API Perkirakan Ekspor TPT ke AS Tahun Ini Capai US$4,8 Miliar

Oleh : Hariyanto | Jumat, 27 Januari 2017 - 14:15 WIB

Produksi tekstil (vov5)
Produksi tekstil (vov5)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) memperkirakan, ekspor tekstil dan produk tekstil (TPT) Indonesia ke Amerika Serikat (AS) tahun ini mencapai US$4,8 miliar atau 39% dari total ekspor TPT nasional.

"Kontribusi ekspor tersebut naik 2% hingga 3% dari tahun lalu sebesar 36%. Keputusan AS untuk keluar dari kerja sama Trans Pacific Partnership (TPP) justru menguntungkan industri tekstil kita, karena sekarang kita dapat bersaing dengan tarif yang sama dengan negara eksportir TPT lainnya," kata Ketua Umum API, Ade Sudrajat di Jakarta, Jumat (27/1/2017).

Menurut Ade, selama ini produk TPT Indonesia dikenakan bea masuk 10% di pasar AS, sementara negara-negara seperti Vietnam dan Malaysia bisa menikmati bea masuk 0% karena menjadi negara anggota TPP.

"Kebijakan Presiden Trump keluar dari TPP menguntungkan Indonesia, jadi persaingannya apple to apple. Tadinya harus bayar 10%, sementara yang lainnya 0%," ujar Ade.

Ade optimistis, ekspor TPT ke AS bakal membaik tahun ini, seiring mulai berdatangannya order dari negara tersebut.

"Buyer sudah banyak yang berdatangan, dari segi gairah, terlihat lebih baik dari tahun lalu," ujarnya.

Ade menambahkan, meski memiliki kesempatan lebih besar persaingan untuk masuk ke pasar AS tetap ketat. Pemerintah harus lebih gencar melakukan promosi dagang dan memanfaatkan momentum ini.

"Ini kesempatan dan harus lebih agresif ikut pameran, karena 2017 banyak yang dibatalkan akibat pemotongan anggaran," tutur Ade.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wamen ESDM Arcandra Tahar

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:30 WIB

Arcandra Tahar Harapkan BLU Ubah Human Resources Jadi Human Capital

Arcandra mengungkapkan paradigma manajemen sumber daya manusia saat ini telah berubah dari human resouces menjadi human capital, manusia itu tidak lagi menjadi pekerja pasif, tetapi secara aktif…

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih bersama Ketua Kadin Provinsi DKI Jakarta, Eddy Kuntadi, serta Direktur IKM Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan Kemenperin, E. Ratna Utarianingrum (Foto: Biro Humas)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:10 WIB

Kemenperin Targetkan 18 Pondok Pesantren Akan Jadi Percontohan Program Santripreneur pada 2018

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan 18 pondok pesantren yang akan menjadi percontohan dalam pelaksanaan program Santripreneur pada tahun 2018. Pondok pesantren tersebut meliputi…

Kendall Jenner (Foto Ist)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:10 WIB

Intip Koleksi Fashion dari Kendall Jenner, Ada yang Seharga DP Mobil!

Siapa yang tidak mengenal model cantik mancanegara, Kendall Jenner. Postur tubuh yang sempurna dan paras yang cantik, menjadikan Kendall Jenner sebagai kiblat fashion untuk kalangan millenial.

Presiden Jokowi dan Jalan tol (Foto : Biro Pers Setpres)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:04 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Tol Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni- Terbanggi Besar segmen Pelabuhan Bakauheni - Simpang Susun Bakauheni dan segmen Lematang-Kotabaru di Bakauheni Lampung…

Wuling Cortez (Foto: Dok. Wuling Motors)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:00 WIB

Gebrakan Awal Tahun, Wuling Berikan Penawaran Khusus Bagi Pemesan Perdana Seri Cortez

Produsen mobil asal Tiongkok, Wuling Motors (Wuling) sedah mulai membuka keran pemesanan untuk seri Wuling Cortez, yang merupakan produk kedua Wuling setelah seri Confero.