Menperin: Impor Baju Bekas Lewat Pelabuhan Tikus Akan Ditindak Tegas

Oleh : Ridwan | Senin, 12 Maret 2018 - 19:35 WIB

Menperin Airlangga Hartarto (dok INDUSTRY.co.id)
Menperin Airlangga Hartarto (dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto terus mendorong industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional agar segera memanfaatkan teknologi digital seperti 3D printing, automation, dan internet of thingssehingga siap menghadapi era Industry 4.0.

"Upaya transformasi ini diyakini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas, selain melanjutkan program restrukturisasi mesin dan peralatan," ujar Airlangga di Jakarta, Seni (12/3/2018).

Menperin menambahkan, pemerintah juga berupaya membuat perjanjian kerja sama bilateral dengan Amerika Serikat dan Uni Eropa supaya memperluas pasar ekspor TPT lokal.

"Saat ini dalam proses negosiasi untuk bilateral agreement tersebut, karena bea masuk ekspor produk tekstil Indonesia masih dikenakan 5-20 persen, sedangkan ekspor Vietnam ke Amerika dan Eropa sudah nol persen," terangnya.

Lebih lanjut, Kemenperin terus berkoordinasi dengan pihak berwenang untuk mengatasi impor ilegal produk TPT dalam bentuk borongan.

"Kami juga akan perhatikan dan ada tindakan tegas untuk impor baju bekas yang masuk melalui pelabuhan tikus'," imbuhnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto Ist)

Senin, 10 Desember 2018 - 10:04 WIB

Kelompok Milenial Perlu Tahu Infrastruktur Persatukan Indonesia

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, kalangan milenial perlu mengetahui pentingnya sektor infrastruktur dalam mempersatukan dan meningkatkan aktivitas…

Presiden Jokowi dan Mentan Amran Sulaiman (Foto Dok Industry.co.id))

Senin, 10 Desember 2018 - 10:00 WIB

Empat Tahun Pembangunan Pertanian: Kerja Kita buat Prestasi Bangsa

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan), menyampaikan satu-persatu pencapaian selama empat tahun terakhir.

Link Net First Media. (Foto: IST)

Senin, 10 Desember 2018 - 09:29 WIB

First Media Gandeng beIN SPORT Hadirkan Aplikasi Live Streaming Sepak Bola Terkemuka

First Media melakukan kolaborasi dengan beIN Sport menghadirkan aplikasi beIN SPORTS CONNECT yang dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan First Media.

Mentan Amran Sulaiman di tengah sawah

Senin, 10 Desember 2018 - 09:17 WIB

Anggaran Turun 12 T , Produksi Dan Ekspor Pertanian Melonjak

Jakarta - Seiring dengan kebijakan penghematan APBN, anggaran Kementan pada 2015 sebesar Rp 34 triliun, dan dipangkas Rp 12 triliun sejak 2016 sampai 2018 ini.

Lenovo perkenalkan Yoga C930 dan Yoga S730

Senin, 10 Desember 2018 - 09:10 WIB

Dukung Ekonomi Kreatif di Indonesia, Lenovo Perkenalkan Yoga C930 dan Yoga S730

Lenovo resmi memperkenalkan laptop premium terbaru dari keluarga Lenovo Yoga, yaitu Yoga C930 dan S730. Kedua laptop ini diciptakan dengan menggabungkan inovasi dan desain, dilengkapi berbagai…