Masyarakat Gianyar Ikuti Parade Ogoh-Ogoh Sambut Perayaan Nyepi

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 17 Maret 2018 - 09:41 WIB

Ilustrasi Ogoh-Ogoh (Foto Dok Industry.co.id)
Ilustrasi Ogoh-Ogoh (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Gianyar- Ratusan warga Desa Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali, mengikuti parade ogoh-ogoh atau boneka raksasa menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1940 sekaligus sebagai bentuk kreativitas generasi muda di daerah itu.

"Parade ogoh-ogoh kali ini melibatkan sebanyak 21 buah sebagai bentuk kreativitas generasi muda menyambut Hari Raya Nyepi," kata Bendesa Adat Tegalalang, Kabupaten Gianyar Made Jaya Kesuma saat ditemui awak media di Tegalalang, Kamis (15/3/2018) .

Menurut dia, parade yang digelar setiap tahun secara berkesinambungan itu tersebut agak berbeda dibanding daerah lain yang biasanya sehari sebelum Hari Raya Nyepi. "Biasanya desa lain parade ogoh-ogoh sehari sebelum Hari Raya Nyepi, tetapi di Tegalalang lebih awal hanya untuk menghargai kreativitas generasi muda," ujarnya.

Selanjutnya untuk sehari sebelum Hari Raya Nyepi di Tegalalang dilakukan upacara "Pecaruan" sebagai bentuk persembahan untuk mengusir roh jahat agar tidak mengganggu warga dan pelaksanaan Nyepi bisa berjalan dengan lancar dan damai.

Sementara Erwin Widiasa, salah seorang warga Desa Tegalalang mengatakan bahwa kegiatan pawai ogoh-ogoh memang sengaja digelar lebih awal dibanding daerah lain.

"Memang pawai di sini lebih awal sehingga bisa menjadi tontotan bagi warga dan sekaligus menarik wisatawan datang ke Tegalalang untuk melihat ogoh-ogoh," ujarnya.

Menurut dia, ogoh-ogoh yang ditampilkan selalu berbeda-beda dan inovatif sehingga pengunjung yang datang menyaksikan tidak merasa bosan.

Sementara itu, Edward salah seorang wisatawan asal Jerman mengaku senang melihat pawai ogoh-ogoh tersebut. "Pawai ini adalah ritual yang sangat menarik dan unik," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Minggu, 18 November 2018 - 12:18 WIB

Selaras Pemikiran Rizal Ramli, Pemerintah dan Bank Indonesia Wajibkan Eksportir Bawa Pulang Devisa

Rencana Bank Indonesia (BI) dalam menerbitkan aturan baru yang mewajibkan eksportir membawa devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri pada 1 Januari 2019 selaras dengan ide dan gagasan ekonom…

Peneliti berprestasi ke Taiwan

Minggu, 18 November 2018 - 11:15 WIB

Kementerian Pertanian Berangkatkan Peneliti Berprestasi ke Taiwan

INDUSTRY.co.id -

Taiwan Kementerian Pertanian memberangkatkan Peneliti Berprestasi untuk mempelajari inovasi teknologi pertanian modern khususnya bidang Hortikultura…

Petani Padi (Ilustrasi)

Minggu, 18 November 2018 - 10:46 WIB

Agroekologi Bisa Jadi Solusi Pertanian Masa Depan

Agroekologi sesungguhnya memiliki kemampuan menghasilkan produksi pertanian lebih tinggi dibanding pola pertanian konvensional. Sayangnya, agroekologi masih belum mendapatkan perhatian dan dukungan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:34 WIB

KTT APEC akan Bahas Konektivitas Untuk Pertumbuhan Inklusif

Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2018 hari kedua, Minggu (18/11/2018) di Port Moresby, Papua Nugini, antara lain akan membahas konektivitas untuk pertumbuhan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:29 WIB

Presiden Jokowi Hadiri Pertemuan Dewan Bisnis APEC

Presiden Joko Widodo menghadiri pertemuan Dewan Bisnis Asia-Pacific Economic Cooperation atau APEC Business Advisory Council (ABAC) di Port Moresby, Papua Nugini, Sabtu (17/11/2018).