Pura Barutama Akan Pasok Kertas Uang ke Amerika Selatan Tahun Depan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 20 Desember 2017 - 13:55 WIB

Uang (Ilustrasi)
Uang (Ilustrasi)

INDUSTRY co.id -Kudus - Perusahaan percetakan dan pabrik kertas, PT Pura Barutama berencana memasok kebutuhan kertas uang untuk Amerika Selatan pada 2018 mendatang.

Presiden Direktur PT Pura Barutama Moeljono Soebijanto mengatakan, negara yang akan menjadi tujuan ekspor kertas uang adalah Chile dan Guatemala. "Kami saat ini sudah merambah ke negara Asia, di antaranya India, Nepal, dan Vietnam. Pasar terbesar kami di India yang kebutuhannya mencapai 4.000 hingga 5.000 ton," kata Moeljono dalam temu media di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (19/12/2017).

PT Pura Barutama merupakan satu dari dua produsen kertas uang di Asia, selain di Korea Selatan. Kegiatan bisnis Pura memenuhi kebutuhan dalam dan luar negeri. Pura juga memasok kertas uang dengan tanda air (watermark) dan benang pengaman untuk beberapa pecahan mata uang rupiah.

"Kami memasok kertas uangnya, dan yang mencetak (rupiah) adalah Peruri," kata Moeljono.

Ia mengatakan bahwa kertas untuk bahan cetak uang dibuat dengan mesin cetak khusus dan menggunakan bahan dasar kapas yang diimpor dari Uzbekistan.

"Namun, kami juga menggunakan bahan baku lain selain kapas untuk pembuatan kertas uang dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mencapai 45 hingga 50 persen," kata Moeljono.

Sementara, General Manager Divisi Kertas PT Pura Barutama, Mastamto meyakinkan, kertas uang yang diproduksi pihaknya memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga tidak mudah dipalsukan.

"Kami mempunyai spesialisasi untuk mesin pembuat kertas uang. Tidak ada uang palsu yang menggunakan kertas uang karena biasanya pencetak uang palsu hanya melakukan duplikasi dengan cara dicetak biasa," kata Mastamto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka dok

Sabtu, 23 Juni 2018 - 20:57 WIB

Setelah Morotai dan Tanjung Lesung, Jababeka Incar KEK di Bangka Belitung

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. (kode saham KIJA) memberi sinyal hendak mengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) di Provinsi Bangka Belitung.

Penyanyi Ed Sheeran. (Foto: NME)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 19:30 WIB

Ed Sheeran Akui Tak Gunakan Layanan Streaming Musik

Ed Sheeran rupanya tidak pernah menggunakan jasa layanan streaming musik untuk mempromosikan lagu-lagunya. Seperti yang diketahui, Shape of You milik Ed Sheeran menjadi salah satu lagu yang…

Kementerian Perindustrian. (Fofo: kemenperin.go.id)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:52 WIB

Kemenperin Tengah Godok Insentif Penerapan Industri Hijau

Kementerian Perindustrian mewacanakan insentif fiskal dan nonfiskal sebagai upaya untuk menerapkan industri hijau yang bersifat wajib.

Ribuan UMKM memadati acara sosialisasi PPh Final UMKM 0,5% yang dilakukan Presiden Jokowi di Sanur, Bali, Sabtu (23/6). (Dok: Kemenkop)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:44 WIB

UMKM Bali Antusias Sambut Penurunan PPh Final 0,5 Persen

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di provinsi Bali menyambut baik kebijakan pemerintah menurunkan pajak penghasilan (PPh) final UMKM yang semula 1% menjadi 0,5% mulai 1 Juli 2018…

Aktris Scarlett Johansson, menjadi Black Widow. (Foto: Independent)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 17:35 WIB

Marvel Kantongi Tiga Sutradara Wanita untuk Garap Black Widow

Marvel Studios semakin menseleksi daftar sutradara wanita untuk menggarap proyek film Black Widow. Marvel sendiri sudah mengantongi tiga nama kandidat, yakni Cate Shortland, Amme Asante dan…