Masyarakat Gianyar Ikuti Parade Ogoh-Ogoh Sambut Perayaan Nyepi

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 17 Maret 2018 - 09:41 WIB

Ilustrasi Ogoh-Ogoh (Foto Dok Industry.co.id)
Ilustrasi Ogoh-Ogoh (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Gianyar- Ratusan warga Desa Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali, mengikuti parade ogoh-ogoh atau boneka raksasa menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1940 sekaligus sebagai bentuk kreativitas generasi muda di daerah itu.

"Parade ogoh-ogoh kali ini melibatkan sebanyak 21 buah sebagai bentuk kreativitas generasi muda menyambut Hari Raya Nyepi," kata Bendesa Adat Tegalalang, Kabupaten Gianyar Made Jaya Kesuma saat ditemui awak media di Tegalalang, Kamis (15/3/2018) .

Menurut dia, parade yang digelar setiap tahun secara berkesinambungan itu tersebut agak berbeda dibanding daerah lain yang biasanya sehari sebelum Hari Raya Nyepi. "Biasanya desa lain parade ogoh-ogoh sehari sebelum Hari Raya Nyepi, tetapi di Tegalalang lebih awal hanya untuk menghargai kreativitas generasi muda," ujarnya.

Selanjutnya untuk sehari sebelum Hari Raya Nyepi di Tegalalang dilakukan upacara "Pecaruan" sebagai bentuk persembahan untuk mengusir roh jahat agar tidak mengganggu warga dan pelaksanaan Nyepi bisa berjalan dengan lancar dan damai.

Sementara Erwin Widiasa, salah seorang warga Desa Tegalalang mengatakan bahwa kegiatan pawai ogoh-ogoh memang sengaja digelar lebih awal dibanding daerah lain.

"Memang pawai di sini lebih awal sehingga bisa menjadi tontotan bagi warga dan sekaligus menarik wisatawan datang ke Tegalalang untuk melihat ogoh-ogoh," ujarnya.

Menurut dia, ogoh-ogoh yang ditampilkan selalu berbeda-beda dan inovatif sehingga pengunjung yang datang menyaksikan tidak merasa bosan.

Sementara itu, Edward salah seorang wisatawan asal Jerman mengaku senang melihat pawai ogoh-ogoh tersebut. "Pawai ini adalah ritual yang sangat menarik dan unik," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)

Senin, 20 Agustus 2018 - 22:00 WIB

Wisman Tiongkok Dominasi Kedatangan Bandara Ngurah Rai Bali

PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat wisman asal Tiongkok mendominasi kedatangan penumpang mancanegara di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, yakni mencapai 23,6 persen dari total keseluruhan…

Atlet Wushu Indonesia, Lindswell Kwok Raih Medali Emas di Ajang Asian Games 2018

Senin, 20 Agustus 2018 - 21:25 WIB

Raih Medali Emas, Lindswell Kwok Nikmati Bonus Rp 1,5 Miliar Plus Mobil

Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi mengaku telah menyiapkan 3 (Tiga) mobil dan uang sebesar Rp 1,5 miliar sebagai bonus peraih medali emas di ajang Asian Games 2018.

Ketua Umum Parmusi Usamah Hisyam (Foto Anto)

Senin, 20 Agustus 2018 - 21:08 WIB

Parmusi Disegani Penguasa Dicintai Ulama

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) berkiprah di Indonesia sudah cukup lama. Era reformasi 1999, Parmusi lahir dari sebelumnya Muslimin…

Ilustrasi Balap Sepeda (Foto Ist)

Senin, 20 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Balap Sepeda Berkibar, Andini dan Khoiful Kawinkan Emas Downhill

Setelah Taekwondo dan Wushu, kini giliran balap sepeda Indonesia berkibar. Kali ini, pasukan Raja Sapta Oktohari tidak tanggung-tanggung meraup dua medali emas pada hari pertama perlombaan balap…

Menpora Imam Nahrawi menyerahkan secara simbolik bonus Rp 1,5 miliar kepada Defia Rosmaniar (Foto: Dok. Kemenpora)

Senin, 20 Agustus 2018 - 20:40 WIB

Menpora Serahkan Bonus Rp 1,5 Miliar kepada Dara Manis Asal Bogor, Defia Rosmaniar

Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi secara simbolik menyerahkan bonus medali emas sebesar Rp 1,5 miliar kepada atlet Taekwondo Defia Rosmaniar.