Terminal Dua Bandara Incheon Korsel Dihiasi dengan "Artport"

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 20 Januari 2018 - 15:00 WIB

Artport di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan (Foto:Park Hyun-koo/The Korea Herald)
Artport di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan (Foto:Park Hyun-koo/The Korea Herald)

INDUSTRY.co.id, Korea Selatan - Salah satu hal yang menarik wisatawan selain destinasi wisata yang ada di daerah tersebut adalah bandaranya yang ada di daerah tersebut. Salah satunya yakni Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan yang menarik perhatian wisatawan.

Terminal 2 Bandara Internasional tersebut memiliki keunikan tersendiri, yakni dengan adanya berbagai macam seni yang ditampilkan di bandara tersebut.

Proyek terbaru ini, mengajak seluruh seninam dari seluruh penjuru dunia seperti pematung Perancis, Julius Popp dan seniman media Jerman, Xavier Veilhan. Proyek ini dikuratori dan ditampilkan oleh sebuah konsorsium yang dipimpin oleh Daehong Communications, Gana Art and design be: CHE.

Proyek yang disebut "Artport," Bandara Internasional Incheon menampilkan karya seni di seluruh terminal, mulai dari lukisan hingga instalasi.

"Bandara tersebut ingin meningkatkan pengalaman perjalanan penumpang dengan menggunakan karya seni di terminal, Bandara bahkan mencoba mendapatkan akreditasi pemerintah sebagai museum seni," kata pejabat bandara, dikutip dari koreaherald, Jumat (19/1/2018).

Seniman Jerman, Julius Popp juga menekankan pentingnya esensi bandara. Popp melihat bandara "saluran yang membawa orang ke tempat dan budaya yang berbeda."

Bagi Popp, bandara adalah tempat yang memungkinkan penumpang untuk bertemu dan mengalami hal-hal yang berbeda dan asing bagi mereka. "

"Saya ingin orang-orang yang mengunjungi bandara untuk melihat pekerjaan saya sebagai metafora untuk komunikasi dan pertukaran di antara budaya yang berbeda," kata Popp.

Salah satu karya Popp "bit.fall" adalah seni instalasi, yang terletak di area klaim bagasi, menampilkan air yang jatuh dalam bentuk huruf dalam sembilan bahasa yang berbeda yang diambil dari beragam sumber berita di seluruh dunia.

"Dengan karya Popp, yang menggunakan air sebagai mediumnya, bandara tersebut ingin menciptakan rasa nyaman di area klaim bagasi dimana penumpang bisa merasa lelah," kata Yeom Soo-hyun, General Manager di Gana Art.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno (Dok Industry.co.id)

Jumat, 17 Agustus 2018 - 18:46 WIB

Ke Ternate, Menteri BUMN Tinjau Kondisi Korban KMP Bandeng

Pasca insiden karamnya Kapal Motor Penumpang (KMP) Bandeng milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) di perairan Loloda, Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara pada Rabu (15/8) lalu, Menteri Badan…

Presiden Jokowi dan Ibu negara Iriana Jokowi (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 17 Agustus 2018 - 18:39 WIB

Gubernur Olly Akui Presiden Jokowi Perhtikan Kesejahteraan Veteran

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang memperhatikan kesejahteraan seluruh veteran di Indonesia dengan menaikkan tunjangan kehormatan sebesar…

Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek pengerjaan Tol Bocimi

Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:15 WIB

Pembangunan Infrastruktur Menumbuhkan Sentra Ekonomi Baru

Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah di berbagai daerah dapat menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru, kata Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Profesor…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto Ist)

Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:00 WIB

Menteri Basuki Pastikan Tak Ada Proyek Baru Kecuali Bendungan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tidak ada proyek infrastruktur baru yang dikerjakan Pemerintah pada 2019 kecuali pembangunan bendungan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Jumat, 17 Agustus 2018 - 16:45 WIB

Menteri PUPR Basuki akan Prioritaskan Belanja Modal

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tambahan alokasi anggaran akan diprioritaskan untuk belanja modal yang dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.…