TCASH Pemain Fintech Nomor Tiga Terbesar di Indonesia

Oleh : Kormen Barus, Ridwan | Minggu, 17 Desember 2017 - 14:52 WIB

Danu Wicaksana CEO TCash (dok INDUSTRY.co.id)
Danu Wicaksana CEO TCash (dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, CEO TCASH Danu Wicaksana menargetkan, tahun depan TCASH minimal bisa akan naik 100 persen. Kira-kira bisa mencapai 10 juta user lebih yang aktif.

Memang tidak ada data resmi tentang market share, tetapi TCASH tercatat sebagai salah satu pemain utama di mobile financial service e-money yang terbesar di Indonesia, masuk sebagai pemain terbesar nomor tiga di Indonesia.

Ada beberapa report termasuk dari e-marketers yang melaporkan, perusahaannya kami sebagai pemain terbesar nomor tiga di Indonesia, ujar CEO of TCASH, Danu Wicaksana kepada redaksi INDUSTRY.co.id dikantornya beberapa waktu lalu.

Danu Wicaksana, memaparkan, untuk perkembangan bisnisnya sendiri, sampai saat ini sudah memiliki kurang lebih 5juta user.

"Memang dari 5juta ini segmentasinya berbeda-beda. Ada yang pengguna lifestyle. Karena dari segi transaksi pun berbeda-beda. Kebanyakan mereka menggunakan TCASH sebagai alat untuk kenyamanan, dan segmen berikutnya adalah mikro," papar Danu.

Menurut Danu, orang-orang yang masih belum memiliki akses terhadap perbankan. Kebanyakan yang tinggal di kota-kota kecil. Mereka menggunakan TCASH untuk masuk ke sistem keuangan.

Jadi TCASH, menurutnya, sebagai tabungan pertama mereka. Di dalam melayani nasabah, TCASH memang banyak kerjasama dengan pihak perbankan.

Progres-nya so far so good kita naik tiap tahun lebih dari 100 persen (interm of active user). Selain itu kita juga agak berbeda dengan e-money lain. Penggunakita tersebar di 34 provinsi. Artinya seluruh provinsi di Indonesia ada pengguna TCASH, karena based kita adalah Telkomsel yang tersebar dimana-mana, papar lulusan teknik kimia di ITB, Peraih Master Teknik Kimia dari University of Birmingham di UK dan MBA di Worton Business School di pensilvania US, ini.

Dikatakan Danu, Fintech start-up cukup banyak, ada Peer-to-peer lending, ada juga yang disebut financial production comparison, ada juga credit rating, ada juga khusus pembayaran. Kalau TCASH sebenarnya end to end.

Dengan produk utama saat ini adalah payment, tapi TCASH juga lagi pilot untuk tawarkan loan ke user terutama yang mikro. Dalam menawarkan loan ini, TCASH bekerjasama dengan BTN.

Menyinggung soal risiko, Danu menjelaskan, kadang-kadang ada pemahaman yang kurang menyeluruh di masyarakat. Karena TCASH adalah server based. Risiko untuk konsumen lebih kecil.

Selain itu, setiap transaksi TCASH minta pin. Artinya TCASH bisa memberikan kenyamanan yang maskimal. Saat ini TCASH, lanjut Danu, masih tahap awal. Artinya TCASH sedang berada pada tahap edukasi market. Berdasarkan data terakhir dari bank dunia, 83 persen transaksi yang terjadi di Indonesia adalah masih menggunakan uang tunai.

Hanya 17 persen yang menggunakan uang elektronik dan itu sangat masif. Artinya kedepan itu peluangnya sangat besar untuk menurunkan cash transaction.

Jadi buat saya, memang pemain sudah sangat banyak kompetisinya di bilang sangat terfragmentasi. Ke depan masih akan terjadi seperti ini, karena masih diawal industri. Kedepan lama-lama akan converging dan menyisakan dua-tiga yang besar dan bertahan, ujarnya.

Menurut Danu, pihaknya belum tahu market share TCASH. Namun ada survey, market TCASH sebesar 30 persen, dan menjadi peringkat ketiga. Itu menjadi cukup mampu menggali pasar. TCASH tidak begitu saja puas.

Telkomsel Itu 150 juta lebih penggunanya, jadi TCASH, kata Danu, paling tidak bisa double next nya.

Terkait soal investasi, menurut Danu, tergantung kompasitas dari platform yang dibutuhkan dan juga dari target itu sendiri. TCASH ingin mendorong program pemerintah cashless society sehingga target TCASH keseluruhan jadi investasi yang disiapkan cukup besar.

Tapi yang pasti paling besar investasi untuk teknologi platform. Namun, banyak juga investasi TCASH untuk mengakuisisi merchant, dimana hampir 4000 merchantTCASH di seluruh Indonesia.

Bicara soal tantangan, menurut Danu, sangat terbuka dan pasti makin berat. Karena banyak perusahaan baik lokal maupun asing yang sudah melihat potensi pasar fintech, sehingga banyak juga investasi asing yang masuk ke Indonesia.

Tapi TCASH, sebagai pemain yang sebagian sahamnya dimiliki negara, memiliki mandat dan kewajiban harus bisa menang di ranah sendiri.

Target tahun depan minimal kita akan naik 100 persen. Jadi kira-kira bisa mencapai 10 juta user lebih yang aktif, dan itu sangat banyak, menurut riset pemain saat ini paling banyak usernya sekitar 2-3juta, ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…