Fantastis! Ini Perubahan YG Entertainment Sejak Big Bang Mulai Debut

Oleh : Dina Astria | Minggu, 18 Maret 2018 - 14:05 WIB

Gedung kantor YG Entertainment. (Foto: YouTube)
Gedung kantor YG Entertainment. (Foto: YouTube)

INDUSTRY.co.id - Korea Selatan -Siapa yang tak mengenal agensi terkenal di Korea Selatan, YG Entertainment. YG menjadi salah satu label musik ternama di Korea Selatan. Didirikan oleh Yang Hyun Suk pada tahun 1996, YG Entertainment sudah banyak mengalami perubahan drastis.

Sempat mengalami kesuksesan di beberapa tahun pertama didirikan. Kemudian, YG Entertainment benar-benar banyak meraih kesuksesan setelah boyband pertamanya Big Bang memulai debutnya pada tahun 2006.

Perubahannya jelas ketika membandingkan bagaimana Big Bang hidup sebagai artis rookie milik YG yang mempunyai tempat tinggal yang cukup sederhana saat itu.

Publik pernah menyaksikan episode program 'Manwon Happiness' MBC yang menampilkan Big Bang, disiarkan pada 10 tahun yang lalu.

Terlihat, sang leader G-Dragon bertanggung jawab untuk membersihkan, Taeyang bertanggung jawab untuk mencuci pakaian, Daesung bertanggung jawab untuk mencuci piring. Sementara Seungri dan T.O.P bertanggung jawab atas sisa tugasnya.

Mereka memiliki ruang tamu kecil yang penuh sesak dimana para anggotanya akan berkumpul bersama dan melakukan segala sesuatu mulai dari menonton televisi hingga berlatih dance koreografi mereka. Dapur mungil mereka hampir tidak memiliki cukup ruang. Bahkan meja makan pun cukup sempit.

Belum lagi, bangunan perusahaan YG Entertainment, studio bawah tanah yang semakin memburuk seiring bertambahnya usia. Dinding bangunannya dipenuhi dengan coretan para penggemar. Pemilik bangunan ini bahkan tidak peduli dengan kebersihan dindingnya.

Berkat kesuksesan Big Bang, YG Entertainment sempat masuk ke pasar mainstream global. Pada tahun 2010, mereka pindah ke gedung baru, meninggalkan studio yang lama menjadi studio pelatihan bagi para pemula.

Bangunan YG Entertainment terkenal karena desain arsitekturnya yang unik dan luas. Dalam gedung berlantai tujuh ini, banyak fasilitas seperti gym, studio musik, studio seni dengan teknologi yang paling canggih dan kafetaria yang mengagumkan.

Para trainee YG saat ini juga menikmati tempat tinggal yang jauh lebih baik daripada yang dirasakan oleh senior mereka, Big Bang sepuluh tahun lalu.

Rupanya, pencapaian YG Entertainment tak hanya sampai disitu. YG terus memperluas kesuksesannya. Saat ini YG sedang membangun gedung baru.

YG juga tengah sibuk membangun K-Pop Cluster diluar Seoul, yang akan menghadirkan fasilitas stadion konser musik, lima ruangan konser berukuran kecil dan aula pameran dimana para pengunjung nantinya dapat merasakan pameran tentang musik pop Korea dan Asia.

"Bukan YG Entertainment yang membuat Big Bang. Tetapi Big Bang yang membuat YG Entertainment, ungkap bos besar YG," kata Yang Hyun Suk saat itu

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.

Peluncuran PRUWell Medical dan Medical Syariah dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:08 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan dengan Konsep “Fairness”

PRUWell dan PRUWell Medical Syariah menawarkan premi atau kontribusi yang terjangkau dan adil (fair pricing) secara berkala sebagai apresiasi terhadap para pemegang polis yang terus menjaga…

Hadir dalam peluncuran diantaranya Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono, Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:06 WIB

KADIN Luncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meluncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI) untuk membantu penyelesaian sengketa bisnis baik untuk anggota dan umum. Lembaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Singapore Tourism Board (STB) meluncurkan kampanye pemasaran global untuk memperkuat posisi Singapura sebagai destinasi MICE.

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:46 WIB

Perkuat Posisi Singapura Sebagai Destinasi MICE, STB Luncurkan Kampanye Global

Kampanye global yang diluncurkan STB turut mengundang penyelenggara acara MICE dari Indonesia untuk mempertimbangkan Singapura sebagai destinasi MICE unggul yang dapat memberikan hasil berdampak,…