PLTU Mamuju Suplai Listrik Industri di Sulawesi Barat

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 Januari 2017 - 12:24 WIB

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 255 Megawatt (MW) di tahun depan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 255 Megawatt (MW) di tahun depan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

INDUSTRY.co.id - Mamuju- Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang dibangun di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, akan menyuplai kebutuhan listrik untuk industri yang ada di wilayah provinsi tersebut.

Pejabat Gubernur Sulbar Carlo Brix Tewu, di Mamuju, Kamis (19/1/2017) kepada Antara  mengatakan, PLTU Mamuju yang dibangun tersebut memiliki kapasitas 2x25 megawatt, dan akan beroperasi pada Desember 2017 mendatang.

Ia mengatakan, pemerintah Sulbar memberikan dukungan terhadap pembangunan PLTU tersebut sehingga ketika terjadi permasalahan dalam pembangunannya akan dicarikan solusi untuk menyelesaikan.

Ia berharap dengan hadirnya PLTU tersebut dapat mendukung pembangunan di Sulbar dan meminta kepada perusahaan pelaksana pembangunan PLTU tersebut agar memanfaatkan sumber daya manusia lokal untuk membangun PLTU tersebut sebagai tenaga kerja.

"Manfaatkan tenaga kerja lokal jangan ambil dari luar, meskipun dari luar handal dan terampil, pekerja lokal daerah ini harus juga diberdayakan kedepannya sebagai tenaga kerja untuk meningkatkan kesejahteraannya," katanya.

Begitu juga kata dia, dengan kebutuhan batu bara untuk pembangkit PLTU tersebut sebaiknya tidak diambil dari luar, namun memanfaatkan sumber daya batu bara yang dimiliki Sulbar ini.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto Ilustrasi Impor Produk E-commerce

Selasa, 18 September 2018 - 20:20 WIB

Kini Impor Barang e-Commerce Seharga US$75 Kena Bea Masuk

Pemerintah bakal mengubah aturan tentang impor barang kiriman lewat e-commerce. Perubahan regulasi itu ditulis melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 112/PMK.04/2018.Ditjen Bea cukai…

Grup Astra Agro Kembali Raih ISPO (Foto Herlambang)

Selasa, 18 September 2018 - 19:50 WIB

Grup Astra Agro Kembali Raih ISPO

Anak-anak perusahaan perkebunan kelapa sawit Grup Astra Agro kembali menerima sertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO).

Dirut BRI Suprajarto dan CEO Lippo Group James T Riady, (Foto Rizki Meirino)

Selasa, 18 September 2018 - 19:45 WIB

Bank BRI-Siloam Hospitals Perkuat Layanan Perbankan dan Layanan Kesehatan

Upaya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk untuk meningkatkan layanan jasa perbankan kepada para nasabahnya terus dilakukan. Kali ini Bank BRI menggandeng PT. Siloam International Hospitals,…

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 18 September 2018 - 18:30 WIB

Rupiah Selasa Sore Menguat Menjadi Rp14.867

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa sore bergerak menguat sebesar 13 poin menjadi Rp14.867 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.880 per dolar AS.

Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (Foto:Ist)

Selasa, 18 September 2018 - 18:00 WIB

Pengembangan Industri Pariwisata, Qatar Investasi 100 Juta Dolar di Indonesia

Pemerintah Qatar telah melakukan investasi 100 juta dolar AS untuk pengembangan industri pariwisata di Indonesia.