Warga Satu Kampung Menjadi Pengrajin Kolang Kaling

Oleh : Herry Barus | Minggu, 20 Mei 2018 - 17:39 WIB

Kolang Kaling (Foto Dok Industry.co.id)
Kolang Kaling (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Cianjur- Warga satu kampung di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, menjadi pengrajin kolang kaling selama bulan puasa untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal dan Jabodetabek.

Bulan suci Ramadhan menjadi berkah tersendiri bagi sebagian besar warga Kampung Kedunghilir, Desa Sukanamah, Kecamatan Cugenang, yang lebih dikenal Kampung Curuluk atau kolang kaling.

Pasalnya setiap bulan puasa pesanan curuluk atau kolang kaling dari wilayah tersebut meningkat tajam. Satu orang pengusaha dapat memenuhi pesanan hingga 1 ton setiap pekan, untuk pasar lokal dan luar Cianjur.

"Mungkin sudah menjadi tradisi tahunan setiap masuk bulan puasa, hampir semua penduduk menjadi pengrajin kolang kaling musiman, untuk memenuhi pesanan dari berbagai pasar di Cianjur dan Jabodetabek," kata Asep Jaenudi, Minggu (20/5/2018) .

Untuk memenuhi pesanan tersebut, biasanya para pengrajin melibatkan anggota keluarganya atau warga lainnya dalam memproduksi bahan makanan yang terbuat dari buah aren tersebut.

"Bahkan tidak hanya orang tua, anak usia sekolah pun di kampung ini, setiap harinya turut membantu orang tuanya dalam pengolahan sampai pengemasan agar mendapat tambahan uang jajan," katanya.

Proses pembuatan pengrajin masih menggunakan alat sederhana, buah aren yang sudah dipetik dari pohon selanjutnya direbus hingga matang, setelah matang dikupas dan ditumbuk terlebih dahulu agar terlihat pipih dan teksturnya kenyal.

"Paling sedikit dalam seminggu kami bisa memproduksi dua hingga tiga kuintal kolang kaling. Kalau lagi ramai bisa mencapai 1 ton, harga kolang kaling saat ini Rp10.000 per kilogram," katanya.

Hal senada terucap dari Lilis (35) pengrajin lainnya mengatakan, masuknya bulan puasa mendatangkan rejeki untuk warga kampung yang mendapat tambahan pencarian dari menjual kolang kaling.

"Semuanya bekerja mengolah kolang kaling, mulai dari mencari bahan, menumbuk sampai proses penjualan. Bulan puasa menjadi berkah tersendiri bagi warga, ketika warga lain sibuk bekerja keluar kota, warga kami sebaliknya," kata Lili. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wisata Kapal Layar (Foto ist)

Selasa, 20 November 2018 - 11:29 WIB

Nias Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Sail Indonesia 2019

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek, dan Budaya Maritim menunjuk Nias, Sumatra Utara, sebagai kandidat tuan rumah Sail Indonesia 2018.

Logo Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) (hukumonline)

Selasa, 20 November 2018 - 11:06 WIB

YLKI Terima 72 Aduan Terkait Fintech

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengaku telah menerima 72 pengaduan konsumen terkait layanan finansial teknologi sepanjang tahun 2018. Dan tercatat ada 29 Fintech yang diadukan kepada…

CEO Bank Sleman, Muhammad Sigit (tengah), menerima Penghargaan Bank Terbaik, yang diserahkan Pendiri Indonesia-Asia Institute - Economic Review Hj.RAy. Irlisa Rachmadiana,S.Sn,MM dan disaksikan oleh Ketua Dewan Juri-APBI-VII-2018 Prof.Dr.Ir.Marsudi W

Selasa, 20 November 2018 - 11:02 WIB

Inilah Perbankan Terbaik Indonesia Peraih APBI-VII-2018 & ABPRI-VI-2018

Era Disrupsi digital membuat bank harus mengubah cara berpikir, sehingga lebih dinamis dalam dan aktif mencari konsumen, untuk terus berinovasi dalam menghadapi disrupsi Digital. Inilah perusahaan…

Kemenpar branding Wonderful Indonesia melalui bus double decker jurusan City-Mona Vale Sydney.

Selasa, 20 November 2018 - 10:37 WIB

Makin Agresif, Bus Wisata Wonderful Indonesia Keliling Australia

Promosi Wonderful Indonesia tidak henti-hentinya dilakukan Kementerian Pariwisata. Kali ini Australia menjadi target. Caranya, dengan mem-branding bus double decker jurusan City-Mona Vale Sydney.…

Di ajang Indonesia Modification Expo 2018, Suzuki pamerkan Suzuki All New Ertiga berjiwa muda dan dinamis

Selasa, 20 November 2018 - 10:26 WIB

Suzuki All New Ertiga Tampil Trendi dan Berjiwa Muda di Ajang Modifikasi Expo

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali hadir dalam ajang Indonesia Modification Expo 2018. Dalam ajang kali ini Suzuki berkolaborasi dengan Jakarta Sneaker Day untuk menyulap tampilan All New…