Pura Barutama Akan Pasok Kertas Uang ke Amerika Selatan Tahun Depan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 20 Desember 2017 - 13:55 WIB

Uang (Ilustrasi)
Uang (Ilustrasi)

INDUSTRY co.id -Kudus - Perusahaan percetakan dan pabrik kertas, PT Pura Barutama berencana memasok kebutuhan kertas uang untuk Amerika Selatan pada 2018 mendatang.

Presiden Direktur PT Pura Barutama Moeljono Soebijanto mengatakan, negara yang akan menjadi tujuan ekspor kertas uang adalah Chile dan Guatemala. "Kami saat ini sudah merambah ke negara Asia, di antaranya India, Nepal, dan Vietnam. Pasar terbesar kami di India yang kebutuhannya mencapai 4.000 hingga 5.000 ton," kata Moeljono dalam temu media di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (19/12/2017).

PT Pura Barutama merupakan satu dari dua produsen kertas uang di Asia, selain di Korea Selatan. Kegiatan bisnis Pura memenuhi kebutuhan dalam dan luar negeri. Pura juga memasok kertas uang dengan tanda air (watermark) dan benang pengaman untuk beberapa pecahan mata uang rupiah.

"Kami memasok kertas uangnya, dan yang mencetak (rupiah) adalah Peruri," kata Moeljono.

Ia mengatakan bahwa kertas untuk bahan cetak uang dibuat dengan mesin cetak khusus dan menggunakan bahan dasar kapas yang diimpor dari Uzbekistan.

"Namun, kami juga menggunakan bahan baku lain selain kapas untuk pembuatan kertas uang dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mencapai 45 hingga 50 persen," kata Moeljono.

Sementara, General Manager Divisi Kertas PT Pura Barutama, Mastamto meyakinkan, kertas uang yang diproduksi pihaknya memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga tidak mudah dipalsukan.

"Kami mempunyai spesialisasi untuk mesin pembuat kertas uang. Tidak ada uang palsu yang menggunakan kertas uang karena biasanya pencetak uang palsu hanya melakukan duplikasi dengan cara dicetak biasa," kata Mastamto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

R&R Public Relations Raih Penghargaan PR Agency of The Year 2018

Senin, 19 November 2018 - 11:18 WIB

Jelang Dua Dekade Eksistensi, R&R Public Relations Raih Penghargaan PR Agency of The Year 2018

Berpengalaman lebih dari 18 tahun di industri kehumasan, R&R Public Relations sebagai PR agency lokal peroleh penghargaan "PR Agency of the Year 2018" dalam ajang Indonesia PR Program of the…

Menteri Perindutrian Airlangga Hartarto ketika mengunjungi pabrik karet PT New Kalbar Processors (NKP) di Kabupaten Kubu Raya,Kalimantan Barat (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 11:15 WIB

Kunjungi New Kalbar Processors, Menperin Janji Tumbuhkan Industri Pengolahan Karet Remah

Kementerian Perindustrian terus mendorong pertumbuhan sektor industri pengolahan crumb rubber (karet remah). Oleh karena itu, melalui Paket Kebijakan Ekonomi XVI yang telah dikeluarkan pemerintah,…

Kepala Pusdatin Kementan I Ketut Kariyasa

Senin, 19 November 2018 - 11:12 WIB

Produktivitas Tenaga Kerja Sektor Pertanian Meningkat

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan), Ketut Kariyasa menegaskan produktivitas tenaga kerja…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Senin, 19 November 2018 - 11:02 WIB

Akademisi Sebut Produksi bukan Variabel Tunggal dalam Kenaikan Harga Beras

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Harga beras yang diberitakan mengalami kenaikan belakangan ini turut mendapat sorotan dari pakar ekonomi pertanian Luthfi Fatah.

Fintech (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 10:30 WIB

Hindari Jeratan Pinjaman Online, Ini Tujuh Poin yang Harus Diperhatikan Menurut YLKI

Praktik bisnis pinjaman online (pinjol) terus merebak, bahkan masif. Pemerintah pun berbangga, menepuk dada, sementara ribuan konsumen merana, menjadi korban pinjol.