Terminal Dua Bandara Incheon Korsel Dihiasi dengan "Artport"

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 20 Januari 2018 - 15:00 WIB

Artport di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan (Foto:Park Hyun-koo/The Korea Herald)
Artport di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan (Foto:Park Hyun-koo/The Korea Herald)

INDUSTRY.co.id, Korea Selatan - Salah satu hal yang menarik wisatawan selain destinasi wisata yang ada di daerah tersebut adalah bandaranya yang ada di daerah tersebut. Salah satunya yakni Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan yang menarik perhatian wisatawan.

Terminal 2 Bandara Internasional tersebut memiliki keunikan tersendiri, yakni dengan adanya berbagai macam seni yang ditampilkan di bandara tersebut.

Proyek terbaru ini, mengajak seluruh seninam dari seluruh penjuru dunia seperti pematung Perancis, Julius Popp dan seniman media Jerman, Xavier Veilhan. Proyek ini dikuratori dan ditampilkan oleh sebuah konsorsium yang dipimpin oleh Daehong Communications, Gana Art and design be: CHE.

Proyek yang disebut "Artport," Bandara Internasional Incheon menampilkan karya seni di seluruh terminal, mulai dari lukisan hingga instalasi.

"Bandara tersebut ingin meningkatkan pengalaman perjalanan penumpang dengan menggunakan karya seni di terminal, Bandara bahkan mencoba mendapatkan akreditasi pemerintah sebagai museum seni," kata pejabat bandara, dikutip dari koreaherald, Jumat (19/1/2018).

Seniman Jerman, Julius Popp juga menekankan pentingnya esensi bandara. Popp melihat bandara "saluran yang membawa orang ke tempat dan budaya yang berbeda."

Bagi Popp, bandara adalah tempat yang memungkinkan penumpang untuk bertemu dan mengalami hal-hal yang berbeda dan asing bagi mereka. "

"Saya ingin orang-orang yang mengunjungi bandara untuk melihat pekerjaan saya sebagai metafora untuk komunikasi dan pertukaran di antara budaya yang berbeda," kata Popp.

Salah satu karya Popp "bit.fall" adalah seni instalasi, yang terletak di area klaim bagasi, menampilkan air yang jatuh dalam bentuk huruf dalam sembilan bahasa yang berbeda yang diambil dari beragam sumber berita di seluruh dunia.

"Dengan karya Popp, yang menggunakan air sebagai mediumnya, bandara tersebut ingin menciptakan rasa nyaman di area klaim bagasi dimana penumpang bisa merasa lelah," kata Yeom Soo-hyun, General Manager di Gana Art.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pabrik Elektronik

Jumat, 19 Oktober 2018 - 20:10 WIB

Kemenperin Dorong Penguatan Struktur Industri Elektronika Lewat Investasi

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong penguatan struktur industri elektronika di dalam negeri melalui peningkatan investasi.

Kementerian PUPR Serah Terima Hibah Aset Senilai Rp 1,86 Triliun

Jumat, 19 Oktober 2018 - 19:22 WIB

Kementerian PUPR Serah Terima Hibah Aset Senilai Rp 1,86 Triliun

Aset tersebut adalah infrastruktur permukiman yang telah selesai dibangun oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya dan dikelola oleh Pemerintah Daerah/Lembaga.

Kepala BPPI Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara

Jumat, 19 Oktober 2018 - 19:10 WIB

Pangkas Impor 20 Persen, Kemenperin Tingkatkan Suplai Bahan Baku Industri Komponen Elektronik

Salah satu unit pelayanan teknis (UPT) Kementerian Perindustrian, Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) Bandung, berkomitmen melakukan penguatan terhadap industri komponen elektronika di…

Kementerian Kesehatan peringati Hari Osteoporosis

Jumat, 19 Oktober 2018 - 19:05 WIB

Cegah Osteoporosis Sejak Dini, Kementerian Kesehatan Ajak Masyarakat Indonesia Hidup Aktif Mulai dari Diri Sendiri

Sebagai rangkaian dari Hari Osteoporosis 2018. Kementerian Kesehatan RI mengadakan senam rekreasi bersama di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Borobudur Menteng, Jakarta Pusat.

Mola tv

Jumat, 19 Oktober 2018 - 19:00 WIB

Mola TV Memenangkan Hak Eksklusif Siarkan Premier League di Indonesia dan Timor Leste

Mola TV, perusahaan media AS-Indonesia yang baru saja dibentuk, telah memenangkan hak eksklusif untuk menyiarkan Premier League di Indonesia dan Timor Leste dan akan menyiarkan Premier League…