PLTU Mamuju Suplai Listrik Industri di Sulawesi Barat

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 Januari 2017 - 12:24 WIB

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 255 Megawatt (MW) di tahun depan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 255 Megawatt (MW) di tahun depan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

INDUSTRY.co.id - Mamuju- Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang dibangun di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, akan menyuplai kebutuhan listrik untuk industri yang ada di wilayah provinsi tersebut.

Pejabat Gubernur Sulbar Carlo Brix Tewu, di Mamuju, Kamis (19/1/2017) kepada Antara  mengatakan, PLTU Mamuju yang dibangun tersebut memiliki kapasitas 2x25 megawatt, dan akan beroperasi pada Desember 2017 mendatang.

Ia mengatakan, pemerintah Sulbar memberikan dukungan terhadap pembangunan PLTU tersebut sehingga ketika terjadi permasalahan dalam pembangunannya akan dicarikan solusi untuk menyelesaikan.

Ia berharap dengan hadirnya PLTU tersebut dapat mendukung pembangunan di Sulbar dan meminta kepada perusahaan pelaksana pembangunan PLTU tersebut agar memanfaatkan sumber daya manusia lokal untuk membangun PLTU tersebut sebagai tenaga kerja.

"Manfaatkan tenaga kerja lokal jangan ambil dari luar, meskipun dari luar handal dan terampil, pekerja lokal daerah ini harus juga diberdayakan kedepannya sebagai tenaga kerja untuk meningkatkan kesejahteraannya," katanya.

Begitu juga kata dia, dengan kebutuhan batu bara untuk pembangkit PLTU tersebut sebaiknya tidak diambil dari luar, namun memanfaatkan sumber daya batu bara yang dimiliki Sulbar ini.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka dok

Sabtu, 23 Juni 2018 - 20:57 WIB

Setelah Morotai dan Tanjung Lesung, Jababeka Incar KEK di Bangka Belitung

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. (kode saham KIJA) memberi sinyal hendak mengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) di Provinsi Bangka Belitung.

Penyanyi Ed Sheeran. (Foto: NME)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 19:30 WIB

Ed Sheeran Akui Tak Gunakan Layanan Streaming Musik

Ed Sheeran rupanya tidak pernah menggunakan jasa layanan streaming musik untuk mempromosikan lagu-lagunya. Seperti yang diketahui, Shape of You milik Ed Sheeran menjadi salah satu lagu yang…

Kementerian Perindustrian. (Fofo: kemenperin.go.id)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:52 WIB

Kemenperin Tengah Godok Insentif Penerapan Industri Hijau

Kementerian Perindustrian mewacanakan insentif fiskal dan nonfiskal sebagai upaya untuk menerapkan industri hijau yang bersifat wajib.

Ribuan UMKM memadati acara sosialisasi PPh Final UMKM 0,5% yang dilakukan Presiden Jokowi di Sanur, Bali, Sabtu (23/6). (Dok: Kemenkop)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:44 WIB

UMKM Bali Antusias Sambut Penurunan PPh Final 0,5 Persen

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di provinsi Bali menyambut baik kebijakan pemerintah menurunkan pajak penghasilan (PPh) final UMKM yang semula 1% menjadi 0,5% mulai 1 Juli 2018…

Aktris Scarlett Johansson, menjadi Black Widow. (Foto: Independent)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 17:35 WIB

Marvel Kantongi Tiga Sutradara Wanita untuk Garap Black Widow

Marvel Studios semakin menseleksi daftar sutradara wanita untuk menggarap proyek film Black Widow. Marvel sendiri sudah mengantongi tiga nama kandidat, yakni Cate Shortland, Amme Asante dan…