Pura Barutama Akan Pasok Kertas Uang ke Amerika Selatan Tahun Depan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 20 Desember 2017 - 13:55 WIB

Uang (Ilustrasi)
Uang (Ilustrasi)

INDUSTRY co.id -Kudus - Perusahaan percetakan dan paik kertas, PT Pura Barutama berencana memasok kebutuhan kertas uang untuk Amerika Selatan pada 2018 mendatang.

Presiden Direktur PT Pura Barutama Moeljono Soebijanto mengatakan, negara yang akan menjadi tujuan ekspor kertas uang adalah Chile dan Guatemala. "Kami saat ini sudah merambah ke negara Asia, di antaranya India, Nepal, dan Vietnam. Pasar terbesar kami di India yang kebutuhannya mencapai 4.000 hingga 5.000 ton," kata Moeljono dalam temu media di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (19/12/2017).

PT Pura Barutama merupakan satu dari dua produsen kertas uang di Asia, selain di Korea Selatan. Kegiatan bisnis Pura memenuhi kebutuhan dalam dan luar negeri. Pura juga memasok kertas uang dengan tanda air (watermark) dan benang pengaman untuk beberapa pecahan mata uang rupiah.

"Kami memasok kertas uangnya, dan yang mencetak (rupiah) adalah Peruri," kata Moeljono.

Ia mengatakan bahwa kertas untuk bahan cetak uang dibuat dengan mesin cetak khusus dan menggunakan bahan dasar kapas yang diimpor dari Uzbekistan.

"Namun, kami juga menggunakan bahan baku lain selain kapas untuk pembuatan kertas uang dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mencapai 45 hingga 50 persen," kata Moeljono.

Sementara, General Manager Divisi Kertas PT Pura Barutama, Mastamto meyakinkan, kertas uang yang diproduksi pihaknya memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga tidak mudah dipalsukan.

"Kami mempunyai spesialisasi untuk mesin pembuat kertas uang. Tidak ada uang palsu yang menggunakan kertas uang karena biasanya pencetak uang palsu hanya melakukan duplikasi dengan cara dicetak biasa," kata Mastamto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius

Minggu, 23 September 2018 - 07:00 WIB

Kepala BNPT Tegaskan Aksi Teror Bukan Rekayasa

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius menegaskan bahwa aksi teror yang beberapa kali terjadi bukanlah hasil rekayasa sebagaimana dipropagandakan di media…

Perusahaan Umum (Perum) ini tetap fokus memasarkan rumah subsidi di ajang pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2018. Perumnas sebagai peserta dipameran IPEX 2018 distand No.24 Hall A JCC

Minggu, 23 September 2018 - 07:00 WIB

Hadir di IPEX 2018, Perumnas Andalkan Hunian Terintegrasi Transportasi

Pengembang plat merah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berbentuk Perusahaan Umum (Perum) ini tetap fokus memasarkan rumah subsidi di ajang pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2018.

Apartemen di Jakarta (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 23 September 2018 - 06:33 WIB

Lima Pilihan Hunian di Bawah Rp 250 Juta

Jangan pernah berhenti untuk berjuang untuk memiliki rumah, kendati harga rumah setiap tahunnya selalu naik, bagi mereka pembeli rumah pertama sebaiknya jangan pernah menunda untuk membeli rumah…

Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 23 September 2018 - 06:30 WIB

Capres Prabowo Tegaskan, Jangan Jadi Antek Asing

Calon Presiden RI nomor urut 2, Prabowo Subianto mengingatkan bahwa bangsa Indonesia harus berdaulat di negaranya sendiri dan jangan menjadi antek asing.

Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto (Foto Dok KPU)

Minggu, 23 September 2018 - 06:00 WIB

Ingin Indonesia Sejahtera, 300 Purnawirawan Jenderal Dukung Prabowo-Sandiaga

Sebanyak 300 purnawirawan jenderal memberikan dukungan kepada pasangan calon presiden dan calon wakil nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dalam Pemilihan Presiden 2019.