Demokrat: Ketimpangan Gender Dapat Berdampak Negatif

Oleh : Herry Barus | Selasa, 20 Maret 2018 - 02:27 WIB

Edhie Baskoro Yudhoyono Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI (Foto Dok Industri.co.id)
Edhie Baskoro Yudhoyono Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI (Foto Dok Industri.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono mengatakan adanya ketimpangan gender di Indonesia dalam jangka panjang dapat berdampak negatif pada pembangunan.

"Diperlukan kebijakan inovatif untuk mengatasi ketimpangan gender sekaligus melakukan percepatan kesetaraan," kata Edhie Baskoro Yudhoyono pada seminar nasional "Peringatan Hari Perempuan Internasional 2018: Mengurangi Kemiskinan Perempuan Menuju Ekonomi Indonesia yang Kuat dan Berkeadilan" di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin.

Menurut Ibas, panggilan akrab Edhie Baskoro Yudhoyono, kaum perempuan di Indonesia saat ini, jumlahnya lebih dari separuh dari penduduk Indonesia.

Mengabaikan setengah dari potensi sumber daya manusia Indonesia, kata dia, akan berdampak negatif pada keberlangsungan pembangunan.

Ibas menjelaskan, di bidang ekonomi, pendapatan kaum perempuan dan laki-laki Indonesia untuk pekerjaan yang sama masih timpang.

"Pembangunan di Indonesia berhasil mengentaskan rakyat dari bawah kemiskinan sebesar 60 persen pada 1970-an menjadi sekitar 12 persen pada tahun 2012. Namun, kaum perempuan masih menerima upah 24 persen lebih rendah daripada laki-laki untuk pekerjaan yang sama," katanya seperti dilansir Antara.

Ibas juga menyoroti adanya, peningkatan jumlah kepala keluarga kaum perempuan dari 7,54 persen pada 1985 menjadi 14,87 persen pada 2015.

Mengacu pada kondisi ini, kata dia, Fraksi Partai Demokrat DPR RI memandang perlu, pembangunan ekonomi yang berkeadilan akan sulit tercapai jika faktor penyebab kemiskinan perempuan tidak segera diatasi.

Sebagai partai yang memiliki ideologi inklusif, menurut Ibas, Partai Demokrat memberi ruang yang sangat besar untuk pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang.

"Kami percaya jika perempuan diberdayakan, baik secara sosial, ekonomi, dan politik, maka dengan sendirinya akan berpengaruh besar pada tingkat kemiskinan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lapangan golf Jababeka

Rabu, 08 Mei 2024 - 08:21 WIB

Ini Hunian Berkelas di Jababeka yang Diminati Para Ekspatriat, Hanya 2 Menit ke Lapangan Golf

Produk Jababeka Residence bernama Paradiso Golf Villas berada tepat di tengah lapangan golf Jababeka (Jababeka Golf & Country Club). Hunian mewah yang mengusung konsep resort ini memberi warna…

Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah

Rabu, 08 Mei 2024 - 08:03 WIB

Apa Salahnya Orang Berdoa? Basarah MPR Mengecam Keras Pelarangan Ibadah di Tangsel

Jakarta – Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah mengecam keras dan meminta Polri menindak tegas sejumlah oknum masyarakat yang melarang sambil melakukan kekerasan terhadap para mahasiswa dan mahasiswi…

SW Indonesia di Surabaya Meningkatkan Kapasitas Layanan

Rabu, 08 Mei 2024 - 07:54 WIB

Dukung Lingkungan Bisnis dan Industri, SW Indonesia di Surabaya Tingkatkan Kapasitas Layanan

Surabaya-SW Indonesia di Surabaya meningkatkan kapasitas layanan melalui perluasan ruang kerja, penambahan jumlah profesional, dan pengembangan kompetensi tim. Seiring pertumbuhan kantor akuntan…

Jababeka Residence di Cikarang

Rabu, 08 Mei 2024 - 07:24 WIB

Jababeka Residence Lokasi Tepat Tanam Modal Panen Cuan

Pengembangan hunian berkelas yang dilakukan oleh anak usaha dari PT. Jababeka Tbk. (KIJA) ini semakin pesat dengan menghadirkan beragam produk residensial dan komersial unggulan.

Prajurit Yonmarhanlan VI Evakuasi Korban Bencana Longsor

Rabu, 08 Mei 2024 - 06:17 WIB

Prajurit Yonmarhanlan VI Evakuasi Korban Bencana Longsor

Satgas Penanggulangan Bencana (Gulben) Lantamal VI Makassar bersama Tim SAR Gabungan TNI, POLRI dan Basarnas menemukan Korban tenggelam akibat Bencana Alam dan Tanah Longsor di Kecamatan Suli,…