H-2, 42 Kilometer Total Kemacetan di Tol Cipali

Oleh : Herry Barus | Rabu, 13 Juni 2018 - 15:20 WIB

Kemacetan di Tol (Foto Dok BreakingNews)
Kemacetan di Tol (Foto Dok BreakingNews)

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Kemacetan panjang terjadi di ruas Tol Cikopo - Palimanan atau Cipali, Rabu siang, 13 Juni 2018, bertepatan pada H-2 Lebaran yang merupakan puncak mudik fase II.

Berdasarkan data pantauan Posko Angkutan Lebaran 2018 Kementerian Perhubungan, total panjang kemacetan di ruas tol tersebut mencapai 42 kilometer dari panjang tol yang mencapai 116,7 kilometer.

Ketua Harian Posko Direktorat Jendral Hubungan Darat, Nurhadi Unggul Wibowo menjelaskan, total panjang kemacetan tersebut merupakan hasil akumulasi dari kemacetan di sejumlah ruas jalan mendekati rest area di sepanjang Tol Cipali. Mulai dari KM 13 hingga KM 86.

"Jadi, kalau info Jasa Marga tadi itu macetnya dari KM 13 sampai rest area KM 39, kemudian macet lagi KM 47 sampai KM 57, karena ada rest area, kemudian macet lagi KM 68 sampai KM 72, kemudian tersendat lagi hingga KM 86 merayap," katanya saat ditemui di Posko Angkutan Lebaran Kemenhub, Rabu, 13 Juni 2018.

Pemudik juga mengalami kemacetan di ruas Tol Cikampek sejak malam hingga siang hari ini. Peningkatan kendaraan pada puncak arus mudik fase II ini terlihat dari antrean kendaraan di pintu Tol Cikarang Utama.

Titik kepadatan bahkan telah terjadi sejak KM 7 atau sekitar wilayah Jati Bening.

"Cikarut kemacetannya dari KM 21 sampai KM 41, antreannya 20 kilometer. Kecepatan rata-rata sampai 10 km per jam," katanya.

Sementara kepada Vivanews, Humas Jasa Marga, Irwansyah mengatakan,  dari data yang telah masuk ada peningkatan kendaraan yang jumlahnya mencapai 104 ribu kendaraan dari prediksi awal yang hanya 92 ribu kendaraan.

"Ada peningkatan 104 ribu kendaraan dari 92 ribu yang diprediksi awal. Kepada mulai terjadi sejak pagi," katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:35 WIB

Kemeneperin Bidik Industri Perhiasan Tumbuh 5 Persen

Kementerian Perindustrian terus mendorong penguatan branding produk perhiasan Indonesia agar lebih berdaya saing di tingkat global.

Peluncuran Kampanye #KomuterTegar Redoxon

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:30 WIB

Kampanye #KomuterTegar Redoxon, Siapkan Komuter Indonesia untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Sehat dan Kuat

Redoxon, merek vitamin daya tahan tubuh terkemuka dari Bayer. hari ini meluncurkan kampanye #KomuterTegar guna menyebarluaskan kesadaran kepada para komuter di Indonesia untuk menjaga daya tahan…

Jenius solusi life financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy.

Sabtu, 19 Januari 2019 - 17:53 WIB

Jenius Hadirkan Solusi Dongkrak Penetrasi Keuangan di Jawa Timur

Diciptakan melalui semangat kokreasi, Jenius terus berinovasi menciptakan fitur-fitur unik sebagai solusilife financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy. Setelah diperkenalkan kepada…

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:49 WIB

Pemangkas Rambut Garut Mendapat Akses KPR Subsidi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperluas jangkauan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang bisa menikmati subsidi rumah seperti program KPR Fasilitas Likuiditas…

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:23 WIB

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Salah satu Rusun yang dibangun tahun 2018 adalah Rusun Pondok Pesantren Darul Arqom di Desa Ngamplangsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.