PT Timah Targetkan Produksi 2 Juta Ton Timah Hingga 2021

Oleh : Hariyanto | Minggu, 18 Maret 2018 - 13:55 WIB

PT Timah Tbk (TINS) (Foto Ist)
PT Timah Tbk (TINS) (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Pangkalpinang - PT Timah Tbk menargetkan produksi hingga 2021 sebanyak 2 juta ton timah agar perusahaan tetap menjadi produsen bijih timah nomor dua di dunia.

"Kami terus mencari cadangan-cadangan bijih timah baru untuk merealisasikan target produksi tersebut," kata Direktur Pengembangan Usaha dan Niaga PT Timah Trenggono Sutioso, saat kegiatan focus group discussion, di Pangkalpinang, Jumat (16/3/2018).

Ia menjelaskan produksi timah batangan 2017 mencapai 31 ribu ton suplai dari Kepulauan Bangka Belitung dan Kundur, dengan kontribusinya 60% berasal dari penambangan di laut.

"Sebanyak 60 persen timah berasal dari laut, artinya cadangan bijih timah laut memegang peran penting untuk menyuplai produksi PT Timah," katanya lagi.

Sutioso mengatakan dalam merealisasikan target produksi timah 2021 cukup sulit, karena di sisi lain cadangan timah saat ini diperkirakan sekitar 300 ribu ton dan cukup hingga 10 tahun ke depan. "Kami sangat berharap dapat menemukan cadangan baru dengan harapan 2021 bisa mendapatkan 2 juta ton timah," ungkapnya.

PT Timah terus melakukan berbagai usaha di antaranya mengoptimalkan pengelolaan penambangan di laut IUP Timah dan pengembangan bisnis.

"Kami berharap target ini dapat terealisasi dengan baik, sehingga PT Timah masih bisa mengatakan minimal sebagai produsen nomor dua di dunia," katanya. (ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Minggu, 18 November 2018 - 12:18 WIB

Selaras Pemikiran Rizal Ramli, Pemerintah dan Bank Indonesia Wajibkan Eksportir Bawa Pulang Devisa

Rencana Bank Indonesia (BI) dalam menerbitkan aturan baru yang mewajibkan eksportir membawa devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri pada 1 Januari 2019 selaras dengan ide dan gagasan ekonom…

Peneliti berprestasi ke Taiwan

Minggu, 18 November 2018 - 11:15 WIB

Kementerian Pertanian Berangkatkan Peneliti Berprestasi ke Taiwan

INDUSTRY.co.id -

Taiwan Kementerian Pertanian memberangkatkan Peneliti Berprestasi untuk mempelajari inovasi teknologi pertanian modern khususnya bidang Hortikultura…

Petani Padi (Ilustrasi)

Minggu, 18 November 2018 - 10:46 WIB

Agroekologi Bisa Jadi Solusi Pertanian Masa Depan

Agroekologi sesungguhnya memiliki kemampuan menghasilkan produksi pertanian lebih tinggi dibanding pola pertanian konvensional. Sayangnya, agroekologi masih belum mendapatkan perhatian dan dukungan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:34 WIB

KTT APEC akan Bahas Konektivitas Untuk Pertumbuhan Inklusif

Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2018 hari kedua, Minggu (18/11/2018) di Port Moresby, Papua Nugini, antara lain akan membahas konektivitas untuk pertumbuhan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:29 WIB

Presiden Jokowi Hadiri Pertemuan Dewan Bisnis APEC

Presiden Joko Widodo menghadiri pertemuan Dewan Bisnis Asia-Pacific Economic Cooperation atau APEC Business Advisory Council (ABAC) di Port Moresby, Papua Nugini, Sabtu (17/11/2018).