Demokrat: Ketimpangan Gender Dapat Berdampak Negatif

Oleh : Herry Barus | Selasa, 20 Maret 2018 - 02:27 WIB

Edhie Baskoro Yudhoyono Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI (Foto Dok Industri.co.id)
Edhie Baskoro Yudhoyono Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI (Foto Dok Industri.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono mengatakan adanya ketimpangan gender di Indonesia dalam jangka panjang dapat berdampak negatif pada pembangunan.

"Diperlukan kebijakan inovatif untuk mengatasi ketimpangan gender sekaligus melakukan percepatan kesetaraan," kata Edhie Baskoro Yudhoyono pada seminar nasional "Peringatan Hari Perempuan Internasional 2018: Mengurangi Kemiskinan Perempuan Menuju Ekonomi Indonesia yang Kuat dan Berkeadilan" di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin.

Menurut Ibas, panggilan akrab Edhie Baskoro Yudhoyono, kaum perempuan di Indonesia saat ini, jumlahnya lebih dari separuh dari penduduk Indonesia.

Mengabaikan setengah dari potensi sumber daya manusia Indonesia, kata dia, akan berdampak negatif pada keberlangsungan pembangunan.

Ibas menjelaskan, di bidang ekonomi, pendapatan kaum perempuan dan laki-laki Indonesia untuk pekerjaan yang sama masih timpang.

"Pembangunan di Indonesia berhasil mengentaskan rakyat dari bawah kemiskinan sebesar 60 persen pada 1970-an menjadi sekitar 12 persen pada tahun 2012. Namun, kaum perempuan masih menerima upah 24 persen lebih rendah daripada laki-laki untuk pekerjaan yang sama," katanya seperti dilansir Antara.

Ibas juga menyoroti adanya, peningkatan jumlah kepala keluarga kaum perempuan dari 7,54 persen pada 1985 menjadi 14,87 persen pada 2015.

Mengacu pada kondisi ini, kata dia, Fraksi Partai Demokrat DPR RI memandang perlu, pembangunan ekonomi yang berkeadilan akan sulit tercapai jika faktor penyebab kemiskinan perempuan tidak segera diatasi.

Sebagai partai yang memiliki ideologi inklusif, menurut Ibas, Partai Demokrat memberi ruang yang sangat besar untuk pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang.

"Kami percaya jika perempuan diberdayakan, baik secara sosial, ekonomi, dan politik, maka dengan sendirinya akan berpengaruh besar pada tingkat kemiskinan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Sutopo Purwo Nugroho, Humas BNPB

Kamis, 17 Januari 2019 - 09:00 WIB

Industri Pariwisata Rentan Terganggu Bencana

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan industri pariwisata sangat rentan terganggu oleh bencana apabila…

Pesawat Citilink / https://www.citilink.co.id

Kamis, 17 Januari 2019 - 08:55 WIB

Maskapai Digital, Maskapai Citilink Luncurkan Wifi Gratis

Maskapai Citilink Indonesia meluncurkan wifi gratis dalam penerbangan (wifi on board) rute Jakarta-Denpasar QG 684.

PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) (Foto Ist)

Kamis, 17 Januari 2019 - 08:47 WIB

IHSG Akan Tertekan Pada Perdagangan Hari Ini

Jakarta - Secara teknikal IHSG bergerak terkonsolidasi cenderung negatif dengan pola northern star dengan indikasi terkoreksi jangka pendek. Indikator Stochastic bergerak pada area overbought…

Ekonom Universitas Gadjah Mada A. Tony Prasetiantono (Foto Ist)

Kamis, 17 Januari 2019 - 08:15 WIB

Berita Duka, Ekonom Tony Prasetiantono Meninggal Dunia

Tony Prasetiantono, Ekonom yang juga Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM), meninggal dunia pada Rabu (16/1/2019) pukul 23.30 WIB di Jakarta.

Gunung Anak Krakatau (Foto: Antara)

Kamis, 17 Januari 2019 - 08:07 WIB

Gunung Anak Krakatau Alami Tiga Kali Kegempaan Vulkanik

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM menyampaikan perkembangan aktivitas Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi…