ESDM: Cadangan Listrik di Bali 46 Persen

Oleh : Hariyanto | Jumat, 08 Juni 2018 - 17:15 WIB

Pembangkit Listrik di Indonesia
Pembangkit Listrik di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengungkapkan cadangan daya listrik di Pulau Bali cukup tinggi yakni mencapai 46 persen saat libur Lebaran 2018.

"Listrik di Bali saat libur Lebaran punya 'reserve margin' (cadangan listrik) sebesar 46 persen atau lebih tinggi dari rata-rata nasional sebesar 30 persen. Jadi, insya Allah aman untuk Lebaran dan bulan-bulan berikutnya," ujarnya saat kunjungan kerja di Badung, Bali, Kamis seperti disampaikan dalam rilis di Jakarta, Kamis (7/6/2018)

Menurut Wamen, beban puncak listrik di Bali yang mencapai 863 MW diperkirakan akan turun menjadi 752 MW saat libur Idul Fitri.

Pemerintah, lanjutnya, akan terus memantau ketersediaan stok listrik maupun BBM agar masyarakat dapat merayakan Lebaran dengan aman dan nyaman.

Sementara itu, Kepala PT PLN (Persero) Distribusi Bali Nyoman Astawa menambahkan pasokan listrik di Bali berasal dari PLTU Celukan Bawang sebesar 380 MW, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel dan Gas (PLTDG) Pesanggaran 340 MW, Pusat Listrik Tenaga Gas (PLTG) Gilimanuk 130 MW, dan PLTD Pemaron 80 MW.

Ditambah, pasokan dari kabel laut interkoneksi Jawa-Bali sebesar 320 MW.

"Jadi, total pasokan dari pembangkitan dan kabel laut mencapai 1.280 MW. Dengan beban puncak sebesar 863 MW, maka akan tersedia cadangan sebesar 417 MW," katanya.

Kelistrikan di Bali juga disuplai 16 gardu induk dengan beban trafo rata-rata di bawah 60 persen.

"Jadi, masih aman apabila terjadi satu unit trafo kami mengalami gangguan," lanjutnya.

Astawa juga mengatakan PLN Bali menjamin keamanan pasokan listrik pada malam takbiran hingga pelaksanaan shalat Ied di seluruh Bali.

"Semua titik-titik shalat Idul Fitri di seluruh kota, yang menjadi pusat perayaan Lebaran di Bali akan dipantau ketersediaan pasokan listriknya," tambahnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Suasana diskusi yang bertajuk “Kasus Privatisasi JICT Jilid II (2015-2039), Kemana Pemerintah dan KPK” yang digelar Serikat Pekerja (SP) JICT di Hotel Sunlake, Sunter, Jakarta, Kamis (21/03/2019) petang.

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:49 WIB

Pakar Hukum UGM: Perpanjangan Kontrak Pelindo II dan Hutchison Ports Tetap Sah

Oce Madril, pakar Tindak Pidana Korupsi Universitas Gajah Mada (UGM), menilai perjanjian perpanjangan kontrak PT Jakarta International Container Terminal (JICT) antara PT Pelindo II dan Hutchison…

Tommy Soeharto Ketum Partai Berkarya (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:00 WIB

Tommy Soeharto: Kami Hadir Memberi Bukti, Bukan Janji

Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto mengatakan partainya berkomitmen memberi solusi dan bukti, bukan janji, untuk meningkatkan produksi pangan nasional.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Jumat, 22 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong IKM Logam Perluas Kemitraan Dengan Perusahaan Otomotif

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menegah dan Aneka (IKMA) meenggelar acara Kick-Off IKM dalam Supply Chain Industri Otomotif Nasional.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ketika mengunjungi sentra IKM logam Ngingas, Sidoarjo, Jawa Timur

Jumat, 22 Maret 2019 - 18:18 WIB

IKM Siap Berkontribusi dalam Rantai Pasok Industri Otomotif Nasional

Industri Kecil Menengah (IKM) siap berkontribusi dalam rantai pasok industri otomotif nasional yang diwujudkan melalui keberhasilan Koperasi Batur Jaya (KBJ) yang sejak awal Januari 2019 berhasil…

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Jumat, 22 Maret 2019 - 18:00 WIB

Tingkat Layanan Jalan Tol, Menteri Rini Ikut Simulasi RFID Jasa Marga

PT Jasa Marga Tbk menggelar simulasi transaksi nir sentuh berbasis Radio-Frequency Identification (RFID) atau Single Lane Free Flow (SLFF) untuk meningkatkan layanan dan kenyamanan bagi para…