Walubi: Umat Berdoa untuk Perdamaian Saat Waisak

Oleh : Herry Barus | Senin, 28 Mei 2018 - 06:00 WIB

Biksu di candi Mendut Jawa Tengah (Foto Dok Industry.co.id)
Biksu di candi Mendut Jawa Tengah (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Magelang- Umat Buddha berdoa untuk terwujudnya kehidupan bersama yang penuh perdamaian di Indonesia dalam rangkaian perayaan Waisak 2018 di Candi Borobudur dan Candi Mendut Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

"Memang hidup tujuannya adalah untuk damai. Untuk itu kami selalu mendoakan (terwujudnya perdamaian, red.)," kata Pelaksana Harian Perwakilan Umat Buddha Indonesia Biksu Pabhakaro Thera di Magelang, Minggu (27/5/2018) terkait dengan perayaan Waisak 2018.
 

Ia mengatakan bahwa berdasarkan ajaran Sang Buddha, setiap orang tidak ingin hidup menderita akan tetapi mendambakan kebahagiaan.

Umat Buddha, ujar dia setelah prosesi penyemayaman api dharma Waisak di Candi Mendut Kabupaten Magelang, selalu berdoa agar semua makhluk hidup berbahagia.

Terkait dengan situasi kehidupan bersama saat ini yang sering ditandai tindakan intoleransi, katanya, umat Buddha menyatakan keprihatinannya karena hal tersebut tidak diharapkan.

"Kami sangat prihatin, tapi untuk menyikapi hal ini, kami umat Buddha selalu berdoa, mendoakan semoga mereka-mereka yang melakukan sesuatu yang merugikan orang lain, bahkan negeri ini, kami doakan agar mereka cepat sadar dan kembali ke jalan yang benar," ujar dia.

Ketua Walubi Jawa Tengah David Hermanjaya seperti dilansir Antara mengemukakan pentingnya umat Buddha bersabar dan bertindak bijaksana dalam menyikapi situasi kehidupan bersama yang akhir-akhir ini sering ditandai dengan tindakan intoleransi, kekerasan, dan terorisme.

"Kita harus sabar dan bertindak bijaksana menyikapi siatuasi ini. Mudah-mudahan saudara-saudara kita mendapat jalan yang benar. Kita doakan saja," katanya.

Terkait dengan tahun politik, David mengemukakan bahwa umat Buddha harus menggunakan hak politiknya sesuai dengan hati nurani dengan ikut memilih para pemimpin.

 "Demokrasi ini milik kita, kalau kita tidak menggunakan hak ya kurang 'bener' (benar)," katanya.

Ia juga mengharapkan pesta demokrasi baik pemilihan kepala daerah secara serentak pada 2018 maupun pemilu presiden dan pemilu legislatif pada 2019 berjalan dengan lancar, aman, dan tertib.

Umat Buddha Indonesia bersama para biksu sangga Walubi melaksanakan rangkaian Trisuci Waisak 2018 yang dipusatkan di Candi Mendut dan Borobudur Kabupaten Magelang. Tema Waisak 2018 "Transformasikan Kesadaran Delusi Menjadi Kesadaran Murni", sedangkan subtema "Marilah Kita Bersama-sama Berjuang Mengalahkan Sang Ego".

Puncak Waisak 2018 jatuh pada Selasa (29/5/2018) pukul 21.19.13 WIB ditandai dengan meditasi selama beberapa saat oleh umat Buddha bersama para biksu di pelataran Candi Borobudur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta (Foto Dok Industry.coid)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:15 WIB

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta

Shopee, platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, berkolaborasi dengan Facebook untuk menggelar kelas lanjutan dari Kampus Shopee di salah satu komunitas penjual terbesar di…

 Achmad Zaki selaku CEO Bukalapak (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:58 WIB

Bukalapak Medan Rayakan Tiga Tahun Ngelapak Bersama Masyarakat

Komunitas Bukalapak Medan kemarin menggelar puncak perayaan ulang tahun yang ke-3 dengan meriah di Taman Hairos, Deli Serdang. Genap 3 tahun ngelapak bersama, pada perayaan ulang tahun kali…

Kerja sama BRI dan IDI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:40 WIB

Garuda dan BRI Ajak Penumpang Berikan Donasi Terbangkan Relawan IDI

Maskapai Nasional Garuda Indonesia berkerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menerbangkan sedikitnya 23 tenaga medis yang berasal dari "Ikatan Dokter Indonesia" (IDI) dalam sinergi misi…

Ilustrasi Industri Baja

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:22 WIB

Pemerintah Ingin Mahasiswa Siap Hadapi Era Industri 4.0

Dirjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin menginginkan mahasiswa mempersiapkan diri menghadapi era revolusi industri 4.0 seperti yang telah…

Marketplace Lazada menjajaki kerja sama dengan penyedia jasa logistik JNE memberikan fasilitas pengiriman barang secara cashless bagi para seller Lazada. (Dok:INDUSTRY.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:12 WIB

Lebih Efesien, Kini Lazada Terapkan Cashless bagi UMKM

Marketplace Lazada menjajaki kerja sama dengan penyedia jasa logistik JNE memberikan fasilitas pengiriman barang secara cashless bagi para seller Lazada.