Demokrat: Ketimpangan Gender Dapat Berdampak Negatif

Oleh : Herry Barus | Selasa, 20 Maret 2018 - 02:27 WIB

Edhie Baskoro Yudhoyono Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI (Foto Dok Industri.co.id)
Edhie Baskoro Yudhoyono Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI (Foto Dok Industri.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono mengatakan adanya ketimpangan gender di Indonesia dalam jangka panjang dapat berdampak negatif pada pembangunan.

"Diperlukan kebijakan inovatif untuk mengatasi ketimpangan gender sekaligus melakukan percepatan kesetaraan," kata Edhie Baskoro Yudhoyono pada seminar nasional "Peringatan Hari Perempuan Internasional 2018: Mengurangi Kemiskinan Perempuan Menuju Ekonomi Indonesia yang Kuat dan Berkeadilan" di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin.

Menurut Ibas, panggilan akrab Edhie Baskoro Yudhoyono, kaum perempuan di Indonesia saat ini, jumlahnya lebih dari separuh dari penduduk Indonesia.

Mengabaikan setengah dari potensi sumber daya manusia Indonesia, kata dia, akan berdampak negatif pada keberlangsungan pembangunan.

Ibas menjelaskan, di bidang ekonomi, pendapatan kaum perempuan dan laki-laki Indonesia untuk pekerjaan yang sama masih timpang.

"Pembangunan di Indonesia berhasil mengentaskan rakyat dari bawah kemiskinan sebesar 60 persen pada 1970-an menjadi sekitar 12 persen pada tahun 2012. Namun, kaum perempuan masih menerima upah 24 persen lebih rendah daripada laki-laki untuk pekerjaan yang sama," katanya seperti dilansir Antara.

Ibas juga menyoroti adanya, peningkatan jumlah kepala keluarga kaum perempuan dari 7,54 persen pada 1985 menjadi 14,87 persen pada 2015.

Mengacu pada kondisi ini, kata dia, Fraksi Partai Demokrat DPR RI memandang perlu, pembangunan ekonomi yang berkeadilan akan sulit tercapai jika faktor penyebab kemiskinan perempuan tidak segera diatasi.

Sebagai partai yang memiliki ideologi inklusif, menurut Ibas, Partai Demokrat memberi ruang yang sangat besar untuk pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang.

"Kami percaya jika perempuan diberdayakan, baik secara sosial, ekonomi, dan politik, maka dengan sendirinya akan berpengaruh besar pada tingkat kemiskinan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

EXO-CBX membintangi iklan mobil Hyundai UV KONA Electric. (Source: Soompi)

Rabu, 25 April 2018 - 19:00 WIB

Gara-Gara EXO-CBX, Hyundai Hentikan Pre-Order Mobil Terbaru

Perusahaan mobil Korea Selatan terkenal, Hyundai baru-baru ini menghentikan pre-order mobil Hyundai bertipe UV KONA Electric, dikarenakan mobil tersebut mendadak sangat populer dikalangan publik.

OJK

Rabu, 25 April 2018 - 19:00 WIB

OJK Ungkap Kasus Penyelewengan BPR KAS Bali

Otoritas Jasa Keuangan mengungkap kasus tindak pidana perbankan yang dilakukan Direktur Utama BPR KS Bali Agung Sedana berinisial NS terkait pemberian kredit kepada 54 debitur dengan nilai Rp24,225…

Lampu Hias Jelang Hari Jadi Kota Surabaya (Foto: enciety.co)

Rabu, 25 April 2018 - 19:00 WIB

Jelang Hari Jadi Kota Surabaya, Ratusan dan Lampion Hiasi Jalan di Kota

Menjelang Hari Jadi Kota Surabaya (HKJS) yang ke-725 pada bulan Mei mendatang, ratusan lampu hias dan lampion dengan berbagai macam bentuk serta warna mulai menghiasi kawasan tengah Kota Surabaya…

Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian, Banun Harpini saat melepas ekspor perdana pisang Mas Tanggamus ke Cina

Rabu, 25 April 2018 - 18:54 WIB

Ekspor Produk Pertanian Asal Lampung Terus Meningkat

Lampung- Kementerian Pertanian melalui Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian Banun Harpini menyebutkan layanan karantina untuk menjamin keamanan dan kesehatan produk pertanian…

Alsintan dari Kementan

Rabu, 25 April 2018 - 18:46 WIB

Kementan Melakukan Pelatihan Alsintan, Petani Antusias

Subang-Balai Desa Bojong Jaya mendadak ramai sejak pukul 07:00 pada Rabu pagi (25/4), para petani dari seantero Kecamatan Pusaka Jaya antusias untuk mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) penggunaan,…