Terminal Dua Bandara Incheon Korsel Dihiasi dengan "Artport"

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 20 Januari 2018 - 15:00 WIB

Artport di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan (Foto:Park Hyun-koo/The Korea Herald)
Artport di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan (Foto:Park Hyun-koo/The Korea Herald)

INDUSTRY.co.id, Korea Selatan - Salah satu hal yang menarik wisatawan selain destinasi wisata yang ada di daerah tersebut adalah bandaranya yang ada di daerah tersebut. Salah satunya yakni Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan yang menarik perhatian wisatawan.

Terminal 2 Bandara Internasional tersebut memiliki keunikan tersendiri, yakni dengan adanya berbagai macam seni yang ditampilkan di bandara tersebut.

Proyek terbaru ini, mengajak seluruh seninam dari seluruh penjuru dunia seperti pematung Perancis, Julius Popp dan seniman media Jerman, Xavier Veilhan. Proyek ini dikuratori dan ditampilkan oleh sebuah konsorsium yang dipimpin oleh Daehong Communications, Gana Art and design be: CHE.

Proyek yang disebut "Artport," Bandara Internasional Incheon menampilkan karya seni di seluruh terminal, mulai dari lukisan hingga instalasi.

"Bandara tersebut ingin meningkatkan pengalaman perjalanan penumpang dengan menggunakan karya seni di terminal, Bandara bahkan mencoba mendapatkan akreditasi pemerintah sebagai museum seni," kata pejabat bandara, dikutip dari koreaherald, Jumat (19/1/2018).

Seniman Jerman, Julius Popp juga menekankan pentingnya esensi bandara. Popp melihat bandara "saluran yang membawa orang ke tempat dan budaya yang berbeda."

Bagi Popp, bandara adalah tempat yang memungkinkan penumpang untuk bertemu dan mengalami hal-hal yang berbeda dan asing bagi mereka. "

"Saya ingin orang-orang yang mengunjungi bandara untuk melihat pekerjaan saya sebagai metafora untuk komunikasi dan pertukaran di antara budaya yang berbeda," kata Popp.

Salah satu karya Popp "bit.fall" adalah seni instalasi, yang terletak di area klaim bagasi, menampilkan air yang jatuh dalam bentuk huruf dalam sembilan bahasa yang berbeda yang diambil dari beragam sumber berita di seluruh dunia.

"Dengan karya Popp, yang menggunakan air sebagai mediumnya, bandara tersebut ingin menciptakan rasa nyaman di area klaim bagasi dimana penumpang bisa merasa lelah," kata Yeom Soo-hyun, General Manager di Gana Art.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Pegadaian (Persero)

Jumat, 25 Mei 2018 - 18:00 WIB

OJK: 24 Pelaku Usaha Pegadaian Sudah Terdaftar

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan, baru 24 dari 585 pelaku usaha pegadaian di seluruh Indonesia yang terdaftar dan mendapatkan izin dari otoritas keuangan tersebut.

Sinar Mas Land, Program BBQ (Foto : Anisa Triyuli)

Jumat, 25 Mei 2018 - 17:59 WIB

Sinar Mas Land Buat Program Berantas Buta Al Qur'an di 50 Masjid

Pada bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah tahun 2018, Sinar Mas Land membuat program Berantas Buta Quran (BBQ), di 50 masjid BSD, Tangerang.

Gulai Lemea, Kuliner Khas Ramadan Suku Rejang Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu (Ist)

Jumat, 25 Mei 2018 - 17:30 WIB

Mencicipi Gulai Lemea, Kuliner Lezat Khas Bengkulu Saat Ramadan

Indonesia, kaya akan keanekaragam kuliner yang lezat seperti kuliner khas Suku Rejang Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, yakni Gulai "Lemea" yang saat ini banyak dicari oleh kalangan…

Memasuki pekan kedua Ramadan, Pertamina mencatat konsumsi LPG menunjukkan peningkatan 5% dari rata-rata konsumsi normal.

Jumat, 25 Mei 2018 - 17:30 WIB

Jelang Lebaran 2018, Pertamina Bentuk Satgas BBM dan LPG

Pertamina memproyeksikan selama bulan Ramadan hingga Idul Fitri 2018 konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji harian secara nasional naik rata-rata 15% bila dibandingkan dengan hari biasanya.

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Jumat, 25 Mei 2018 - 17:28 WIB

IHSG Jumat Ditutup Menguat 29,20 Poin

Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat, ditutup menguat sebesar 29,20 poin seiring dengan kondisi pasar yang mulai pulih.