API Perkirakan Ekspor TPT ke AS Tahun Ini Capai US$4,8 Miliar

Oleh : Hariyanto | Jumat, 27 Januari 2017 - 14:15 WIB

Produksi tekstil (vov5)
Produksi tekstil (vov5)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) memperkirakan, ekspor tekstil dan produk tekstil (TPT) Indonesia ke Amerika Serikat (AS) tahun ini mencapai US$4,8 miliar atau 39% dari total ekspor TPT nasional.

"Kontribusi ekspor tersebut naik 2% hingga 3% dari tahun lalu sebesar 36%. Keputusan AS untuk keluar dari kerja sama Trans Pacific Partnership (TPP) justru menguntungkan industri tekstil kita, karena sekarang kita dapat bersaing dengan tarif yang sama dengan negara eksportir TPT lainnya," kata Ketua Umum API, Ade Sudrajat di Jakarta, Jumat (27/1/2017).

Menurut Ade, selama ini produk TPT Indonesia dikenakan bea masuk 10% di pasar AS, sementara negara-negara seperti Vietnam dan Malaysia bisa menikmati bea masuk 0% karena menjadi negara anggota TPP.

"Kebijakan Presiden Trump keluar dari TPP menguntungkan Indonesia, jadi persaingannya apple to apple. Tadinya harus bayar 10%, sementara yang lainnya 0%," ujar Ade.

Ade optimistis, ekspor TPT ke AS bakal membaik tahun ini, seiring mulai berdatangannya order dari negara tersebut.

"Buyer sudah banyak yang berdatangan, dari segi gairah, terlihat lebih baik dari tahun lalu," ujarnya.

Ade menambahkan, meski memiliki kesempatan lebih besar persaingan untuk masuk ke pasar AS tetap ketat. Pemerintah harus lebih gencar melakukan promosi dagang dan memanfaatkan momentum ini.

"Ini kesempatan dan harus lebih agresif ikut pameran, karena 2017 banyak yang dibatalkan akibat pemotongan anggaran," tutur Ade.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemenang Favorite Booth APM GIIAS 2017 berfoto bersama

Minggu, 20 Agustus 2017 - 14:12 WIB

17 Ribu Unit Kendaraan Terjual dalam Pameran GIIAS 2017

Rizwan Alamsjah, Ketua Penyelenggara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 mengungkapkan rasa syukurnya terhadap penyelenggaraan GIIAS tahun ini. Berlangsung selama dua pekan,…

Dr. Maria Jacinta Arquisola, BA, MHRM Dosen President University Wakili Indonesia di Konferensi Internasional Jerman terkait Kepemimpinan Perempuan

Minggu, 20 Agustus 2017 - 13:52 WIB

Dosen President University Wakili RI di Konferensi Internasional

Kebanggaan dirasakan oleh President University karena memiliki seorang Dr. Maria Jacinta Arquisola, BA, MHRM.

Tidung Festival 2017 (Ist)

Minggu, 20 Agustus 2017 - 12:20 WIB

Warna-Warni Perahu dan Homestay Meriahkan Tidung Festival 2017

Penyelenggaraan Tidung Festival 2017 tahun ini, menghadirkan berbagai serangkaian kegiatan yang menarik dan unik. Para masyarkatpun antusias mengikuti kegiatan tersebut dengan ikut serta dalam…

Aktivis Perdamaian Korea Teguh Santosa

Minggu, 20 Agustus 2017 - 10:24 WIB

Teguh Santosa Apresiasi Penegasan Presiden Moon Tidak Ingin Tercipta Perang Semenanjung Korea

Sekjen Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Korea, Teguh Santosa menyambut baik penegasan Presiden Republik Korea Moon Jaein yang tidak menginginkan perang kembali melanda di Semenanjung Korea.

SK-II Masterpiece. (Foto: IST)

Minggu, 20 Agustus 2017 - 10:23 WIB

Perawatan Kulit Mewah SK-II Bertajuk Masterpiece Pitera

Memiliki kulit wajah yang cerah berseri, kenyal, dengan tekstur yang lembut merata, tentu telah menjadi impian setiap wanita. Dan untuk mewujudkannya, SK-II terus melakukan inovasi dengan berbekal…