Kominfo Bakal Blok 40 Ribu Media Abal-Abal

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 12 Januari 2017 - 15:24 WIB

Kemen Kominfo
Kemen Kominfo

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Dalam menyambut Hari Pers Nasional Februari mendatang, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menertibkan sekitar 40 ribu media online abal-abal.

"Sampai sekarang sudah ada 40 ribu website online gak jelas di seluruh Indonesia. Kita akan bersihkan sebelum Hari Pers Nasional," kata Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Samuel Abrijani di Jakarta, Kamis (12/1/2017)

Menurut Semmy, istilah tidak jelas mengacu pada identitas dan entitas situs tersebut. Indikator pemblokiran yang dilakukan pemerintah, lewat Kominfo, dilihat dari jelas atau tidaknya kedudukan media yang ditarget blokir.

Beberapa indikator pemblokiran yang dimaksud Semmy, seperti tidak jelas struktur redaksinya, tak punya alamat kantor, dan tidak terdaftar di Dewan Pers.

Sementara itu, Ketua Dewan Pers Yosef Adi Prasetyo menambahkan verifikasi bagi media sangat berguna bila media massa tersebut mengalami gugatan hukum.

"Jika nanti ada gugatan kepada media massa yang telah terverifikasi mengenai kontennya, Dewan Pers akan ikut menengahi. Hal itu berguna untuk mendorong semua media massa untuk meningkatkan standar kompetensi jurnalistiknya," tandasnya.

Hadir dalam acara tersebut Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Rikwanto, Savic Ali (Media Komunitas Nadhlatul Ulama), Semuel Abrijani (Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo), Septiaji Eko Nugroho (Ketua Umum Komunitas Masyarakat Anti Hoax), dan Suwarjono (Ketua Aliansi Jurnalis Independent).(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Michael Essien. (Foto: IST)

Rabu, 29 Maret 2017 - 15:44 WIB

Essien Tidak Peduli Kritik Media Internasional

Mega Bintang Persib Bandung, Michael Essien tidak memedulikan kritikan yang dialamatkan kepadanya oleh berbagai media Internasional karena dianggap berlabuh di tim yang tidak diketahui sebelumnya.

Ketiga siswi SMA NU 2 Gresik mengolah jantung pisang (bg)

Rabu, 29 Maret 2017 - 15:39 WIB

Wow Tiga Siswi SMA Ini Sulap Jantung Pisang Jadi Obat Diabetes

Ditangan tiga siswi SMA NU 2 Gresik, jantung pisang yang biasanya cuma dijadikan sayur tersebut bisa disulap jadi obat kencing manis (diabetes).

Ilustrasi demonstasi buruh menuntut kenaikan UMK. (Bay Ismoyo/AFP)

Rabu, 29 Maret 2017 - 15:23 WIB

Batam Menjadi Kota dengan UMK Tertinggi di ASEAN

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kepri, Ir Cahya mengatakan, Pulau Batam sebagai tujuan investasi benar-benar tidak menarik lagi sekarang. Hal itu disebabkan, selain perizinan yang…

Kementerian Pariwisata dan Akademi Gastronomi Indonesia menyelenggarakan Dialog Gastronomi Nasional ke-2 dan Promosi Kuliner Wakatobi (Chodijah Febriyani/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 29 Maret 2017 - 15:20 WIB

Menpar Haruskan Food Street Segera Tersertifikasi

Wisata kuliner di Indonesia sangat beragam cita rasa. Untuk melestarikan kuliner khas Indonesia, perlu promosi terus menerus. Maka dari itu telah ditetapkan 'Soto' sebagai makanan nasional khas…

Abrasi di Pulau Tikus, Bengkulu. (Foto: IST)

Rabu, 29 Maret 2017 - 15:20 WIB

Abrasi Pulau Tikus Bengkulu Makin Parah

Para nelayan di Kota Bengkulu menyebutkan abrasi atau pengikisan daratan Pulau Tikus, pulau tak berpenghuni berjarak 10 mil laut dari Kota Bengkulu semakin parah yang membuat daratan pulau itu…