Sinergi PT PP Properti dan PT Jababeka Kembangkan Little Tokyo, Hunian Modern Berkelas Internasional

Oleh : Hariyanto | Kamis, 19 April 2018 - 14:05 WIB

Sinergi PT PP Properti dan PT Jababeka Kembangkan Little Tokyo (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Sinergi PT PP Properti dan PT Jababeka Kembangkan Little Tokyo (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dua pengembang properti terkemuka di Indonesia, PT PP Properti, Tbk (PPRO) dan PT Jababeka, Tbk (KIJA) melakukan sinergi dengan mendirikan PT PP Properti Jababeka Residence yang akan mengembangkan Litle Tokyo, hunian vertikal terpadu diatas lahan seluas 4,6 hektare yang berlokasi di jantung Kota Jababeka, Cikarang.

Hingga tahun 2017 PPRO telah mengembangkan lebih dari 30 proyek yang terbagi atas 3 segmen yaitu Residensial, Komersial dan Hospitality. Proyek-proyek yang sedang dikembangkan diantaranya berada di Kawasan Grand Kamala Lagoon, Bekasi; Grand Sungkono Lagoon dan Grand Shamaya di Surabaya; Amartha View di Semarang serta di kota-kota besar lainnya.

“Saat ini PPRO fokus dengan segmen kelas menengah dengan tetap menyasar segmen kelas atas,” ujar Direktur Utama PPRO Taufik Hidayat disela-sela acara peluncuran Little Tokyo, Meet and Learn from The Master, The Hall 8th, Senayan City, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Sebagai kota mandiri terintegrasi, Kota Jababeka didukung dengan fasilitas yang lengkap untuk aktivitas bisnis dan keperluan sehari hari. Berbagai fasilitas komersial penunjang kegiatan bisnis pun turut dikembangkan seperti area CBD mecakup perbankan, ritel dan fasilitas kesehatan berua 3 rumah sakit bertaraf internasional, 9 hotel bintang 4, serta 16 lembaga pendidikan berstandar nasional maupun internasional seperti President University yang memiliki 7.000 mahasiwa aktif, BPK Penabur, Santo Leo dan Sekolah lainya.

Selain itu, pembangunan fasilitas gaa hidup di Kawasan Kota Jababeka juga tidak kalah agresif. Kawasan Jababeka Residence dilengkapi berbagai fasilitas olah raga dan rekreasi yang meliputi Jababeka Golf & Country Club, Stadion Wibawa Mukti Jababeka serta venue acara berskala besar, Jababeka Convention Center.

Pada tahun 2017 Jababeka menambah fasilitas pendukung seperti Hollywood Junction yang diperuntukan bagi tenant kuliner, showroom Toyota, pengembangan gedung baru sekolah BPK Penabur senilai Rp50 miliar.

Di akhir tahun 2017, juga dilakukan pemasamgan tiang pancang untuk Living World Plaza Jababeka sebagai pusat hiburan keluarga serta outlet Ace Hardware dan Informa furniture yang menyusul pusat perbelanjaan yang sudah dimulai Pembangunanya di seperti Mayfair di Plaza Indonesia Jababeka yang terletak tepat diseberang Little Tokyo. 

Faktor lain yang menjadikan Kota Jababeka sebagai kota mandiri yang prospektif untuk investasi adalah maraknya pembangunan disisi timur Jakarta seperti elevated toll road yang ditargetkan rampung pada 2019, MRT yang akan dimulai pengerjaanya pada 2019, serta rencana pembangunan LRT yang akan diperpanjang jalurnya dari Jakarta-Bekasi Timur menuju cikarang yang menghabiskan total investasi lebih dari Rp40 triliun untuk Infrastruktur tersebut.

Selain itu ada juga pembangunan infrastruktur komersial seperti Bandara Kertajati di Majalengka dan Pelabuhan Patimban yang diperkirakan akan beroperasi Maret 2019. Pembangunan Infrastruktur tersebut melengkapi Infrastruktur dan moda transportasi yang sudah ada di Kota Jababeka, seperti 3 akses pintu tol Jakarta-Cikampek, Stasiun KRL Commuter Line Cikarang, Stasiun Lemah Abang, dan Bus Jabodetabek Residence (JR) Connexion.

“Gencarnya pembangunan infrastruktur dan fasilitas didalam dan diluar kawasan membuat Kota Jababeka menjadi tujuan utama investor property saat ini. Terlebih, Kota Jababeka menawarkan capital gain dan rental yield hingga 12% per tahunnya. Kami bangga bahwa investor dan pengembang nasional sepeni PPRO percaya pada potensi yang dimiiiki Kota Jababeka dan bekerjasama dengan kami untuk mengembangkan Little Tokyo,” ujar Presiden Direktur Jababeka Residence, Sutedja S. Darmono.

Berada di kawasan internasional dengan fasilitas yang memadai meningkatkan potensi jual beli dan sewa bagi Little Tokyo. Presiden Direktur PT PP Properti Jababeka Residen Harris Amin Singgih mengatakan bahwa saat ini target pasar Little Tokyo terbagi kedalam dua kategori, yaitu pekerja asing dan lokal yang bekerja di dalam Kawasan lndustri Jababeka.

"Kemudian ada juga target pasar dari kalangan mahasiswa President University yang berjumlah ribuan serta banyak yang berasal dari luarkota. Target berikutnya adalah end user dan investor. Selain mendapat hunian yang nyaman dan lengkap, juga memiliki nilai investasi yang tinggi,” jelasnya.

Little Tokyo juga akan menjadi solusi bagi tenaga-tenaga ahli asing yang bekerja di Kawasan lndustri Jababeka, karena mereka dapat menyewa apartemen dalam waktu yang lama ketimbang menginap di hotel.

Sesuai namanya, Little Tokyo memiliki konsep pengembangan berstandar Jepang dengan teknologi terbaru dan Eco City Smart Home System. Desain bangunan Little Tokyo dikerjakan oleh firma arsitektur ternama asal Jepang Tange Associates, yang didirikan oleh arsitek peraih penghargaan Pritzker Architecture Pize Laurate tahun 1987, Kenzo Tange. 

Sebagai salah satu arsitek paling berpengaruh pada abad 20, desain Kenzo Tange dikenal memiliki ciri yang khas dengan perpaduan arsitektur Tradisional Jepang dan Modern Barat dalam keindahan bentuk, fungsi ekonomis, fungsi ruang dan system struktur. Berkaca dari cuaca di daerah Cikarang dan sekitamya maka Tange Associates merancang fasad Little Tokyo dengan konsep Chigai Dana yang ditambah dengan fungsi sun shading untuk mereduksi cahaya matahari.

Little Tokyo akan menjadi apartemen superblock pertama di Timur Jakarta yang menerapkan teknologi Smart Living, dimana penghuni dapat menggunakan aplikasi Smartphone untuk mengatur keadaan tempat tinggalnya dari luar, mulai dari pencahayaan ruangan, suhu ruangan, sistem alarm dan video CCTV. Selain teknologi Smart Living, penghuni Little Tokyo dapat menikmati kemewahan fasilitas premium lainnya seperti Sunset Garden Sky Dining, Giant Giga Wi-Fi, Japanese Central Garden, Japanese Mall, Shuttle Bus Feeder, Swimming Pool, Jacuzzi dan masih banyak fasilitas yang terintegrasi dalam kawasan.

Salah satu fitur utama Little Tokyo adalah “Japanese Central Garden“, dibuat sebagai penyeimbang mood penghuninya, terutama bagi penghuni yang juga bekerja di Kawasan lndustri Jababeka yang memiliki mobilitas cukup tinggi. Sadar akan hal ini, Little Tokyo menyediakan area hijau yang dapat memberikan udara segar dan nuansa alami. 

Ruang terbuka hijau ini akan dilengkapi dengan tanaman dan area untuk bersosialisasi, sehingga Japanese Central Garden dapat menjadi sarana rekreasi yang tepat bagi penghuninya. Little Tokyo juga menyiapkan fasilitas gaya hidup berupa Japanese Mall seluas 22.000 m2. Dalam Japanese Mall akan terdapat bioskop yang menayangkan film-film internasional yang cocok untuk menjadi salah satu alternatif hiburan keluarga, playground berstandar internasional bagi anak dengan pilihan permainan yang variatif, kuliner lokal dan Jepang, serta festival kebudayaan Jepang yang akan diadakan setiap tahun nantinya.

Pada tahap awal, Little Tokyo mulai mengembangkan dan memasarkan Shibuya Tower yang terdiri dari 25 lantai. Agar penghuni merasa nyaman, desain interior dirancang tidak hanya untuk memberikan kesan mewah, tetapi juga suasana “rumah” didalamnya dengan aksen kayu yang dominan. Terdapat 3 tipe unit yang dipasarkan di Shibuya Tower Little Tokyo, yaitu 1 Bedroom Deluxe ukuran 30m2 yang cocok eksekutif muda dan mahasiswa, 1 Bedroom Suite ukuran 40m2 yang cocok untuk pengusaha dan ekspatriat, serta 2 Bedroom Suite ukuran 55m2 yang cocok untuk keluarga muda dan pensiunan. Unit Shibuya Tower Little Tokyo dipasarkan dengan harga mulai dari Rp.500 Jutaan dan bisa juga melalui kredit perbankan.

Dalam rangka mensosialisasikan Little Tokyo kepada para agen property dan investor, PT PP Properti Jababeka Residen menggandeng 7 Master Franchise Property Agent yaitu ERA Century21, Ray White, LJ Hooker, Harcourts, REMAX dan PROMEX. Pada 10 April 2018 lalu, CEO Tange Associates, Paul Tange, memberikan pemaparan mengena keunikan desain Little Tokyo kepada para agen property dalam acara Gala Dinner Principal Gathering. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…