Kemanparekraf: 76 Mitra Siap Berkolaborasi dalam Wonderful Indonesia Co-Branding Forum (WICF) 2024

Oleh : Candra Mata | Selasa, 23 April 2024 - 11:11 WIB

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini
Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini

INDUSTRY.co.id - Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) Republik Indonesia melalui Deputi Bidang Pemasaran menyelenggarakan untuk kesekian kalinya Wonderful Indonesia Co-Branding Forum (WICF). Kegiatan yang secara konsisten diadakan setiap tahun sejak 2017 ini bertujuan untuk menyelaraskan rencana kerja dan program baik dari Kemenparekraf maupun seluruh mitra co-branding dalam ranah pemasaran dengan mengusung brand Wonderful Indonesia.

WICF merupakan wadah diskusi interaktif antara Pemerintah dan pelaku usaha di industri pariwisata dan ekonomi kreatif, sebagai wujud komitmen Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI dalam membangun ekosistem pemasaran yang lebih matang dan kokoh, mempertajam program-program promosi dan pemasaran, serta meningkatkan aktivasi kolaborasi yang sinergis. Tahun ini, kemitraan co-branding Wonderful Indonesia akan banyak mengusung tema, konsep, serta program yang terkait pariwisata hijau dan berkelanjutan.

Tujuan utama dari forum ini antara lain (1) Meningkatkan Keterlibatan Mitra: Membangun hubungan yang lebih erat dengan mitra co-branding untuk menciptakan sinergi yang lebih kuat dalam menghadirkan pengalaman pariwisata dan ekonomi kreatif yang unik dan inovatif kepada wisatawan. (2) Memperkuat Program Pemasaran: Mempertajam program-program pemasaran dan promosi yang akan memberikan dampak positif bagi industri pariwisata dan ekonomi kreatif, serta mendorong pertumbuhan ekonomi hijau yang berkelanjutan. (3) Mengidentifikasi Peluang Kolaborasi Baru: Menciptakan ruang untuk berdiskusi dan berbagi ide guna mengidentifikasi peluang kolaborasi baru yang dapat memberikan manfaat maksimal bagi semua pihak terlibat.

Bertempat di Hotel Ashley Jakarta, hadir dalam acara ini antara lain Deputi Bidang Pemasaran, Ibu Ni Made Ayu Marthini, Direktur Komunikasi Pemasaran, Bapak Yohanes De Brito Titus Haridjati, beserta seluruh jajaran Kemenparekraf RI dan juga sebagian besar perwakilan mitra co-branding Wonderful Indonesia. Saat ini, total seluruh mita co-branding Wonderful Indonesia berjumlah 129 yang terdiri atas berbagai variasi latar belakang industri bisnis.

"Tentunya kami berharap selain kerjasama yang berkesinambungan, green economy juga akan termanifestasikan melalui kolaborasi kami dengan para mitra co-branding Wonderful Indonesia, sehingga selaras dengan kebijakan kami", ujar Deputi Bidang Pemasaran, Ibu Ni Made Ayu Marthini. Pariwisata hijau dan berkelanjutan diharapkan mampu diterima dan diimplementasikan oleh seluruh pihak di dalam ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif. Ide tersebut dapat diterjemahkan dalam beberapa poin, yaitu (1) tanggung jawab terhadap lingkungan dan alam, (2) kekuatan ekonomi lokal melalui UMKM, (3) keragaman dan kelestarian budaya yang dimiliki oleh Indonesia, (4) menghadirkan pengalaman berwisata yang berharga dengan keterlibatan seluruh pihak dalam semangat Indonesia Incorporated.

Harapannya di tahun ini, semakin banyak program kolaborasi yang lahir dari kerja sama antara Kemenparekraf dengan para mitra co-branding akan lebih berkesinambungan.  Pada akhirnya, aktivitas yang dilakukan benar-benar meningkatkan daya saing pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia dalam skala global. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kendal Industrial Park

Senin, 20 Mei 2024 - 14:33 WIB

Begini Trend Industri Otomotif dan Renewable Energy di Kendal Jawa Tengah

Pemerintah Indonesia saat ini tengah giat mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan (renewable energy) guna menurunkan emisi gas rumah kaca. Berbagai upaya dilakukan pemerintah, seperti…

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP)

Senin, 20 Mei 2024 - 14:31 WIB

Mengusung Produk Baja Ramah Lingkungan, GRP Siap Bersaing di Pasar Baja Dunia

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP) terus menggenjot penjualan baja ke pasar ekspor. Perseroan optimistis prospek dan permintaan ekspor baja pada tahun 2024 masih ada ruang untuk terus bertumbuh.…

TikTok

Senin, 20 Mei 2024 - 12:55 WIB

Analyzing TikTok's Marketing Model

In the digital age, social media platforms have revolutionized marketing strategies, offering innovative ways for brands to connect with their audiences. Among these platforms, TikTok has emerged…

Menhan Prabowo Subiato Hadiri The 10th World Water Forum Yang Dibuka Resmi Presiden Jokowi di Bali

Senin, 20 Mei 2024 - 12:42 WIB

Menhan Prabowo Subiato Hadiri The 10th World Water Forum Yang Dibuka Resmi Presiden Jokowi di Bali

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto menghadiri acara forum air terbesar sedunia, “The 10th World Water Forum (WWF) yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI…

Peresmian Kantor Baru Skinproof

Senin, 20 Mei 2024 - 12:23 WIB

Komitmen Tingkatkan Keamanan dan Inovasi Produk di Industri Kecantikan, Skinproof Buka Kantor Baru di Jakarta

Industri kecantikan secara global maupun nasional tumbuh begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sejalan dengan pertumbuhan tersebut, juga terjadi lonjakan jumlah produk kecantikan yang…