Kedubes India Yakinkan Makanan India Mengenal Halal dan Haram

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 10 Maret 2018 - 19:30 WIB

Kuliner Khas India, Roti Maryam (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Kuliner Khas India, Roti Maryam (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Wakil Duta Besar India untuk Indonesia Prakash Gupta mengatakan India dan Indonesia memiliki banyak kesamaan, termasuk konsep makanan halal dan haram.

"Orang sering lupa bahwa India adalah negara dengan penduduk Muslim terbesar kedua setelah Indonesia, jadi masyarakat India sangat familier dengan makanan halal atau haram," kata Gupta di Jakarta, Sabtu.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam rangka menyambut festival kuliner "Flavours of India" (Cita Rasa India) di Jakarta, 12-28 Maret 2018.

Wakil Dubes India menambahkan, Islam merupakan agama kedua terbesar di India setelah Hindu, yang kedua pemeluknya hidup berdampingan dengan menerapkan toleransi, sama seperti di Indonesia.

"Jadi jangan khawatir soal halal dan haram, India punya banyak pilihan masakan, bahkan di negara kami juga sangat mudah mencari restoran halal," kata dia.

Gupta juga menjamin semua masakan yang akan disajikan dalam festival tersebut diolah secara halal, dan karena masyarakat India tidak mengkonsumsi daging sapi, semua daging ayam dan Ikan yang digunakan bersertifikat halal.

Dengan berbagai kesamaan itu, Gupta mengatakan makanan dapat menjadi alat terbaik untuk mempererat hubungan orang per orang atau "people-to-people contact" kedua negara.

Festival makanan "Flavours of India" diselenggarakan Kedutaan Besar bekerja sama dengan Hotel Westin Jakarta dengan menghadirkan ahli masakan India dari Mumbai, Chef Nandan Singh Dhami.

Selama festival berlangsung, Hotel Westin akan menyajikan lebih dari 50 jenis masakan mulai dari makanan pembuka, menu utama, hidangan penutup, hingga jajanan dan makanan ringan. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Pegadaian (Persero)

Rabu, 21 November 2018 - 14:35 WIB

Perkembangan Kinerja Pegadaian Selama Lima Tahun Terakhir Positif

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk, Harianto Widodo mengatakan, perkembangan kinerja Pegadaian selama 5 tahun belakangan ini selalu menunjukkan hal yang positif.

Pegadaian Raih Penghargaan Winner of The Best Marketing

Rabu, 21 November 2018 - 14:16 WIB

Tumbuh Dengan Produk Inovatif, Pegadaian Raih Penghargaan Winner of The Best Marketing

PT Pegadaian (persero) menerima penghargaan sebagai Winner of The Best Marketing untuk Chief Marketing Officer pada acara BUMN Branding & Marketing Award 2018, yang di selenggarakan oleh Majalah…

Pameran kuliner internasional Sial Interfood 2018 yang dibuka hari ini Rabu 21 hingga 24 November 2018 di JIExpo Kemayoran (Foto: INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 November 2018 - 13:52 WIB

Sial Intefood Dongkrak Kuliner Nusantara Tembus Pasar Internasional

Pameran Sial Interfood 2018 resmi dibuka hari ini. Pameran kuliner internasional ini diharapkan memperkenalkan dan semakin mempopulerkan kuliner khas Indonesia. Pameran yang berlangsung empat…

PIK Avenue hadirkan program Disneys Ralph Breaks The Internet: Wreck-It-Ralph 2

Rabu, 21 November 2018 - 13:30 WIB

Serunya Rangkaian Christmas Experience di PIK Avenue

Memeriahkan perayaan Natal dan Tahun Baru, PIK Avenue kembali menggelar rangkaian acara dan program belanja menarik untuk para pengunjung setianya mulai dari November 2018 hingga Januari 2019.

Pameran kuliner internasional Sial Interfood 2018 yang dibuka hari ini Rabu 21 hingga 24 November 2018 di JIExpo Kemayoran (Foto: INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 November 2018 - 13:24 WIB

Kembali Digelar, Pameran Kuliner Internasional Sial Interfood 2018 Targetkan Transaksi Rp 2 Triliun

Kabar gembira bagi Anda pecinta kuliner atau bahkan yang ingin memulai bisnis kuliner, sebabnya kini kembali hadir pameran Sial Interfood 2018 yang dibuka hari ini Rabu 21 hingga 24 November…