Kedubes India Yakinkan Makanan India Mengenal Halal dan Haram

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 10 Maret 2018 - 19:30 WIB

Kuliner Khas India, Roti Maryam (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Kuliner Khas India, Roti Maryam (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Wakil Duta Besar India untuk Indonesia Prakash Gupta mengatakan India dan Indonesia memiliki banyak kesamaan, termasuk konsep makanan halal dan haram.

"Orang sering lupa bahwa India adalah negara dengan penduduk Muslim terbesar kedua setelah Indonesia, jadi masyarakat India sangat familier dengan makanan halal atau haram," kata Gupta di Jakarta, Sabtu.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam rangka menyambut festival kuliner "Flavours of India" (Cita Rasa India) di Jakarta, 12-28 Maret 2018.

Wakil Dubes India menambahkan, Islam merupakan agama kedua terbesar di India setelah Hindu, yang kedua pemeluknya hidup berdampingan dengan menerapkan toleransi, sama seperti di Indonesia.

"Jadi jangan khawatir soal halal dan haram, India punya banyak pilihan masakan, bahkan di negara kami juga sangat mudah mencari restoran halal," kata dia.

Gupta juga menjamin semua masakan yang akan disajikan dalam festival tersebut diolah secara halal, dan karena masyarakat India tidak mengkonsumsi daging sapi, semua daging ayam dan Ikan yang digunakan bersertifikat halal.

Dengan berbagai kesamaan itu, Gupta mengatakan makanan dapat menjadi alat terbaik untuk mempererat hubungan orang per orang atau "people-to-people contact" kedua negara.

Festival makanan "Flavours of India" diselenggarakan Kedutaan Besar bekerja sama dengan Hotel Westin Jakarta dengan menghadirkan ahli masakan India dari Mumbai, Chef Nandan Singh Dhami.

Selama festival berlangsung, Hotel Westin akan menyajikan lebih dari 50 jenis masakan mulai dari makanan pembuka, menu utama, hidangan penutup, hingga jajanan dan makanan ringan. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Jaringan 5G

Senin, 21 Januari 2019 - 20:50 WIB

China Unicom dan ZTE Selesaikan Panggilan Telepon 5G Pertama di Dunia dengan Smartphone Prototipe 5G ZTE

ZTE Corporation, penyedia solusi telekomunikasi, perusahaan, dan teknologi terkemuka untuk internet seluler, mengumumkan bahwa China Unicom cabang Guangdong dan ZTE telah melakukan panggilan…

ACE Hardware

Senin, 21 Januari 2019 - 20:25 WIB

Tawarkan Solusi Kebutuhan Produk Harian, ACE Hadirkan Program Your Everyday Solutions

Terus manjakan konsumen dengan berbagai pilihan produk inovatif dan berkualitas, ACE tawarkan promo menarik untuk berbagai produk yang memudahkan kegiatan keseharian melalui program Your Everyday…

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat AMMdes di GIIAS 2018 (Foto: Dok. Liputan6)

Senin, 21 Januari 2019 - 20:10 WIB

Menperin Pastikan Produksi Massal AMMDes Akan Dimulai pada 2019

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto terus memacu peningkatan produktivitas dan daya saing alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) agar mampu kompetitif di pasar domestik hingga ekspor.…

Kemenperin serahkan AMMDes Pengolahan Air Jernih ke Sulteng (Foto: Kemenperin)

Senin, 21 Januari 2019 - 19:45 WIB

Kemenperin Salurkan Lima Unit AMMDes Pengolah Air Jernih ke Sulteng

Kementerian Perindustrian akan menyalurkan lima unit alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) yang berfungsi sebagai pengolah air jernih untuk tiga wilayah yang terkena dampak gempa di Provinsi…

Ilustrasi buku bacaan

Senin, 21 Januari 2019 - 18:08 WIB

Dua Belas Penulis Indonesia Hadir di London Fair 2019

Jakarta - British Council dan Komite Nasional menyeleksi penulis yang akan ditampilkan di London Book Fair 2019 dalam sejumlah acara yang bertujuan memperkenalkan kekayaan literasi Indonesia.