Berkunjung ke Kotawaringin Barat, Jangan Lupa Mencicipi Kopi Liberika

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 18 Februari 2018 - 04:43 WIB

 Agrowisata Kampung Kopi di Kotawaringin Barat (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Agrowisata Kampung Kopi di Kotawaringin Barat (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Pontianak- Kabupaten Kotawaringin Barat yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah ini banyak sekali potensi destinasi wisata. Mulai dari wisata alam, religi bahkan wisata sejarahnya.

Salah satunya yaitu destinasi wisata yang terus digenjot yaitu Agrowisata Kebun Kopi atau yang disebut Kampung Kopi yang letaknya di Desa Kumpai Batu Atas.

Desa Kumbai Atas merupakan sebuah desa di Kecamatan Arut Selatan, Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah. Desa ini, merupakan desa transmigrasi yang penduduknya berasal dari beberapa Kabupaten di Jawa Timur.

Menurut Sarianto, Kepala Desa Kumpai Batu Atas mengatakan, "Ini merupakan desa transmigrasi sejak tahun 1977. Jarak antara dari kota hanya 17 kilometer sekitar 20 menit dari kota sudah sampai," katanya kepada Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) saat mengunjungi Kotawaringin, Kalimantan Tengah, Sabtu (17/2/2018).

Sebelumnya, Kampung Kopi ini sempat meredup karena nilai kopi yang menurun di Desa Kumpai Batu Atas ini, ceritanya.

"Lima tahun lalu, nilai kopi di sini menurut akbiat adanya tekanan tanah. Setelah itu,  berkat dengan adanya kesadaran dan teman Selanting atau yang disebut Seruyan Lamandau Tanjung Puting yang merupakan sebuah organisasj yang bergerak dibidang promosi pariwisata, Kampung Kopi ini kembali bangkit," ungkap Dia.

Adapun kopi yang ditanam di Kampung Kopi ini adalah kopi berjenis Robusta dan Liberika. Namun, yang ditonjolkan di Kampung Kopi adalah yang berjenis liberika.

"Kopi liberika ini hanya berkembang di Jambi dan Kalimantan saja. Karena, jedua wilayah ini termasuk yang memiliki jenis tanah gambut," imbuh Sarianto.

Selain itu menurut Kelompo Sadar Wisata (Kopdarwis) Sauji atau yang disebut pemdandu wisata lokal ini mengatakan, selain kopi yang diunggulkan adapun kegiatan.

"Banyak obyek wisata di sini seperti budaya yaitu Reog, mengenalkan kuliner yaitu Tiwul, berbagai kehaiatan kerjinan hingga membuat kerupuk opak dan serta berkunjung ke kebun buah kelengkeng dan jeruk," ujarnya.

Saat ini, kampung kebun ini memiliki sebanyak 861 pohon kopi dimana ada 12 titik yang ditanami kopi Liberika.

Nah, bagi Kamu yang ingin berkunjung ke Desa Wisata Kumpai Batu Atas, mereka juga menyediakan berbagai paket seperi melihat kebun kopi, melihat proses pembutan kopi hingga mencicipi kopi Liberika. 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KKP Dorong Industri Mutiara Nasional Bersaing di Kancah Dunia

Selasa, 25 September 2018 - 18:00 WIB

Investor Tiongkok akan Berinvestasi Budi Daya Mutiara di Flores Timur

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Flores Timur Yohanes Kopong mengatakan sebanyak lima perusahaan berminat menamamkan modalnya atau berinvestasi…

Presiden Jokowi hUT Kadin (Foto Herlambang)

Selasa, 25 September 2018 - 18:00 WIB

Bergabungnya Rosan ke TKN Tak Pengaruhi Netralitas Pengusaha

Bergabungnya Ketua Umum Kamar Dagang dan Indonesia (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani dalam Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf tidak memengaruhi netralitas pengusaha, kata Ketua Bidang Organisasi…

Triawan Munaf, kepala Badan Ekonomi Kreatif (Foto: Hitsss)

Selasa, 25 September 2018 - 17:40 WIB

Ekonomi Kreatif Masa Depan Dunia

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengatakan ekonomi kreatif merupakan sektor andalan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat baik di Indonesia maupun dunia.

Ilustrasi Migas

Selasa, 25 September 2018 - 17:20 WIB

SKK Migas Nilai Lapangan Sukowati Potensial Produktif

Deputi Perencanaan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Jaffee Arizon Suardin menilai unit Asset 4 Sukowati Field merupakan salah satu blok migas…

Direktur Utama PGN, Gigih Prakoso

Selasa, 25 September 2018 - 17:01 WIB

Proses Akuisisi 51 Persen Saham Pertagas Selesai September

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus melaksanakan komitmennya untuk menyelesaikan proses akuisisi PT Pertamina Gas (Pertagas) sebagai tahap lanjutan usai induk BUMN Migas (Holding BUMN Migas)…