Masyarakat Gianyar Ikuti Parade Ogoh-Ogoh Sambut Perayaan Nyepi

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 17 Maret 2018 - 09:41 WIB

Ilustrasi Ogoh-Ogoh (Foto Dok Industry.co.id)
Ilustrasi Ogoh-Ogoh (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Gianyar- Ratusan warga Desa Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali, mengikuti parade ogoh-ogoh atau boneka raksasa menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1940 sekaligus sebagai bentuk kreativitas generasi muda di daerah itu.

"Parade ogoh-ogoh kali ini melibatkan sebanyak 21 buah sebagai bentuk kreativitas generasi muda menyambut Hari Raya Nyepi," kata Bendesa Adat Tegalalang, Kabupaten Gianyar Made Jaya Kesuma saat ditemui awak media di Tegalalang, Kamis (15/3/2018) .

Menurut dia, parade yang digelar setiap tahun secara berkesinambungan itu tersebut agak berbeda dibanding daerah lain yang biasanya sehari sebelum Hari Raya Nyepi. "Biasanya desa lain parade ogoh-ogoh sehari sebelum Hari Raya Nyepi, tetapi di Tegalalang lebih awal hanya untuk menghargai kreativitas generasi muda," ujarnya.

Selanjutnya untuk sehari sebelum Hari Raya Nyepi di Tegalalang dilakukan upacara "Pecaruan" sebagai bentuk persembahan untuk mengusir roh jahat agar tidak mengganggu warga dan pelaksanaan Nyepi bisa berjalan dengan lancar dan damai.

Sementara Erwin Widiasa, salah seorang warga Desa Tegalalang mengatakan bahwa kegiatan pawai ogoh-ogoh memang sengaja digelar lebih awal dibanding daerah lain.

"Memang pawai di sini lebih awal sehingga bisa menjadi tontotan bagi warga dan sekaligus menarik wisatawan datang ke Tegalalang untuk melihat ogoh-ogoh," ujarnya.

Menurut dia, ogoh-ogoh yang ditampilkan selalu berbeda-beda dan inovatif sehingga pengunjung yang datang menyaksikan tidak merasa bosan.

Sementara itu, Edward salah seorang wisatawan asal Jerman mengaku senang melihat pawai ogoh-ogoh tersebut. "Pawai ini adalah ritual yang sangat menarik dan unik," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…

Kepulauan Morotai, Maluku Utara. (Foto: IST)

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:12 WIB

Gubernur Maluku Utara Dorong Pulau Morotai Jadi Lumbung Ikan

Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba mendorong Pulau Morotai menjadi lumbung ikan.