API Perkirakan Ekspor TPT ke AS Tahun Ini Capai US$4,8 Miliar

Oleh : Hariyanto | Jumat, 27 Januari 2017 - 14:15 WIB

Produksi tekstil (vov5)
Produksi tekstil (vov5)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) memperkirakan, ekspor tekstil dan produk tekstil (TPT) Indonesia ke Amerika Serikat (AS) tahun ini mencapai US$4,8 miliar atau 39% dari total ekspor TPT nasional.

"Kontribusi ekspor tersebut naik 2% hingga 3% dari tahun lalu sebesar 36%. Keputusan AS untuk keluar dari kerja sama Trans Pacific Partnership (TPP) justru menguntungkan industri tekstil kita, karena sekarang kita dapat bersaing dengan tarif yang sama dengan negara eksportir TPT lainnya," kata Ketua Umum API, Ade Sudrajat di Jakarta, Jumat (27/1/2017).

Menurut Ade, selama ini produk TPT Indonesia dikenakan bea masuk 10% di pasar AS, sementara negara-negara seperti Vietnam dan Malaysia bisa menikmati bea masuk 0% karena menjadi negara anggota TPP.

"Kebijakan Presiden Trump keluar dari TPP menguntungkan Indonesia, jadi persaingannya apple to apple. Tadinya harus bayar 10%, sementara yang lainnya 0%," ujar Ade.

Ade optimistis, ekspor TPT ke AS bakal membaik tahun ini, seiring mulai berdatangannya order dari negara tersebut.

"Buyer sudah banyak yang berdatangan, dari segi gairah, terlihat lebih baik dari tahun lalu," ujarnya.

Ade menambahkan, meski memiliki kesempatan lebih besar persaingan untuk masuk ke pasar AS tetap ketat. Pemerintah harus lebih gencar melakukan promosi dagang dan memanfaatkan momentum ini.

"Ini kesempatan dan harus lebih agresif ikut pameran, karena 2017 banyak yang dibatalkan akibat pemotongan anggaran," tutur Ade.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi dan Deputi PM Singapura (Foto Setkab)

Jumat, 20 Juli 2018 - 06:08 WIB

Tingkatkan Investasi KIP, Deputi PM Singapura Temui Presiden Jokowi

Deputi Perdana Menteri dan Menteri Koordinator Bidang Keamanan Nasional Singapura Teo Chee Hean menemui Presiden Joko Widodo salah satunya membahas perihal investasi di Kendal Industrial Park…

Mochtar Ngabalin Perkuat Tim Tenaga Ahli KSP, Komisaris AP1 (Foto Tribun)

Jumat, 20 Juli 2018 - 05:54 WIB

Pengeritik Jokowi, Sekarang Komisasris Angkasa Pura 1

Kementerian BUMN merombak susunan komisaris PT Angkasa Pura I (Persero) dengan memasukkan tiga nama baru yaitu Djoko Sasono, Tri Budi Satriyo, dan Ali Mochtar Ngabalin.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

Kamis, 19 Juli 2018 - 22:40 WIB

Aksi Teroris Ancaman Utama Asian Games 2018

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menilai terorisme menjadi ancaman paling diantisipasi oleh jajarannya dalam persiapan pengamanan Asian Games 2018 yang tinggal sebulan lagi.

Partai Golkar (Foto Ist)

Kamis, 19 Juli 2018 - 22:20 WIB

ICW Anggap Golkar Berkilah Soal Caleg Mantan Koruptor

Wakil Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Ade Irawan menilai alasan Partai Golkar tetap mengajukan sejumlah bekas narapidana korupsi sebagai calon anggota legislatif pada Pemilu 2019…

Partai Golkar (Foto Ist)

Kamis, 19 Juli 2018 - 22:00 WIB

Golkar Tetap Calonkan Mantan Napi Korupsi, Ini Alasannya

DPP Partai Golkar memiliki alasan mengapa tetap mencalonkan sejumlah mantan narapidana korupsi sebagai calon anggota legislatif di Pilpres 2019.