun ini, semakin banyak program kolaborasi yang lahir dari kerja sama antara Kemenparekraf dengan para mitra co-branding akan lebih berkesinambungan.  Pada akhirnya, aktivitas yang dilakukan benar-benar meningkatkan daya saing pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia dalam skala global. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kiprah Lebih dari 15 Tahun di Perusahaan Asuransi, Para Agen Ini Raih Penghargaan Honourable Agents

Jumat, 11 Oktober 2024 - 04:53 WIB

Kiprah Lebih dari 15 Tahun di Perusahaan Asuransi, Para Pejuang Asuransi Ini Raih Penghargaan Honourable Agents

Jakarta- Bertempat di Menara Batavia President Lounge, Jakarta, Kamis 10 Oktober 2024, Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia (PAAI), menggelar HUT ke 8-nya dengan mengangkat tema: Agen Asuransi,…

Ale Goes to School ajak ribuan remaja Kota Bandung berani eksplorasi hal baru.

Kamis, 10 Oktober 2024 - 22:33 WIB

Ale-Ale Goes to School, Ribuan Remaja Bandung Diajak Berani Bereksplorasi

Mengusung tema "BERANI COBA, SEGARNYA JUARA", Ale-Ale Goes to School mendorong para remaja agar berani mencoba hal-hal baru dan mengeksplorasi potensi diri.

Kate Spade New York luncurkan koleksi Fall 2024.

Kamis, 10 Oktober 2024 - 22:19 WIB

Kate Spade New York Hadirkan Koleksi Fall 2024 yang Penuh Keceriaan dan Semangat Baru

Dengan memadukan warisan desain klasik merek asal Amerika Serikat ini dan gaya yang playful, koleksi Fall 2024 hadir dengan sentuhan baru yang segar dan tak terduga.

MediaTek luncurkan chipset Dimensity 9400

Kamis, 10 Oktober 2024 - 22:06 WIB

MediaTek Luncurkan Dimensity 9400: Chipset Flagship dengan Performa AI dan Gaming Terdepan

Dirancang dengan fokus pada efisiensi daya dan kemampuan komputasi canggih, chipset MediaTek Dimensity 9400 menghadirkan pengalaman terbaik dalam gaming, AI generatif, dan fotografi berkualitas…

Kampanye Duta Baca Berdaya Dengan Buku di Jambi pada Kamis (10/10/2024).

Kamis, 10 Oktober 2024 - 21:00 WIB

Bangun Masyarakat Cerdas Lewat Literasi, Jambi Dorong Lahir Penulis-Penulis Muda

Membaca adalah cara kita membuka cakrawala dunia, sedangkan menulis adalah langkah nyata untuk mengekspresikan pemikiran dan berbagi pengetahuan.