Terminal Dua Bandara Incheon Korsel Dihiasi dengan "Artport"

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 20 Januari 2018 - 15:00 WIB

Artport di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan (Foto:Park Hyun-koo/The Korea Herald)
Artport di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan (Foto:Park Hyun-koo/The Korea Herald)

INDUSTRY.co.id, Korea Selatan - Salah satu hal yang menarik wisatawan selain destinasi wisata yang ada di daerah tersebut adalah bandaranya yang ada di daerah tersebut. Salah satunya yakni Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan yang menarik perhatian wisatawan.

Terminal 2 Bandara Internasional tersebut memiliki keunikan tersendiri, yakni dengan adanya berbagai macam seni yang ditampilkan di bandara tersebut.

Proyek terbaru ini, mengajak seluruh seninam dari seluruh penjuru dunia seperti pematung Perancis, Julius Popp dan seniman media Jerman, Xavier Veilhan. Proyek ini dikuratori dan ditampilkan oleh sebuah konsorsium yang dipimpin oleh Daehong Communications, Gana Art and design be: CHE.

Proyek yang disebut "Artport," Bandara Internasional Incheon menampilkan karya seni di seluruh terminal, mulai dari lukisan hingga instalasi.

"Bandara tersebut ingin meningkatkan pengalaman perjalanan penumpang dengan menggunakan karya seni di terminal, Bandara bahkan mencoba mendapatkan akreditasi pemerintah sebagai museum seni," kata pejabat bandara, dikutip dari koreaherald, Jumat (19/1/2018).

Seniman Jerman, Julius Popp juga menekankan pentingnya esensi bandara. Popp melihat bandara "saluran yang membawa orang ke tempat dan budaya yang berbeda."

Bagi Popp, bandara adalah tempat yang memungkinkan penumpang untuk bertemu dan mengalami hal-hal yang berbeda dan asing bagi mereka. "

"Saya ingin orang-orang yang mengunjungi bandara untuk melihat pekerjaan saya sebagai metafora untuk komunikasi dan pertukaran di antara budaya yang berbeda," kata Popp.

Salah satu karya Popp "bit.fall" adalah seni instalasi, yang terletak di area klaim bagasi, menampilkan air yang jatuh dalam bentuk huruf dalam sembilan bahasa yang berbeda yang diambil dari beragam sumber berita di seluruh dunia.

"Dengan karya Popp, yang menggunakan air sebagai mediumnya, bandara tersebut ingin menciptakan rasa nyaman di area klaim bagasi dimana penumpang bisa merasa lelah," kata Yeom Soo-hyun, General Manager di Gana Art.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran Generali Protection (G-PRO) (Foto: Ridwan/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 Februari 2018 - 18:20 WIB

Generali Gandeng Bank BTN Berikan Perlindungan Penyakit Kritis Bagi Nasabah KPR

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia)bersama PT Bank Tabungan Negara (Persero)kembali meluncurkan Generali Protection (G-PRO).

Ilustrasi Pekerja Pabrik Sarung Tangan Karet (Ist)

Rabu, 21 Februari 2018 - 17:50 WIB

Industri Sarung Tangan Karet, Dari 40 Pabrik Tersisa 5 Pabrik, Mengerikan!

Isu penutupan pabrik hingga saat ini masih menjadi perbincangan hangat di kalangan para pelaku industri. Harga gas yang tak kunjung turun menjadi pemicu tutupnya beberapa pabrik di Indonesia.

Achmad Widjaja, Wakil Ketua Komite Tetap Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Bidang Industri Hulu dan Petrokimia

Rabu, 21 Februari 2018 - 17:03 WIB

Kisruh Harga Gas Buat Investor Wait and See, Industri Petrokimia Makin Tak Matang

Investasi sektor petrokimia hingga saat ini masih belum ada perencanaan yang matang. Pasalnya, investor masih menunggu ketegasan pemerintah terkait penurunan harga gas untuk industri.

CEO blanja.com Aulia E Marinto

Rabu, 21 Februari 2018 - 17:00 WIB

Industri UMKM Harus Punya Kreativitas E-Commerce

Ketua Umum Indonesia E-Commerce Association (Idea) Aulia E Marinto mengatakan industri usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) harus memiliki kreativitas dalam memberdayakan "e-commerce" (perdagangan…

LUNA V Lite

Rabu, 21 Februari 2018 - 16:41 WIB

Fokus ke Produk, LUNA Smartphone Optimis Kuasai Pasar Dalam 3 Tahun

Luna V Lite dengan layar Fullscreen rasio 18:9 mampu menghadirkan kualitas yang sama dengan harga yang cukup fantastis yaitu 1,7 jutaan.