Pemerintah Malaysia Minta Warganya Tunda Perjalanan ke Bali

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 29 November 2017 - 12:24 WIB

Kunjungan Wisman ke Bali (Foto ist)
Kunjungan Wisman ke Bali (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Kuala Lumpur- Kementerian Luar Negeri Malaysia meminta warganya menangguhkan perjalanan ke Bali kalau tidak ada keperluan mendesak sehubungan peningkatan status Gunung Agung dari siaga menjadi awas.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Malaysia Datin Nirvana Jalil Gani mengemukakan seperti dilansir Antara , di Kuala Lumpur, Rabu (29/11/2017)

Menyusul beberapa letusan Gunung Agung, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bali telah ditutup sejak pukul 07.15 waktu setempat pada 27 November 2017.

"Pada masa yang sama, pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana telah menaikkan status gunung tersebut daripada tahap III siaga kepada tahap IV awas," katanya.

Hal ini bermaksud, ujar dia, kawasan radius evakuasi diperluas dari enam hingga tujuh kilometer ke 12 kilometer dimana semua aktivitas adalah dilarang.

"Pihak pemerintah juga telah menaikkan status Volcanic Observatory Notice for Aviation ke tahap merah, sekaligus kebanyakan perusahaan penerbangan termasuk Air Asia dan MAS membatalkan penerbangan mereka masing-masing," katanya lagi.

Dia mengharapkan warga Malaysia yang ingin mengunjungi Bali dimohon untuk senantiasa mengikuti perkembangan terkini letusan Gunung Agung dan mendaftar dengan kedutaan melalui twitter dan facebook.

"Sekiranya tiada keperluan, rakyat Malaysia dinasihatkan untuk menangguhkan semua perjalanan ke kawasan yang terkait.

Rakyat Malaysia juga dinasihatkan untuk membeli asuransi perjalanan dan membawa peralatan keselamatan seperti masker untuk melindungi diri dari abu gunung berapi," katanya pula.

Warga Malaysia yang berada di Bali dan terkendala penerbangan mereka disebabkan penutupan Lapangan Terbang Internasional Gusti Ngurah Rai, ujar dia, diminta untuk tenang dan senantiasa mengikuti arahan pihak pemerintah dari waktu ke waktu.

Untuk mendapatkan tindakan selanjutnya, warga Malaysia yang terkendala boleh menghubungi pihak yang kompenten di Bali Tourism Board pada +6281246119889/ +62877554689166 atau operator perusahaan penerbangan masing-masing bagi mendapatkan informasi penerbangan selanjutnya termasuk informasi pembukaan lapangan terbang Ngurah Rai.

"Susulan kenaikan status gunung dan ketinggian abu gunung berapi yang kini mencapai hampir empat kilometer dari kawah, warga Malaysia dilarang oleh pemerintah setempat untuk melaksanakan aktivitas di lingkungan radius 12 kilometer dari kawasan puncak Gunung Agung," katanya lagi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…