Berkunjung ke Kotawaringin Barat, Jangan Lupa Mencicipi Kopi Liberika

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 18 Februari 2018 - 04:43 WIB

 Agrowisata Kampung Kopi di Kotawaringin Barat (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Agrowisata Kampung Kopi di Kotawaringin Barat (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Pontianak- Kabupaten Kotawaringin Barat yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah ini banyak sekali potensi destinasi wisata. Mulai dari wisata alam, religi bahkan wisata sejarahnya.

Salah satunya yaitu destinasi wisata yang terus digenjot yaitu Agrowisata Kebun Kopi atau yang disebut Kampung Kopi yang letaknya di Desa Kumpai Batu Atas.

Desa Kumbai Atas merupakan sebuah desa di Kecamatan Arut Selatan, Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah. Desa ini, merupakan desa transmigrasi yang penduduknya berasal dari beberapa Kabupaten di Jawa Timur.

Menurut Sarianto, Kepala Desa Kumpai Batu Atas mengatakan, "Ini merupakan desa transmigrasi sejak tahun 1977. Jarak antara dari kota hanya 17 kilometer sekitar 20 menit dari kota sudah sampai," katanya kepada Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) saat mengunjungi Kotawaringin, Kalimantan Tengah, Sabtu (17/2/2018).

Sebelumnya, Kampung Kopi ini sempat meredup karena nilai kopi yang menurun di Desa Kumpai Batu Atas ini, ceritanya.

"Lima tahun lalu, nilai kopi di sini menurut akbiat adanya tekanan tanah. Setelah itu,  berkat dengan adanya kesadaran dan teman Selanting atau yang disebut Seruyan Lamandau Tanjung Puting yang merupakan sebuah organisasj yang bergerak dibidang promosi pariwisata, Kampung Kopi ini kembali bangkit," ungkap Dia.

Adapun kopi yang ditanam di Kampung Kopi ini adalah kopi berjenis Robusta dan Liberika. Namun, yang ditonjolkan di Kampung Kopi adalah yang berjenis liberika.

"Kopi liberika ini hanya berkembang di Jambi dan Kalimantan saja. Karena, jedua wilayah ini termasuk yang memiliki jenis tanah gambut," imbuh Sarianto.

Selain itu menurut Kelompo Sadar Wisata (Kopdarwis) Sauji atau yang disebut pemdandu wisata lokal ini mengatakan, selain kopi yang diunggulkan adapun kegiatan.

"Banyak obyek wisata di sini seperti budaya yaitu Reog, mengenalkan kuliner yaitu Tiwul, berbagai kehaiatan kerjinan hingga membuat kerupuk opak dan serta berkunjung ke kebun buah kelengkeng dan jeruk," ujarnya.

Saat ini, kampung kebun ini memiliki sebanyak 861 pohon kopi dimana ada 12 titik yang ditanami kopi Liberika.

Nah, bagi Kamu yang ingin berkunjung ke Desa Wisata Kumpai Batu Atas, mereka juga menyediakan berbagai paket seperi melihat kebun kopi, melihat proses pembutan kopi hingga mencicipi kopi Liberika. 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wisata Kapal Layar (Foto ist)

Selasa, 20 November 2018 - 11:29 WIB

Nias Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Sail Indonesia 2019

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek, dan Budaya Maritim menunjuk Nias, Sumatra Utara, sebagai kandidat tuan rumah Sail Indonesia 2018.

Logo Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) (hukumonline)

Selasa, 20 November 2018 - 11:06 WIB

YLKI Terima 72 Aduan Terkait Fintech

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengaku telah menerima 72 pengaduan konsumen terkait layanan finansial teknologi sepanjang tahun 2018. Dan tercatat ada 29 Fintech yang diadukan kepada…

CEO Bank Sleman, Muhammad Sigit (tengah), menerima Penghargaan Bank Terbaik, yang diserahkan Pendiri Indonesia-Asia Institute - Economic Review Hj.RAy. Irlisa Rachmadiana,S.Sn,MM dan disaksikan oleh Ketua Dewan Juri-APBI-VII-2018 Prof.Dr.Ir.Marsudi W

Selasa, 20 November 2018 - 11:02 WIB

Inilah Perbankan Terbaik Indonesia Peraih APBI-VII-2018 & ABPRI-VI-2018

Era Disrupsi digital membuat bank harus mengubah cara berpikir, sehingga lebih dinamis dalam dan aktif mencari konsumen, untuk terus berinovasi dalam menghadapi disrupsi Digital. Inilah perusahaan…

Kemenpar branding Wonderful Indonesia melalui bus double decker jurusan City-Mona Vale Sydney.

Selasa, 20 November 2018 - 10:37 WIB

Makin Agresif, Bus Wisata Wonderful Indonesia Keliling Australia

Promosi Wonderful Indonesia tidak henti-hentinya dilakukan Kementerian Pariwisata. Kali ini Australia menjadi target. Caranya, dengan mem-branding bus double decker jurusan City-Mona Vale Sydney.…

Di ajang Indonesia Modification Expo 2018, Suzuki pamerkan Suzuki All New Ertiga berjiwa muda dan dinamis

Selasa, 20 November 2018 - 10:26 WIB

Suzuki All New Ertiga Tampil Trendi dan Berjiwa Muda di Ajang Modifikasi Expo

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali hadir dalam ajang Indonesia Modification Expo 2018. Dalam ajang kali ini Suzuki berkolaborasi dengan Jakarta Sneaker Day untuk menyulap tampilan All New…